alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Health Consultation /
Apakah kanker stadium lanjut masih bisa disembuhkan?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd7d886337f931a7f1e7c4e/apakah-kanker-stadium-lanjut-masih-bisa-disembuhkan

Apakah kanker stadium lanjut masih bisa disembuhkan?


Apakah kanker stadium lanjut masih bisa disembuhkan?

        Kanker stadium lanjut adalah topik yang sangat berat, banyak orang beranggapan bahwa kanker stadium lanjut = kematian, jika terdiagnosa kanker stadium lanjut maka sama dengan vonis kematian, tidak dapat disembuhkan, tidak perlu diobati. Daripada menderita menjalani pengobatan di rumah sakit, lebih baik pulang beristirahat di rumah. Apakah kenyataannya begitu?

Pertanyaan 1. Apakah kanker stadium lanjut tidak dapat tertolong lagi? 
Sebenarnya kanker banyak jenisnya, ada kanker lambung, kanker hati, kanker payudara, kanker usus, kanker mulut dan lain sebagainya. Gejala setiap jenis kanker tidak sama, cara pengobatannya juga tidak sama. Pada saat kanker memasuki stadium lanjut, biasanya sel kanker sudah menyebar, sudah merusak jaringan organ tubuh lainnya, kondisi fisik pasien sudah memburuk. Namun, saat kanker memasuki stadium lanjut juga bukan berarti sudah tidak tertolong sama sekali, hanya saja tingkat kesulitan pengobatan sangat besar, kemungkinan sembuh lebih kecil. Jenis kanker yang berbeda memiliki perbedaan yang besar, untuk kanker yang tingkat keganasannya rendah seperti kanker tiroid, sekalipun kanker tiroid stadium lanjut, setelah menjalani pengobatan kelangsungan hidup 5 tahun mencapai 55.5%. Maka dari itu, ketika kanker memasuki stadium lanjut belum tentu tidak dapat sembuh.

        Pertanyaan 2. Bagaimana mengobati kanker stadium lanjut?
Mengenai pengobatan kanker, banyak orang berpikir, pengobatan kanker adalah pengobatan yang mematikan sel kanker secara menyeluruh. Hanya dengan memberantas semua sel kanker, barulah dapat menyembuhkan kanker. Pemikiran seperti ini benar dalam beberapa hal, namun tidak dapat diterapkan pada pasien kanker stadium lanjut. Karena sel kanker pada kanker stadium lanjut sudah menyebar ke bagian tubuh lain, sangat sulit jika ingin mematikan sel kanker secara menyeluruh, setidaknya saat ini sulit dilakukan. Lalu bagaimana mengobati kanker stadium lanjut?
WHO telah menentukan empat prioritas dalam perencanaan komprehensif bidang kanker meliputi pencegahan, diagnosis dini, pengobatan radikal dan perawatan paliatif. Perawatan paliatif adalah salah satu metode pengobatan untuk kanker stadium lanjut. Perawatan kanker paliatif seringkali terdiri dari pengobatan kanker konvensional, seperti kemoradioterapi paliatif dan operasi paliatif. Meskipun kemoradioterapi memiliki efek samping tertentu, namun dapat dikurangi secara efektif dengan metode yang ada. Pasien tidak boleh menolak kemoradioterapi karena takut dengan efek sampingnya.
Para ahli pengobatan kanker beranggapan bahwa pengobatan kanker stadium lanjut harus berpegang pada pemikiran “berorientasi pada orang”, yang bertujuan untuk memperbaiki gejala pasien, mengontrol perkembangan penyakit, meningkatkan kualitas hidup, memperpanjang kelangsungan hidup. Pengobatan berdasarkan kondisi penyakit, usia, status ekonomi, harapan pengobatan pasien dan aspek lainnya. Perlu disebutkan bahwa membangun hubungan yang baik antara dokter dan pasien, sangat penting dalam membantu pasien membangun kepercayaan diri untuk mengalahkan penyakit, dan perawatan paliatif juga berperan penting dalam pengobatan kanker stadium lanjut.
        Karena itu, jangan menyerah menjalani pengobatan sekalipun terdiagnosa kanker stadium lanjut, bekerjasama secara aktif dengan rencana pengobatan dokter, mempertahankan sikap optimis. Walaupun tidak dapat menghancurkan semua sel kanker, tapi melalui pengobatan dapat meringankan gejala, meningkatkan kualitas hidup, serta memperpanjang kelangsungan hidup, dengan demikian mencapai efek penyembuhan.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di