alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd8fa31b840882610521967/9-manfaat-mandi-sebelum-subuh-untuk-kesehatan-ibadah-pun-makin-nyaman

9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman

9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman

Mandi adalah aktivitas membersihkan badan dengan air dan sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada tubuh yang umumnya dilakukan dua kali sehari saat pagi dan sore. Pernahkah kamu mencoba untuk mengganti waktu jam mandi pagimu lebih awal, tepatnya sebelum subuh?

Jika belum, sebaiknya kamu coba deh, selain sensasi dingin yang bisa membuat tubuhmu terasa lebih segar ada segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut akan dibahas terkait manfaatnya, simak ya!


1. Menghilangkan stres dan depresi
9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman
Manfaat pertama dari mandi subuh adalah mampu dalam menangani masalah stres. Pada umumnya, stres bisa terjadi karena banyak pikiran dan biasanya untuk mengatasi hal ini kebanyakan orang cenderung untuk makan sebanyak-banyaknya yang berujung hanya akan menambah permasalahan kesehatan tubuhmu.

Mulai dari sekarang, kalian bisa meninggalkan cara ini dan menggantinya dengan mandi sebelum tubuh. Menurut sebuah penelitian, madi subuh dapat menstimulasi titik biru pada otak yang notabene sebagai sumber utama noradrenaline yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi. Hal lainnya, mandi subuh ternyata bisa merangsang pelepasan hormon endorphin, yang bekerja dapat melawan hormon stres serta menghasilkan serotonin (yang merupakan zat kimia di dalam otak) yang dapat meredakan depresi.


2. Metode pengobatan yang cocok bagi yang memiliki kadar gula darah tinggi
9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman
Bagi kalian yang menggemari makan makanan manis, maka risiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh akan terbuka lebar. Dengan meningkatnya kadar gula darah, sangat memungkinkan kamu untuk mengidap penyakit obesitas hingga diabetes. Melihat risiko yang dialami, dianjurkan kamu untuk mengurangi asupan-asupan manis.

Selain itu,  ternyata mandi subuh bisa menjadi jawaban untuk menangani permasalahan ini. Menurut penelitian, mandi sebelum subuh bisa menurunkan kadar gula darah yang berlebih sebab terjadi proses detoksifikasi yang diketahui bisa menyeimbangkan gula darah saat mandi subuh.


3. Kamu bisa terlihat awet muda
9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman
Jika kalian rutin mandi sebelum subuh, selain membuat tubuh menjadi segar tetapi kulit akan terlihat cerah, halus dan sehat. Bahkan, mandi sebelum subuh dipercaya dapat menghilangkan lingkaran hitam yang berada di bawah mata.

Tahukah kamu alasannya? Air dingin saat subuh yang digunakan untuk mandi menawarkan sifat segar dan sejuk, yang diketahui mampu meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit.


4. Cara mudah untuk menurunkan berat badan
9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman
Di dalam tubuh setiap orang terdapat dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak cokelat. Lemak putih adalah lemak hasil akumulasi dari kalori makanan yang berlebih yang bisa menyebabkan kegemukan sedangkan lemak coklat adalah lemak yang berguna untuk menghangatkan tubuh ketika tubuh kedinginan.

Air dingin yang dirasakan ketika mandi sebelum subuh nyatanya mampu membuat lemak coklat memproduksi energi pembakaran dan kemudian mendorong lemak putih. Dengan kata lain, lemak putih yang terbakar bisa menghilangkan kumpulan lemak yang selama ini bersemayam di dalam tubuh dan menurunkan berat badan.


5. Membantu meningkatkan sel darah putih
9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman
Saat sedang sakit, jumlah sel darah putih dalam tubuh berada di bawah kadar normal. Oleh sebab itu, sering kali dokter berusaha untuk meningkatkan sel darah putih melalui obat-obatan yang diberikan agar segera normal ke rentang seharusnya. Karena keberadaan sel darah putih itu sangat penting untuk menangkal benda asing yang berusaha masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri dan virus.

