alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd8d5fdeaab2504f86b85d1/7-burung-endemik-dari-kuba-dengan-bentuk-eksotis

7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis

7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis

Kuba menjadi salah satu negara kepulauan yang berada di Karibia, yang persis berada di tengah antara Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan. Negara Kuba yang terkenal akan kebudayaannya yang kental dan kondisi alam yang masih cukup alami. Pastinya terdapat berbagai jenis hewan yang endemik dari Kuba yang menarik, salah satunya adalah berbagai spesies burung. Negara ini memang sudah terkenal dengan banyaknya burung endemik yang tidak ditemukan pada wilayah lain di Benua Amerika.

Maka dari itu coba simak beberapa jenis burung asli dari Kuba yang memiliki bentuk eksotis dan hanya ditemukan di negara ini. 


1. Cuban Trogon
7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis
Cuban trogon menjadi burung endemik dari Kuba sekaligus menjadi burung nasional negara ini. Habitat burung ini berada di hutan basah maupun kering serta dapat ditemukan di berbagai area di Kuba. Burung bernama latin Priotelus temnurus ini sangat menarik dengan perpaduan warna yang cantik antara hijau pekat, hitam, merah pada bagian samping dan putih pada tenggorokan hingga perutnya.  


2. Fernandina's flicker
7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis
Fernandina's flicker termasuk jenis burung pelatuk yang hanya ditemukan di wilayah negara Kuba. Burung ini juga menjadi spesies dalam bahaya, yang mana jumlah hanya tersisa 600-800 ekor di alam liar akibat dari kerusakan lingkungan dan berkurangnya habitat alaminya. Burung dengan nama latin Colaptes fernandinae  ini memiliki warna yang cantik dengan corak perpaduan warna coklat, hitam, kuning dan hijau yang memikat mata. 


3. Gundlach's hawk
7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis
Gundlach's hawk tergolong sebagai burung pemangsa yang endemik dari Kuba dan masuk dalam burung terancam punah akibat dari berkurangnya habitat alami. Burung predator ini termasuk dalam elang berukuran sedang yang mampu tumbuh hingga 50 cm serta mayoritas mangsa utamanya adalah burung lain. Warna elang ini juga sangat menarik dengan warna abu-abu pada bagian belakang, serta depan tubuhnya berwarna putih dengan kepala berwarna hitam. 


4. Cuban kite
7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis
Salah satu burung predator lainnya yang juga endemik dari Kuba adalah Cuban kite dan masuk dalam status dalam bahaya akibat banyaknya penggundulan hutan serta hilangnya habitat alami disamping adanya perburuan. Burung bernama latin Chondrohierax wilsonii ini hanya tersisa antara 40-250 ekor di alam liar, dan memiliki mangsa utama berupa siput dan slug.  


5. Cuban Green Woodpecker
7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis
Cuban Green Woodpecker menjadi burung endemik Kuba yang mempunyai warna mencolok perpaduan antara hijau, putih dan merah. Burung bernama latin Xiphidiopicus percussus ini memiliki habitat alami di area hutan kering dan basah. Selain itu makanan utamanya adalah serangga, katak kecil dan buah-buahan. 


6. Cuban Parakeet
7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis
Cuban parakeet termasuk dalam spesies burung terancam yang ada di Kuba, tepatnya dapat ditemukan di Pulau Isla de la Juventud. Habitat utama terdapat di hutan basah, kering dan padang rumput sabana, dengan makanan utama berupa biji-bijian. Burung ini terancam akibat dari adanya kerusakan habitat dan ditangkap untuk dijadikan hewan peliharaan. 


7. Bare-legged owl
7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis
Bare-legged owl menjadi spesies burung hantu endemik Kuba dan Isla de la Juventud yang masuk dalam jenis burung hantu dengan ukuran kecil, antara 20-23 cm dan berat 8 gram. Burung bernama latin Margarobyas lawrencii ini mempunyai mangsa utama berupa serangga, namun jarang ditemukan memangsa katak, ular atau burung lain. Selain itu burung hantu ini sering memanfaatkan sarang burung pelatuk yang dijadikan sebagai sarangnya.


Sumber : https://www.idntimes.com/science/dis...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis Mengenal Lophorina Niedda, Masih Satu Kerabat dengan Cendrawasih Loh!

- 7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis 6 Satwa Endemik Australia Ini Jauh Menggemaskan dari Koala

- 7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis Mengenal Kakapo, Spesies Nuri Endemik New Zealand yang Terancam Punah

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di