alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Wamen Arcandra: Menuju Ketahanan Energi Nasional
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd8a16368cc9530cb3e3136/wamen-arcandra-menuju-ketahanan-energi-nasional

Wamen Arcandra: Menuju Ketahanan Energi Nasional

Wamen Arcandra: Menuju Ketahanan Energi Nasional



JPP, JAKARTA - Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menegaskan berbagai kebijakan yang direformasi di sektor energi dan mineral bertujuan untuk menciptakan ketahanan energi nasional. Harapannya, Indonesia mampu memenuhi kebutuhan energi dalam negeri secara mandiri.

"Semua (kebijakan) yang kita desain nanti bertujuan pada energy security. Pada saat itulah apapun yang terjadi di luar sana, Indonesia akan mampu mengusahakan sendiri kebutuhan energinya tanpa bergantung pada negara lain," tegas Arcandra sebagaimana diunggah situs resmi Kementerian ESDM Jakarta, Sabtu(11/5/2019). 

Meski begitu, Pemerintah tetap realistis dalam melihat keseimbangan kondisi antara kebutuhan energi dan laju ketersediaan energi. Apalagi ketersediaan energi untuk masyarakat Indonesia belum sepenuhnya merata.

Arcandra menilai penggunaan bahan bakar fosil memang cukup membantu menyediakan energi secara murah, namun ketersediaan terbatas menuntut Pemerintah mencari jalan lain sehingga bisa secara perlahan hanya mengandalkan energi fosil dalam menyediakan energi.

"Kita harus mengatur strategi apakah itu bentuknya fossil fuel atau renewable energy selama konsep pengelolaan energi kita sumbernya berasal dari domestik. Dari foreign based supply ke domestic based supply," kata Arcandra.

Perubahan paradigma pengelolaan energi, bagi Arcandra, mempunyai makna penting karena pemenuhan energi dari dalam negeri akan mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil, terutama yang berasal dari minyak dan batu bara.

Minyak bumi memang dinilai Arcandra cukup bergantung pada ketersediaan minyak mentah dunia yang dipengaruhi oleh geopolitik global maupun rantai ketersediaan. Hal ini kerap membuat harga tidak stabil.

Salah satu energi yang bisa menjadi swasembada adalah listrik. "Yang membikin kita tidak bergantung pada negara lain adalah listrik. Maka ke depannya, yang dinamakan domestic based supply adalah energi berbasis listrik," ungkap Arcandra.

Arcandra menyebutkan kendaraan listrik dan pembangkit menjadi dua contoh utama bagaimana peran penting Indonesia mampu menghasilkan sumber energi secara mandiri karena ketersediaan yang melimpah di dalam negeri. (esdm)


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/energi/332...nergi-nasional

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Wamen Arcandra: Menuju Ketahanan Energi Nasional 111 Gardu Distribusi dan 2 Penyulang di Bengkulu Kembali Normal

- Wamen Arcandra: Menuju Ketahanan Energi Nasional Cyberfest 2019, UU PDP Dukung Ketahanan Siber Indonesia

- Wamen Arcandra: Menuju Ketahanan Energi Nasional Pemerintah Pastikan Pasokan Listrik untuk Hadapi Lebaran 2019 Tercukupi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di