alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pembangunan Kilang Minyak demi Menanggulangi Defisit MIGAS
2.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd4e58b9a972e1ff21986e0/pembangunan-kilang-minyak-demi-menanggulangi-defisit-migas

Pembangunan Kilang Minyak demi Menanggulangi Defisit MIGAS

Sepanjang 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit sebesar USD 8,57 miliar. Angka defisit tersebut terbesar sejak tahun 1975. Itu pun defisitnya hanya USD 391 juta.

Defisit terjadi akibat neraca minyak dan gas (migas) yang tekor sampai USD 12,4 miliar. Penyumbang terbesar defisit sektor ini, yaitu minyak mentah dan hasil minyak, masing—masing USD 4,04 miliar dan USD 15,95 miliar.

Pembangunan Kilang Minyak demi Menanggulangi Defisit MIGAS

Untuk menanggulangi defisit, salah satu opsi yang ditempuh Pemerintah adalah melakukan pembangunan kilang minyak. Dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), porsi impor Bahan Bakar Minyak (BBM) saat ini sekitar 52 % dan akan dikurangi secara bertahap, sehingga diharapkan tidak lagi impor BBM pada 2025. Peningkatan kapasitas kilang diharapkan bisa menjadi lebih dari 2 juta barel per hari, melalui pembangunan kilang baru dan revitalisasi kilang yang ada melalui program Refinery Development Master Plan (RDMP).

Membangun kilang bukanlah hal mudah. Biaya yang digunakan lumayan besar, mencapai triliun rupiah. Sementara itu, profit dari pembangunan kilang tak terlalu besar. Investor swasta asing yang tertarik pada proyek kilang minyak terbilang sedikit. Contohnya, ada perusahaan Kuwait yang sempat mau bermitra dalam proyek kilang, tetapi memilih mundur. Di bisnis minyak, swasta lebih suka berinvestasi di hulu daripada di hilir. Soalnya, di hilir margin keuntungannya kecil.

Jika swasta membangun kilang dipastikan akan meminta jaminan offtaker dari Pertamina atau badan usaha lain. Namun, Pertamina tidak akan melakukannya, karena harga menjadi tidak kompetitif. Oleh karena itu, kecenderungannya lebih baik dibangun oleh Pertamina atau badan usaha lain yang bisa menjadi offtaker.

Meski begitu, pembangunan kilang penting dan harus tetap dilakukan. Apalagi merunut kebutuhan Indonesia akan minyak yang mencapai sekitar 1,3 hingga 1,4 juta barel per hari (bph). Sementara itu, produksi minyak dalam negeri masih 700.000 hingga 900.000 bph. Ada kebutuhan minyak sekitar 400.000 bph, diimpor dari Singapura yang notabene punya kilang lebih besar.

Pembangunan Kilang Minyak demi Menanggulangi Defisit MIGAS

Untuk itu, disarankan agar pemerintah, dalam hal ini Pertamina, tetap fokus pada upaya pembangunan kilang, meski terlambat dari jadwal awal pada 2016 dan baru terlaksana Desember 2018. Pembangunan kilang ditandai dengan penandatanganan kesepakatan pembangunan RDMP Kilang Balikpapan dan penandatanganan proyek pembangunan kilang baru atau Grass Roots Refinery (GRR) di Bontang.

Banyak faktor yang jadi penghambat. Pertama, mafia migas sengaja menghalangi agar impor membengkak. Kedua, persoalan fasilitas pada investor karena Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tidak memberikan fasilitas fiskal. Terakhir, kurang seriusnya Pertamina dalam 20 tahun terakhir dan dinilai gagal membangun kilang.

Hambatannya, investor tadi minta tax facility atau fiscal facility, tapi tidak diberikan. Agak mengherankan investasi di bidang lain memperoleh tax holiday, tapi di investasi kilang tidak.

Meski banyak hambatan, pembangunan kilang minyak tetap harus jadi prioritas. Kilang minyak yang dibangun harus terintegrasi. Tidak hanya dapat mengolah BBM, tetapi juga produk lain, sehingga memperbesar profit dan margin seperti kilang minyak Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban.

Pembangunan Kilang Minyak demi Menanggulangi Defisit MIGAS


Spoiler for Referensi:


profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan blueseno memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
bikin kilang minyak hingga sampai menghasilkan gak semudah membalik telapak tangan. semua butuh proses dan nampaknya itu hanya bisa dilakukan dengan proyek jangka panjang apalagi 2jt barel per hari.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kecilkecilpedas memberi reputasi
defisit katanya..... Tapi gaji n bonusnya pada gak mau didefisit emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wildgrass dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


baca secara lengkap dan detail gan, ini bukan ngomongin pertamina, tapi bahas defisit perdagangan migas nasional
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yoi gan itu juga secara nasional..... Hahahaha
profile-picture
kecilkecilpedas memberi reputasi
Jadi kapan nih pindah ibu kota emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kecilkecilpedas memberi reputasi
kenapa gak memakai energi terbarukan kaya di islandia..bukannya pakai energi fosil terus menerus
Pembangunan Kilang Minyak demi Menanggulangi Defisit MIGAS
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kecilkecilpedas memberi reputasi
gak bener ini
profile-picture
profile-picture
kecilkecilpedas dan youdoyouknow memberi reputasi
Biar gak defisit lagi ya.
profile-picture
kecilkecilpedas memberi reputasi
Kenapa gak pakai energi awan kinton? emoticon-Bingung (S)

profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kecilkecilpedas memberi reputasi
Semoga bisa semakin baik kedepannya aja deh untuk dunia MIGAS kita
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:



. Energi opo sing mencukupiemoticon-Smilie

Quote:


aku tak mengerti
Pembangunan Kilang Minyak demi Menanggulangi Defisit MIGAS
2jt barel sebanyak apa tuh emoticon-Belo
ya konsumsi BBM di Indo cukup besar, ya jelas semua kendaraan pake bensin, pdhl org nya seabrek2..

mau pake sumber energi yg lain juga ga segampang itu, dr culture warga yg sudah terbiasa, sampe harga yg lebih mahal dr bensin biasa..

cm bangun kilang minyak juga proses nya pasti lama, udah gtu dana nya besar, untuk bisa balikin modal investor yaaa jd nya mereka mikir2
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
minyak bumi kita kan banyak bre , jadi dipakenya kudu hemat2 dah ya ...

kalau bisa naik sepeda biar sehat apalagi jalan kaki tuh emoticon-Big Grin
Balasan post ari2003
Pakai energi terbarukan? Kamu pikir mafia migas rela mata pencarian mereka untuk menafkahi keluarga hilang? Ya pasti gak sudi mereka.
profile-picture
eatingsugar memberi reputasi
Mudah2 an kilang nya baru peralatannya/ mesinnya didalamnya benar2 baru, kita lihat saja nanti?
sebaiknya beralih saja ke nuklir emoticon-Cool
Defisit migas cukup membuat geli kalau kita dengar, karena barangkali satu dan lain hal. Saat ini memang kendaraan banyak yang beredar di jalanan jadi ya butuh migas tinggi. Bangun saja kilang untuk ini, biar tidak kurang.
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di