alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengamat: Koalisi Prabowo-Sandiaga Sudah Retak Sejak Awal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd90672c342bb31f07659c0/pengamat-koalisi-prabowo-sandiaga-sudah-retak-sejak-awal

Pengamat: Koalisi Prabowo-Sandiaga Sudah Retak Sejak Awal


Pengamat: Koalisi Prabowo-Sandiaga Sudah Retak Sejak Awal© Disediakan oleh PT. Tribun Digital OnlinePasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bersama Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (15/1/2019). Abror Rizky/Fotografer SBY 


Koalisi Indonesia Adil Makmur yang merupakan pengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sedang menghadapi ujian kekompakan. Anggapan bahwa koalisi ini tidak solid kembali muncul ke permukaan ketika Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono melontarkan pernyataan keras terhadap Partai Demokrat.

Arief mempersilakan Partai Demokrat untuk keluar dari koalisi itu.

Pengamat politik dari Center of Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menganggap sebenarnya koalisi Prabowo-Sandiaga memang tidak solid sejak sebelum dibentuk.

"Pertama menurut saya koalisi ini sebenarnya sudah retak sejak awal," ujar Arya kepada Kompas.com, Minggu (12/5/2019).

Menurut Arya, keretakan itu tampak dari dua partai di dalam Koalisi Indonesia Adil Makmur, yaitu Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional. Dia menjelaskan indikasi-indikasi yang tampak.

"Terutama Demokrat ya yang sejak awal membebaskan kepala daerah mereka untuk mendukung paslon manapun dalam pilpres," kata dia.



Padahal sebagai bagian dari koalisi, Partai Demokrat harus menjamin seluruh kadernya mengikuti sikap partai. Belum lagi soal drama sebelum penetapan Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden.

Ketika itu, Andi Arief yang merupakan wakil ketua umum Partai Demokrat mengungkapkan adanya mahar politik dalam penunjukan Sandiaga Uno.

Sementara itu, PAN juga mengalami persoalan yang mirip dengan Demokrat. Banyak kadernya di daerah-daerah yang secara terbuka mengumumkan perbedaan sikap mereka dengan mendukung pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf. 

PAN sendiri akhir-akhir ini juga mulai dipertanyakan "kesetiaannya". Ada isu bahwa PAN akan berpindah arah dukungannya ke pasangan calon presiden petahana. Isu berkembang setelah Ketua MPR yang juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan bertemu dengan Presiden Jokowi.

Selain itu, indikasi retaknya koalisi ini terlihat dari susunan struktur Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

"Struktur BPN secara umum tidak mencerminkan kekuatan partai pendukung. Betapa salah satu partai itu mendominasi posisi strategis di koalisi itu padahal mereka satu koalisi ya," ujar Arya.

Arya mengatakan hal itu merupakan tanda-tanda tidak solidnya Koalisi Indonesia Adil Makmur. Oleh karena itu dia tidak heran ketika saat ini ada isu bahwa beberapa partai pengusung paslon 02 akan mengubah arah dukungannya.

"Karena memang retak sejak awal," ujar Arya.




https://nasional.kompas.com/read/201...tak-sejak-awal
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
akibat terlalu gila melihat kekuasaan, sampai rebutan kegilaan emoticon-Berduka (S)
Krn dasarnya KARDUS
ingat ya retak!!

bukan nastak!
namanya juga iseng2 berhadiah emoticon-Ngakak
gegara distribusi logistik tersendat... emoticon-Wakaka
masing inget bangganya nasbung babi di kaskus ini, lihat, jenderal perang bergabung dg jenderal strategi, cebong siap2 kejet2 emoticon-Leh Uga
kemana tuh babi yak? gak keliatan lagi emoticon-Bingung
profile-picture
ichachi memberi reputasi
Diubah oleh sudarmadji-oye
Balasan post sudarmadji-oye
banyak kampret yang ilang di kaskus, semenjak quick count keok
mungkin pasokan nasbung sudah seret emoticon-Big Grin

ngunok ogah jual2 saham lagi kalee emoticon-Big Grin
profile-picture
sudarmadji-oye memberi reputasi
Koalisi terpaksa ya gitulah emoticon-Wakaka
Kebo butuh kubu supaya tdk didiskwalifikasi 2024, prabosan butuh bemokat supaya ga terlalu kelihatan pendukung khilafvck dan ngarep si kebo masih punya banyak pemilih fanatik emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di