alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Refly Harun: Kewajiban Negara Itu Melindungi Rakyat, Bukan Mengancam
1.67 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd886dbc8393a4d932750f7/refly-harun-kewajiban-negara-itu-melindungi-rakyat-bukan-mengancam

Refly Harun: Kewajiban Negara Itu Melindungi Rakyat, Bukan Mengancam

RMOL. Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun mengatakan negara seharusnya bertindak untuk menghadirkan rasa aman kepada seluruh rakyatnya. 

Demikian disampaikan pria kelahiran Palembang 26 Januari 1970 itu dalam unggahannya di Twitter, Minggu (12/5).

Selain menghadirkan perlindungan, Refly juga menyebut negara harus hadir dengan keadilan dalam konteks perbedaan pendapat. Negara, menurutnya, tidak boleh beda dalam memperlakukan pihak yang mendukung, mapun pihak yang oposan. 

"Kewajiban negara itu melindungi segenap bangsa, bukan menakuti, apalagi mengancam. Negara harus adil memperlakukan semua warganegara, baik yang sependapat maupun yang berbeda pendapat," katanya.

Unggahan Refly mendapat dukungan dari netizen. Mereka sepakat, bahwa negara harus adil dan mengayomi semua rakyat tanpa terkecuali. 

"Idealnya memang begitu, Prof. Yang masalah itu kan ketika sebgian rakyat berbeda pendapat dan mengkritisi kebijakan pengelola negara, lantas distigmakan dengan upaya untuk merongrong kekuasaan yang diamanatkan rakyat kepada pengelola negara itu sendri. Terus kami rakyat sebagai bos mesti gimana?" tulis @Ronz_80. 

Sementara @andarizqiwahab menanyakan tentang konsekuensi yang harus ditanggung negara ketika melakukan ancaman terhadap warganya. 

"Kalau warga negara sangat jelas konsekuensinya apabila mengancam kedaulatan negara sesuai yang diatur dalam perundang-undangan. Tapi kalau negara yang melakukan itu bagaimana seharusnya rakyat bersikap?" tandasnya. 

Beberapa waktu terakhir, publik Indonesia disuguhkan dengan rencana yang dicetuskan oleh Pemerintah, dalam hal ini Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, yang menyebut akan membentuk Tim Asistensi Hukum. 

Wiranto menjelaskan, tim bentukannya itu akan bertugas melakukan pengawasan dan penilaian terhadap percakapan para tokoh di media sosial. Jika dinilai ada yang melanggar hukum, tim tersebut juga diberi wewenang untuk memberikan rekomendasi kepada penegak hukum. 

Sejumlah pakar hukum terlibat dalam tim bentuk Wiranto itu, seperti Mantan Ketua MK Mahfud MD hingga Prof Romli Asmasasmita. 

Banyak pihak menilai, langkah Wiranto sebagai bentuk memberantas kebebasan berpendapat dan berekspresi yang merupakan esensi dari kehidupan berdemokrasi. []
https://rmol.co/amp/2019/05/12/38955...kan-Mengancam-
=================
sepakat dengan prof Harun, ini era demokrasi apa mau jadi era tirani?.
mengapa hukum kok tidak adil?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wiseman14
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
MAKAR ITU BUKAN RAKYAT.
MAKAR ITU PENGKHIANAT.
Refly Harun: Kewajiban Negara Itu Melindungi Rakyat, Bukan Mengancam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
Enak banget ya kerja wartawan RMOL.

Cuma mantau Twitter, tambahin kata-kata dikit,
jadi berita.

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 15 lainnya memberi reputasi
dimana2 yg namanya hukum itu ya mengancam & menekan...
makanya yg taat hukum,
biar gak merasa terancam & tertekan...

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 11 lainnya memberi reputasi
run kirun, yg ngancam mw menggal itu siapa sih??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 10 lainnya memberi reputasi
Tapi gmn klo rakyatnya yg mengancam (aparat) negara Prof?ngancem gorok presiden?ngancam bunuh polisi?diemin aja gitu?

Ps. Gw gak yakin deh itu omongan Prof RH, bisa jadi omongannya dipelintir gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh eFVZee
ini gerombolan ekslusif yg mengancam persatuan kesatuan bangsa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 2 lainnya memberi reputasi
hoax tidak sama dg kritisi..
ancaman pembunuhan tidak sama dg kritisi..
gw kira g perlu gelar profesor utk tahu hal sepele kek gini..
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 9 lainnya memberi reputasi
kewajiban kampret itu kerja yg becus biar bayar pajaknya gede. bukan ngomel2 minta disuapin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 4 lainnya memberi reputasi
Yang mulai ricuh dia, yang kewalahan sendiri juga dia, tapi yang disalahin jokowi emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh thepowrofsmile3
Ts waras ga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 4 lainnya memberi reputasi
tidak sholat itu nanti dosa, dosa itu masuk neraka. Allah mengancam kita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 6 lainnya memberi reputasi
Membasmi para penghasut dan perongrong adalah salah satu bentuk perlindungan negara kepada rakyatnya... jangan pernah lupakan itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 2 lainnya memberi reputasi
Makanya jadi manusia begonya jangan overdosis, kebebasan bukan berarti kebablasan........ semua ada aturan dan hukum yang berlaku emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 5 lainnya memberi reputasi
memang harus melindungi bagi yang setia pada negara

dan mengancam bagi yang mau mengganggu stabilitas keamanan negara


emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 4 lainnya memberi reputasi
Heran ih. Pasti ada aja ya kelakuan pendukung pleciden.

Dari petahana perasaan gw belom liat yg konyol.
Lah ini pendukung oposisi mulai dari server kpu di hack, inaelectionobserverkntl, 62%, bilang polri bakal tembak yg demo dikpu lah, si ratna paet dipukulin lah, dan yg terakhir penggal pala jokowi.

Secara kasat mata harusnya manusia udh bisa liat yaa yg barbar kntl kek begimana emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 3 lainnya memberi reputasi
Alhamdulillah negara sudah melindungi rakyat dari para pemecah belah yang membuat rakyat cemas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 4 lainnya memberi reputasi
Sebagai orang yg vote jokowi

Ane tersinggung atas apa yg disampaikan HS
Ane rasa pantes dia dihukum saat ini

Meskipun ane sudah memaafkan emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 2 lainnya memberi reputasi
rezim kettakutan ini namanya, sikat yang salah ko pilih-pilih emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 3 lainnya memberi reputasi
mengancam bajingan, teroris, pengkhianat, tukang rusuh, biang kerok, dsb untuk melindungi rakyat..adalah benar.....emoticon-Shakehand2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 4 lainnya memberi reputasi
tuhh kan dihadapkan dengan uud bilangnya ngancam. kwontol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di