alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd7342710d295209b03e112/6-fakta-soal-narsis-yang-perlu-diketahui-bukan-soal-selfie-saja-lho

6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho!

6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho!

Kata "narsis" tentunya sudah tidak asing lagi buat millennials. Bagaimana tidak? Ada seseorang berswafoto saja, sudah dibilang narsis. Kumpul bareng sama teman-teman dan berfoto grup pun, semua ramai-ramai bilang, "Narsis dulu, yuk!". Padahal, narsis sebenarnya punya makna yang lebih dalam lho!

Bukan sekadar perilaku suka berfoto-foto dan menyukai diri sendiri, ternyata narsis bisa menjadi gangguan kepribadian. Nah! Mari kita simak dulu enam fakta soal narsis yang perlu diketahui berikut ini!


1. Narsis bermula dari mitologi Yunani, di mana pemuda bernama Narcissus kerapkali melihat refleksinya di kolam & mulai mencintai diri sendiri
6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho!
Istilah narsisme pertama kali digunakan dalam psikologi oleh Sigmund Freud. Ia mengambil tokoh dalam mitologi Yunani bernama Narcissus. Ia digambarkan memiliki paras yang amat tampan, sehingga banyak perempuan yang menggilainya. Sayangnya, Narcissus bergeming.

Gara-garanya, Narcissus dikutuk mencintai dirinya sendiri dengan cara selalu melihat bayangannya di kolam. Suatu saat, tanpa sengaja ia mengulurkan tangan ke air dan tenggelam ke dalamnya. Konon karena kejadian itu, tumbuhlah bunga yang disebut bunga narsis.


2. Selanjutnya, narsisme diartikan sebagai cinta diri sendiri secara berlebih atau punya kecenderungan seksual dengan diri sendiri
6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho!
Dalam ilmu psikologi, narsis termasuk dalam personality disorder. Artinya, seseorang akan dikatakan narsis jika ia melihat posisinya sendiri sebagai pusat segalanya. Beberapa tandanya adalah keinginan untuk selalu dikagumi dan punya penilaian yang tinggi atas dirinya sendiri.

Selain kedua hal tersebut, sifat seorang narsis yang terbilang amat mengganggu adalah mendominasi kualitas pertemanan lantaran selalu mendominasi pembicaraan. Tidak mudah mengalah dan selalu ingin jadi pusat perhatian adalah sederet sifat yang lain. Ia juga orang yang selektif dan kadang selalu punya label untuk orang-orang yang ada di sekitarnya.


3. Tidak sekadar senang memamerkan foto pribadi, narsis kerap diikuti dengan kebutuhan aktualisasi diri
6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho!
Biasanya, orang mudah menyebut orang lain narsis ketika sering memotret dirinya sendiri secara sengaja ataupun tidak. Seiring dengan perkembangan teknologi, mereka membagikan itu di sosial media agar bisa dikonsumsi publik. Di balik itu, sebenarnya ada kebutuhan aktualisasi atau pembuktian diri dengan potensi yang ada.

Aktualisasi yang dibarengi sifat narsis inilah, yang kerap dinilai berlebihan oleh pihak lainnya. Yang mengerikan, seringkali kekuatan sosial media membuat aktualisasi diri dipandang negatif.


4. Narsis itu tetap perlu dan malah jadi positif kalau kamu berhasil menelurkan karya-karya menarik nan bermanfaat
6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho!
Narsis itu tetap penting untuk diri sendiri. Karena sebelum kita mencintai orang/hal lain, minimal kita juga tahu caranya mencintai diri sendiri. Namun jangan sekadar mencintai diri sendiri dan berimbas pada sikap egoisme, narsis yang baik seharusnya memicu kita agar lebih baik daripada sebelumnya.

Asal kamu tahu, tidak semua orang bisa narsis lho! Narsis pun perlu bakat, kepercayaan diri, dan hal menarik yang bisa dinikmati banyak orang. Ambil contoh Kylie Jenner. Sekalipun ia kerap disorot karena sosoknya yang menikah muda, memiliki anak di usia belia, kebiasaan berbusana sensual, dan sensasi lainnya, ia bisa membuktikan kalau ia menjadi salah satu milyarder dan tercatat dalam majalah Forbes.

Contoh lainnya adalah kakak beradik Gamaliel dan Audrey Tapiheru. Awal mulanya, mereka narsis dengan mengabadikan video keduanya yang sedang bernyanyi. Diiringi kemampuan yang mumpuni, ternyata banyak orang yang terhibur. Kini, keduanya dikenal sebagai bagian dari grup musik GAC.


5. Baik perempuan dan laki-laki bisa mempraktikkan narsis dalam cara yang positif serta dengan caranya masing-masing
6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho!
Demi mencintai diri sendiri, berbagai upaya bisa dilakukan perempuan dan laki-laki. Perempuan, misalnya. Ia bisa menghabiskan waktu selama berjam-jam di salon untuk menata rambut atau facial. Sementara laki-laki bisa hampir setiap hari ke gym demi membentuk otot tubuh.

Semuanya sah-sah saja karena ditujukan untuk perkembangan diri yang lebih baik dan bermanfaat. Bahkan, bisa membangun personal branding yang kuat untuk kehidupan profesionalmu.


6. Sebelum memberi cap narsis pada orang lain, ingat lagi apakah yang dimaksud mengarah pada gangguan kepribadian atau perilakunya saja
6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho!
Jadi, kamu bisa menelisik lebih dalam lagi sebelum memberikan cap narsis pada seseorang. Meski dia suka melakukan aktualisasi diri di sosial media, tapi jika ia tidak merasa dirinya paling tinggi, bisa jadi narsisnya sebatas perilaku saja. Lagipula, cinta kepada diri sendiri itu sah-sah saja. Ya, kan?

Sebelum mengindikasikan seseorang narsis, mungkin juga perlu dipikir lagi. Apakah itu ada dampaknya? Baik atau buruk? Dampaknya bisa berakibat untukmu sendiri, orang lain, atau keduanya?

Itu dia fakta soal narsis yang perlu kamu ketahui. Semoga penjelasan di atas tadi, lebih membantu soal pemahamanmu ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho! 5 Tips Sederhana Meredam Sifat Egois, Berani Coba?

- 6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho! Tak Hanya Teliti, Ini 5 Hal Unik yang Hanya Dimiliki Oleh Orang ISFJ

- 6 Fakta Soal Narsis yang Perlu Diketahui, Bukan Soal Selfie Saja Lho! 9 Smartphone Ini Hadir dengan Sistem Kamera Selfie Canggih

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di