alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Mulanya Bukan Hobi, Kini Menulis adalah Bakat Emasnya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd8fd63349d0f4de1462eb9/mulanya-bukan-hobi-kini-menulis-adalah-bakat-emasnya

Mulanya Bukan Hobi, Kini Menulis adalah Bakat Emasnya

Mulanya Bukan Hobi, Kini Menulis adalah Bakat Emasnya

Quote:
Semangat inilah yang selalu melekat dalam diri seorang Nita Nurfitria, salah satu Community Writer IDN Times yang tulisan inspiratifnya sudah tersebar di mana-mana.

Bergabung sejak tahun 2018, Nita — panggilan akrabnya — sudah menulis ratusan artikel inspiratif di IDN Times Community. Konsistensi dan semangat menulis yang sebenarnya baru ditemukannya baru-baru ini patut kita jadikan contoh.

Yuk, kita simak kisah inspiratif selengkapnya dari Millennial of The Month bulan Mei ini!


1. Resign dari profesi guru komputer di sebuah MTs di Cipatat, Nita mengisi waktunya dengan menulis
Mulanya Bukan Hobi, Kini Menulis adalah Bakat Emasnya
Perempuan asal Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat ini dulunya sempat menjalani profesi sebagai guru komputer di sebuah MTs (setara SMP) di daerahnya. Tahun 2017 setelah lima tahun bekerja dan telah memiliki dua putra, ia pun memutuskan untuk resign dan fokus mengurus keluarga kecilnya.

Pada tahun 2018, Nita mulai mengenal IDN Times Community. Mulanya Nita hanya menjadi pembaca setia IDN Times. Kemudian ia melihat banner pendaftaran akun ke IDN Times Community.

Quote:

2. Awalnya tulisan Nita juga sering ditolak editor. Namun, hal ini tidak membuatnya berhenti menulis
Mulanya Bukan Hobi, Kini Menulis adalah Bakat Emasnya
Coba ketik nama ‘Nita Nurfitria’ di kolom SEARCH di laman IDN Times — kamu akan menemukan banyak sekali artikel inspiratif yang ditulis oleh Nita. Ya, Nita memang jagonya, nih menulis artikel seputar relationship, motivasi hidup, karier, hingga kehidupan pernikahan. Dijamin semua artikelnya sangat menggugah semangatmu! Tak heran, jumlah pembaca artikelnya pun mencapai ribuan.

Namun, keberhasilan ini tak dicapai secara instan oleh Nita. Artikel pertamanya sempat ditolak oleh editor lantaran idenya terlalu mainstream. Begitu pula dengan beberapa artikel lainnya yang ditulis saat awal bergabung dengan IDN Times Community. Tapi, Nita tak patah semangat. Ia membaca banyak artikel di IDN Times, mencoba meraba topik apa yang disukai oleh editor hingga mempelajari bagaimana karakter artikelnya.

Quote:
Seiring berjalannya waktu, tulisan Nita semakin baik dan sering dilirik editor hingga terbit. Lantas, apa kuncinya mendapatkan inspirasi tulisan yang menarik?

Quote:

3. Nita adalah cerminan Millennial Mom yang kreatif dan produktif
Mulanya Bukan Hobi, Kini Menulis adalah Bakat Emasnya
Di mana kamu biasanya menulis? Di antara kita pasti banyak yang menjawab: di kafe, di kamar, atau di perpustakaan. Tapi, hal itu gak berlaku bagi Nita.

“Saya menulis di mana aja, selama ada kesempatan. Pas nunggu anak sekolah, pas di mobil, sambil tiduran,” jawab ibu dua anak ini. Tak banyak alasan, setiap mendapatkan ide, Nita langsung menulis gagasannya lewat ponsel pintar. Bahkan saat dirinya sedang memasak, jika tiba-tiba ada ide tulisan yang melintas di kepalanya pun langsung ditulisnya melalui aplikasi IDN Times yang memang sudah memungkinkan untuk menulis via ponsel.

