alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mudik Naik Motor? Sebaiknya Jangan!
4.19 stars - based on 16 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd8d290337f935df7789071/mudik-naik-motor-sebaiknya-jangan

Mudik Naik Motor? Sebaiknya Jangan!

Mudik Naik Motor? Sebaiknya Jangan!

Fenomena mudik menggunakan sepeda motor, beberapa tahun ke belakang semakin masif terlihat. Mahalnya harga tiket transportasi umum, kehabisan tiket sampai alasan "lebih enak naik motor karena bebas beristirahat di mana saja,"  menjadi alasan pembenar bagi mereka yang memilih menggunakan sepeda motor untuk pulang ke kampung halaman.

Mereka lupa, bahwa sepeda motor yang mereka kendarai tidak dirancang untuk perjalanan jauh ratusan kilometer. Taruhlah mereka memakai motor dengan tipe sport kecil antara 150cc-250cc, itu pun masih kurang layak untuk menempuh jarak ratusan kilometer dengan membawa beban yang tidak sedikit. Apalagi untuk tipe bebek dan matic. Ini bukan "motor" hanya alat komuter jarak dekat saja.

Mudik Naik Motor? Sebaiknya Jangan!

Touring jarak jauh dengan motor, di mana beban hanya membawa badan dan sebuah tas punggung saja capeknya luar biasa lho. Apalagi mudik membawa istri dan kadang anak-anak masih ditambah dengan barang bawaan yang biasanya dibuatkan space tambahan, entah di buritan motor atau di samping kiri-kanan motor. Tidak kebayang betapa berbahayanya.

Bagi yang belum tahu, angin di pantura itu sangat mengerikan! Superbike 1000cc saja bisa oleng terkena terpaan angin dari samping (entah apa nama ilmiahnya). Makanya, jika ada kecelakaan di mana pengendara tiba-tiba sudah di tengah, bisa jadi bukan karena pengendaranya kurang konsentrasi. Tapi ya karena terpaan angin samping ini. Ditambah handling yang buruk, karena beban dan muatan yang terlalu berlebihan, hal semcam ini akan berpotensi semakin besar terjadi.

Mudik Naik Motor? Sebaiknya Jangan!

Resiko kecelakaan berujung pada kematian sangat tinggi, itulah alasan utama sebaiknya tidak mudik menggunakan sepeda motor. Bahaya kematian tidak hanya mengintai lewat kecelakaan, tapi juga turunnnya kondisi tubuh karena riding terlalu lama. Jangan bilang, "saya tiap dua jam istirahat mas."  Itu tidak menjamin kondisi anda selalu baik. Apalagi jika sudah memiliki riwayat sakit yang lumayan berat.

Lalu bagaimana mensiasati agar bisa tetap mudik, tanpa menggunakan sepeda motor? Ya mau tidak mau, memang harus memakai moda transportasi umum. Bisa bus atau kereta. Saya rasa tidak terlalu mahal, apalagi jika parameternya adalah nyawa dan kesehatan. Memang ada yang lebih mahal dari dua hal tersebut?

Mudik Naik Motor? Sebaiknya Jangan!

Jika membeli tiket moda transportasi umum dirasa terlalu memberatkan, bisa mencari acara mudik gratis yang banyak diselenggarakan oleh berbagai instansi, perusahaan bahkan pemerintah daerah. Banyak kan yang sudah memulai pendaftaran, bahkan sebelum masuk ke bulan suci Ramadan.

Well, berlebaran dan merayakan Idul Fitri bersama sanak keluarga di kampung halaman itu memang menyenangkan dan membawa kesan tersendiri. Namun untuk menuju ke sana, sebaiknya tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan sebagai faktor utama. Salam Damai.



Merdeka!

Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Santinel dan 19 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
makasih gan, udah diingatkan
Ya tergantung seberapa jauh
Memang terlalu beresiko kalo perjalanan jauh mengendarai motor dg muatan sedemikian rupa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
babat.gongso dan 6 lainnya memberi reputasi
Biasa TS mapah aja saban mudik jg
Ah elah lagaknya



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Santinel dan 5 lainnya memberi reputasi
Biasanya alasannya karena di kampung gx ada kendaraan Om, buat muter 2 ke sanak saudara
profile-picture
anita.sutanty memberi reputasi
Leg mudik gawe motor ijin ga pernah mudun. Tapi leg onthel malah di kongkon,aneh emoticon-Cape d...
emoticon-Wow Mudiklah dengan aman emoticon-Cool
Naik bis macet om, naik kereta yg gak macet tpi booking tiket susahnya masyaallah, jaln satu2nya ya naik si roda 2 emoticon-Ngacir
profile-picture
anita.sutanty memberi reputasi
Diubah oleh emya866
Pertamax
Quote:

Sama-sama suhu... emoticon-Nyepi
Quote:

Bener juga om, kalau jarak 50an km, boleh lah... emoticon-Big Grin
Quote:

Makanya, hindari yang kayak gitu om... emoticon-Big Grin
Quote:

Hari gini lho om, emang ada yang dalam satu rumah cuma punya 1 motor??? emoticon-Big Grin
Quote:

Ontel aman, soale lione wedi om... emoticon-Big Grin
Quote:

Setuju om... emoticon-Big Grin
Quote:

Bus kayaknya aman om tahun ini, banyaj alternatif jalur yang bisa dipilih... emoticon-Big Grin
Quote:

Dari bawah... emoticon-Big Grin
profile-picture
Santinel memberi reputasi
Pasti akan ada kalimat "mau gimana lagi"
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
Quote:

Semoga kita bisa mengarahkan dan memberi solusinya om... emoticon-Big Grin
Makasih om sudah diingatkan lewat trit ini.Agak riskan juga kalau mudik jarak jauh pakai motor.Mending pakai bus atau kereta kalau mudiknya tanpa menyebrangi lautan.Siapa tahu bisa satu bangku sama mahasiswiemoticon-Leh Uga
Quote:

Kalau satu bangku nya sama emak-emak gimana mas??? emoticon-Big Grin
Rengko awak ku mudik numpak motor...15km motoran wae silet ku koyo wes ono watune...
Lha piye nek 300km++...???

Naik bus, kereta, atau travel lebih bagus tuhh...klo ada duit lebih, naik pesawat lebih ok
emoticon-Om Telolet Om!
Quote:


Ajak ngobrol aja om dengan kedok silaturahmi.Tapi kalau obrolannya menjurus ke KPU Curang,Umat islam dizhalimi,Jokowi Kristen,PKI,Yahudi mending ane tutup telinga aja
profile-picture
bayuimade memberi reputasi
Quote:

Seandainya ada bajay antar provinsi om, harganya bersahabat plus nyampe depan rumah pula emoticon-Ngacir2
Quote:


Yupp onthel kan duwure pejalan kaki.
Tapi Lombok-Wonogiri awang awangen je wkwkw
Quote:


Ehh gan,nte yang di ig itu bukanemoticon-Bingung
Quote:


Iyo gan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di