alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Klenteng di Jawa Tengah Ini Layak untuk Dikunjungi, Megah!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd9134fc9518b7bf6177428/5-klenteng-di-jawa-tengah-ini-layak-untuk-dikunjungi-megah

5 Klenteng di Jawa Tengah Ini Layak untuk Dikunjungi, Megah!

5 Klenteng di Jawa Tengah Ini Layak untuk Dikunjungi, Megah!

Libur panjang merupakan momen paling tepat untuk traveling dan mengunjungi berbagai spot menarik yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Daripada terus-terusan menghabiskan momen liburan di pantai atau taman, gak ada salahnya kamu berlibur di objek wisata berkonsep religi.

Yogyakarta dan Jawa Tengah punya beberapa klenteng yang megah dengan nuansa oriental yang kental dan pastinya menarik untuk kamu kunjungi.

Langsung aja yuk simak ulasan di bawah ini.


1. Klenteng Sam Poo Kong
5 Klenteng di Jawa Tengah Ini Layak untuk Dikunjungi, Megah!
Klenteng ini berlokasi di Simongan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Menurut cerita, dulunya tempat tersebut adalah goa yang dijadikan tempat peristirahatan oleh Laksamana Ceng Ho ketika sedang berlayar.

Selama berada di kawasan Simongan, Laksamana Ceng Ho mengajari banyak hal kepada warga sekitar seperti bercocok tanam, membangun rumah, dan sebagainya. Hal itulah yang menyebabkan warga Simongan sangat menghormati Laksamana Ceng Ho walaupun beliau adalah seorang muslim.

Kemudian di tempat tersebut dibangun sebuah Klenteng dengan patung Laksamana Ceng Ho sebagai bentuk penghormatan padanya. Area Klenteng Sam Poo Kong memiliki luas area yang cukup besar, bangunannya didominasi warna merah dan kental dengan nuansa oriental.

Klenteng ini dibuka untuk umum kecuali beberapa ruangan yang khusus digunakan untuk tempat ibadah.


2. Klenteng Tay Kak Sie
5 Klenteng di Jawa Tengah Ini Layak untuk Dikunjungi, Megah!
Klenteng Tay Kak Sie berlokasi di Jalan Gang Lombok, tepatnya di dalam kawasan pecinan. Bangunan klenteng ini sangatlah luas, dengan arsitektur dan berbagai ornamen khas yang berhubungan dengan kepercayaan Budha, Tao, serta Konfusianisme seperti naga dan patung yang semakin menambah nuansa religius dan oriental klenteng ini.

Di luar klenteng juga terdapat bangunan mirip perahu yang merupakan replika kapal Laksamana Ceng Ho yang digunakan untuk berlayar.

Terkadang di Klenteng Tay Kak Sie diadakan berbagai kegiatan, yang tidak hanya diikuti oleh etnis Tionghoa tetapi juga diramaikan oleh para wisatawan dari berbagai etnis.


3. Klenteng Welahan
5 Klenteng di Jawa Tengah Ini Layak untuk Dikunjungi, Megah!
Klenteng Welahan berlokasi di Desa Welahan, Jepara, Jawa Tengah. Kabarnya klenteng ini dibangun oleh seorang yang berasal dari Tiongkok bernama Tan Siang Hie bersama saudaranya yang bernama Tan Siang Djie.

Saat ini bangunan Klenteng Welahan dibuka untuk umum, baik sebagai tempat wisata maupun tempat beribadah. Wisatawan yang datang berkunjung ke klenteng ini juga tidak hanya yang berasal dari etnis Tionghoa, kebanyakan mereka ke sini untuk berwisata dan melihat-lihat keindahan Klenteng Welahan.


4. Klenteng Zhen Ling Gong
5 Klenteng di Jawa Tengah Ini Layak untuk Dikunjungi, Megah!
Klenteng Zhen Ling Gong terletak di Jalan Poncowinatan, daerah Kranggan, Yogyakarta. Namun karena lokasinya yang berada di Jalan Poncowinatan, masyarakat sekitar terbiasa menyebut klenteng ini dengan nama Klenteng Poncowinatan. Kalau kamu sedang berada di sekitar Tugu, gak ada salahnya mampir ke klenteng ini karena lokasi klenteng ini tidak jauh dari tugu Jogja.

Dulunya klenteng ini sempat berfungsi sebagai tempat ibadah dan berdoa. Salah satu daya tarik dari klenteng ini adalah walaupun bangunannya sangat kental dengan nuansa oriental, tapi perayaan keagamaan di sini sangat kental dengan nuansa Jawa.


5. Klenteng Liong Hok Bio
5 Klenteng di Jawa Tengah Ini Layak untuk Dikunjungi, Megah!
Selain terkenal karena memiliki Candi Borobudur yang legendaris, Magelang juga punya objek wisata religi yang gak kalah oke, yaitu Klenteng Liong Hok Bio. Selain sebagai tempat wisata, klenteng ini juga masih aktif dijadikan tempat berbagai macam kegiatan, misalnya pada perayaan Ilek, klenteng ini biasanya dijadikan tempat untuk membagikan sembako gratis.

Kalau kamu berminat ke sini, Klenteng Liong Hok Bio terletak di sekitaran alun-alun Magelang. Lebih seru lagi kalau kamu ke sini saat hari sudah mulai petang, sekalian menikmati keindahan cahaya lampion di klenteng ini.

Gimana? Semuanya menarik bukan? Nah, makanya jangan lupa mampir ke 5 klenteng di atas kalau kamu lagi ke Jawa Tengah ya.


Sumber : https://www.idntimes.com/travel/dest...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Klenteng di Jawa Tengah Ini Layak untuk Dikunjungi, Megah! Sosok Mitha, Wajah Baru yang Bakal Duduk di Kursi Panas Senayan

- 5 Klenteng di Jawa Tengah Ini Layak untuk Dikunjungi, Megah! Kasatreskrim Wonogiri Dikeroyok, Begini Kronologinya

- 5 Klenteng di Jawa Tengah Ini Layak untuk Dikunjungi, Megah! Kapolda Jateng: Buru Pengeroyok Kasat Reskrim Aditia Sampai Ketemu

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di