Meski sibuk menjadi ibu rumah tangga, hal tersebut tidak membuatnya berhenti menulis. Bahkan Nita punya target paling tidak sehari mengirimkan satu tulisan. Nah, agar tak mengganggu aktivitas lain, biasanya Nita menyelesaikan tulisan pada malam hari — saat anak-anak dan suaminya sudah tidur.

Quote:

4. Sebagian uang hasil menulis di IDN Times Community disumbangkan untuk korban bencana, ternyata kemudian ia mendapat rejeki berlipat ganda
Mulanya Bukan Hobi, Kini Menulis adalah Bakat Emasnya
Ada satu kisah inspiratif dari pengalaman Nita menulis di IDN Times Community. Akunya, sejak pertama kali artikelnya terbit, ia belum pernah melakukan redeem poin. Hal ini karena poin yang dikumpulkan tidak langsung banyak. Namun, ketika terjadi bencana gempa bumi di Palu akhir 2018 lalu, Nita tergerak untuk memberikan sumbangan kepada para korban di sana.

Quote:
Nita percaya bahwa jika kita bersedekah, Allah akan memberikan rezeki pengganti yang berlipat ganda. Hal itu pun terjadi. Selang satu hari ia menyumbangkan donasi tersebut, tak disangka tiba-tiba jumlah poin di dashboardnya bertambah banyak hingga 20.000 poin dari artikelnya yang berjudul “11 Ilustrasi Kocak Sekaligus Miris tentang Teknologi yang Ubah Gaya Hidup”.

Quote:
Sejumlah poin tersebut pun ia redeem lagi. Sebagiannya kini ia gunakan untuk modal usaha telur asin di kampungnya. Jadi, sekarang Nita tak cuma sibuk menulis tapi juga menjalankan bisnis telur asin yang sungguh menjanjikan.

Awalnya, ia hanya menjual 60 butir telur asin. Kemudian ia titipkan di pasar dan ternyata langsung habis hari itu. Dengan tekun, Nita pun mencoba menjalani bisnis ini. Kurang lebih sudah 3 bulan berjalan, kini Nita sudah berhasil menjual lebih dari 2000 telur asin dengan bantuan dari tetangganya.

Quote:

5. "Kalau mau jadi penulis, ya syaratnya harus menulis"
Mulanya Bukan Hobi, Kini Menulis adalah Bakat Emasnya
Menulis ternyata bukan hobi Nita sejak kecil. Ia baru menemukan serunya menulis sejak kuliah. Waktu itu, lulusan Unikom Bandung jurusan Teknik Informatika ini senang menulis cerpen. Ia bahkan sudah merilis beberapa buku antologi cerpen bersama komunitas yang diikutinya. Kesenangan menulis pun kembali ia temukan sejak mengenal IDN Times Community.

Quote:
Tak bisa kita menutup mata bahwa kini semakin banyak anak muda Indonesia yang punya keinginan untuk menjadi penulis. Oleh karenanya, pesan Nita sederhana saja buat kamu yang punya impian ini.

Quote:
Dan buat para millennials yang masih berkutat dengan impiannya, Nita punya pesan khusus.

Quote:
Intinya, tidak ada keberhasilan yang mudah didapatkan. Semuanya perlu usaha dan ketekunan. Maka, banyaklah belajar, membaca, dan gak menyerah mencari jalan. Termasuk mencari ide tulisan. Yuk, semangat menulis!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Mulanya Bukan Hobi, Kini Menulis adalah Bakat Emasnya Kumpulan Bonus Poin Mei 2019 IDN Times Community

- Mulanya Bukan Hobi, Kini Menulis adalah Bakat Emasnya 5 Alasan Kenapa Artikelmu Gak Dipublish oleh IDN Times Community

- Mulanya Bukan Hobi, Kini Menulis adalah Bakat Emasnya 5 Alasan Harus Memilih Sastra Inggris untuk Jurusan Kuliahmu

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di