alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nasib Eggi Sudjana menurut Pakar Hukum Pidana Jelaskan Soal Alat Bukti
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd8eb0bc9518b7a4225e0e5/nasib-eggi-sudjana-menurut-pakar-hukum-pidana-jelaskan-soal-alat-bukti

Nasib Eggi Sudjana menurut Pakar Hukum Pidana Jelaskan Soal Alat Bukti

Nasib Eggi Sudjana menurut Pakar Hukum Pidana Jelaskan Soal Alat Bukti


TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan mengomentari soal penetapan Eggi Sudjana sebagai tersangka makar.

Menurutnya, hal itu sudah tepat disangkakan kepada Eggi Sudjana oleh pihak kepolisian.

"Sudah jelas, apalagi di undang-undang kan jelas perbuatannya kalau makar itu kan pasal 87 juncto 107-110 mengatakan, jadi kalau disebut makar itu niat, jadi niatnya apa, kan jelas kalimat-kalimatnya, di Youtube atau media sosial nampak, jadi apa yang dilakukan oleh penyidik adalah tepat," kata Asep Iwan Iriawan dilansir TribunnewsBogor.com dari acara Primetime di Youtube metrotvnews, Jumat (10/5/2019).

Ia juga menjelaskan, seseorang ditetapkan tersangka yakni karena perbuatan, atau keadaannya berdasarkan bukti permulaan cukup, diduga melakukan tindak pidana.

"Ketika penegak hukum polisi menyatakan seseorang perbuatan makar, artinya polisi punya bukti permulaan bahwa di A si B di D itu melakukan yang selama ini adalah makar," ujarnya.

Ia kemudian menjelaskan bahwa makar dibagi dalam tiga kategori.

Pertama, sesuai dengan Pasal 104 KUHP. Pasal itu berbunyi " Makar dengan maksud untuk menghilangkan nyawa atau merampas kemerdekaan, atau meniadakan kemampuan presiden atau wakil presiden menjalankan pemerintahan, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama 20 (dua puluh) tahun”.

Kedua, makar berdasarkan Pasal 106 KUHP yang berbunyi “Makar dengan maksud supaya seluruh atau sebagian wilayah negara jatuh ke tangan musuh atau memisahkan sebagian dari wilayah negara, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama 20 (dua puluh) tahun”.

Ketiga, makar berdasarkan Pasal 107 KUHP yang berbunyi “(1) Makar dengan maksud untuk menggulingkan pemerintah, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun; (2) Para pemimpin dan para pengatur makar tersebut dalam ayat (1), diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama 20 (dua puluh) tahun”.

Asep Iwan Iriawan pun menjelaskan, dalam kasus ini ditulis pasal 107 juncto 110 artinya dituduh mau menggulingkan pemerintahan dengan cara permufakatan jahat, yaitu ada dua orang atau lebih melakukan kejahatan.

semua indah pada waktunya,saatnya panen, menuai yg ditaburkanemoticon-Angkat Beer
profile-picture
iamnoone memberi reputasi
Diubah oleh singawallah
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
eggi sugigi
akhirnya.. selesai sudah kiprah mu
Wow 20 tahun, dapet jackpot banget tuh Nasib Eggi Sudjana menurut Pakar Hukum Pidana Jelaskan Soal Alat Bukti

profile-picture
wongtukul memberi reputasi
semoga yang terbaek deh... emoticon-Smilie
Junjunganny kalah presiden kembali hidup normal(jadi presiden hambalang dan presiden gerindra)
Pendukungnya ga dpt apa2 penjara menanti..
profile-picture
profile-picture
joseffani dan wongtukul memberi reputasi
Nasib Eggi Sudjana menurut Pakar Hukum Pidana Jelaskan Soal Alat Bukti
gak ngerti apakah yang dijanjikan sama wowo sepadan dengan penjara emoticon-Big Grin
profile-picture
wongtukul memberi reputasi
Kapan dibekuknya nih? emoticon-Big Grin
profile-picture
wongtukul memberi reputasi
pasal berlapis menanti mu
profile-picture
haterss1 memberi reputasi
nasbung kampret lebaran di penjara emoticon-Big Grin
yg udah nonton...itu udah sangat jelas omonganny...pipel towel, menghilangkan semua prosedur utk melantik wowo..

nasbunger sadarlah...jangan bego teruss...kasian emakmu!..
cpt2 dah msk bui...biar ga reseh lg di luar....

lgpl bang ipul ma gayus da kangen ma bo'ol baru...palg bo'ol org yg suka bekoar2 tp pas trcyduk mewek2...
Udah sakit jantung ga breh, kok ga jantungan lagi emoticon-Ngakak
profile-picture
tyrannosourus memberi reputasi
Quote:


Tar kalo dah di bui pasti alesan kumat jantungnya

emoticon-Ngakak
Quote:



Durjana ini bacotnya paling kenceng, tau mau dipanggil polisi langsung sakit jantung. Padahal kalo jantungan beneran kan bagus emoticon-Ngakak
profile-picture
tyrannosourus memberi reputasi
Mantul lah, sikat semua penyebar kebencian terutama orang-orang omdong doank, begitu ketangkap polisi langsung ciut
Iya om, saatnya panen... emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di