Selain menggunakan obat, terdapat cara yang mudah dan simpel untuk dilakukan yaitu kalian bisa mencoba untuk mandi pagi sebelum subuh. Karena cara ini telah dibuktikan kebenarannya melalui penelitian yang dilakukan di Inggris beberapa tahun silam. Mereka berujar bahwa mandi sebelum subuh memiliki manfaat yang luar biasa terutama dalam meningkatkan jumlah sel darah putih.


6. Membantu mencegah hipertensi
9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman
Bagi kalian yang merasa resah akan terserang penyakit hipertensi, kamu bisa mencoba menjalankan terapi mandi sebelum subuh. Ahli hypnotherapy dari American Board of Hypnotheraphy, Frederic Premji, mengungkapkan bahwa air dingin yang dirasakan saat mandi subuh bisa mengurangi risiko hipertensi karena mampu menekan dari gejala varises dan pengerasan pembuluh darah. Hal ini akan memudahkan organ-organ tubuh menerima suplai oksigen dan nutrisi sesuai dengan kebutuhan.


7. Baik untuk sistem reproduksi
9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman
Untuk kalian yang sedang berencana memiliki ataupun menambah keturunan dan merasa kurang subur, kalian bisa coba menggunakan metode ini. Sebab, dipercaya bahwa air dingin di kala subuh mampu meningkatkan hormon reproduksi testosteron pada pria dan estrogen pada wanita. Sehingga, ini merupakan suatu hal yang sangat positif untuk dicoba dalam meningkatkan kesehatan reproduksi manusia.


8. Kerja organ tubuh menjadi lebih optimal
9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman
Menurut pernyataan para ahli medis, mandi pagi sebelum subuh layaknya seperti membangunkan mesin yang tidak menyala. Mandi pagi sebelum subuh bisa menaikkan suhu tubuh hingga mencapai kestabilan. Bagaimana maksudnya?

Saat mandi, jantung akan terpacu untuk bekerja, adrenalin meningkat dan aliran darah menjadi lancar. Senada dengan pendapat para ahli medis lainnya yang mengatakan bahwa mandi pagi bisa merangsang sistem peredaran darah dan saraf menjadi lebih efektif.


9. Bisa menyehatkan rambut
9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman
Mandi subuh ternyata juga dipercaya bisa membantu menjaga meningkatkan kesehatan rambut, lho. Sudah tahukah kamu?

Hal ini dikarenakan air dingin yang digunakan saat mandi bisa memperkuat akar rambut dan membuat rambut terlihat tidak kusam. Hal ini pun dikarenakan air dingin mampu menutup kutikula rambut sehingga rambut terhindar dari masalah kerontokan dan terlindungi dari kotoran-kotoran dari aktivitas sehari-hari yang bisa menempel pada kulit kepala.

Ternyata terdapat pengobatan yang cukup ampuh dan sakti yang patut kalian coba dalam mengobati beberapa penyakit tertentu. Salah satunya seperti yang telah dijelaskan dan disebutkan yaitu hanya dengan melalukan mandi sebelum subuh.

Melakukan ini secara teratur selain bisa menyembuhkan tubuh dari penyakit ada hal yang tidak kalah penting, yaitu mampu menghemat pengeluaran untuk tidak perlu ke dokter. Jadi, uang kalian bisa ditabung untuk digunakan hal-hal yang lain.


Sumber : https://www.idntimes.com/health/fitn...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman 5 Alasan Medis Rutin Puasa Bisa Ringankan Maag

- 9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman 7 Manfaat Wudu untuk Kesehatan, Sudah Dibuktikan Secara Ilmiah loh!

- 9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman 7 Kandungan Buah Kurma yang Baik untuk Kesehatanmu, Kaya akan Manfaat

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di