alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd4dd84a2d1955b2b14a1d1/andre-taulani-ahok-dan-mereka-yang-terjarat-kasus-penistaan-agama

Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama

Kasus penistaan agama rasanya sudah sering terjadi di Indonesia, dari mulai ucapan yang spontan hingga perbuatan bisa dilaporkan menjadi perkasa penistaan agama.

baru-baru ini seorang komedian Andre Taulany, dilaporkan oleh kelompok PA 212, karena bercandaanya di suatu show televisi yang dianggap menghina Nabi Muhammad SAW. Meskipun secara pribadi Andre Taulany sudah meminta maaf, namun kasus ini masih dilanjutkan ke proses hukum oleh pelapor.

Kasus penistaan agama seperti Andre Taulany rasanya sudah sering terjadi di Indonesia, tercatat kasus penistaan agama pertama kali terjadi pada tahun 1968, namun akhi-akhir ini setelah kasus penistaan agama oleh Ahok pada tahun 2016, seringkali terjadi pelaporan tindakan penistaan agama oleh suatu kelompok, meskipun itu adalah masalah sepele, dan berikut TS sampaikan beberapa kasus penistaan agama yang pernah terjadi di Indonesia..

Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama


1. HB Jassin, Menggambar Tuhan di Cerpen (1968)
Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama



Quote:



2.
Arswendo Atmowiloto, Survei Tokoh PIlihan Yang Berujung Laporan Penistaan, 1990
Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama

Quote:



3. Rusgiani, Ibu Rumah Tangga yang Harus Dibui 14 Bulan 2012

Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama

Quote:


4. Abraham Sujoko, Menghina Agama Islam Lewat Video Youtube (2013)

Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama


Quote:


5. Ahok, Terjerat Kasus Penistaan Agama Karena Mengkutip Ayat Al-Quran (2016)

Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama

Quote:


6. Meiliana, Mengkritik Volume Toa Masjid Yang Terlalu Keras. (2016)

Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama

Quote:


Saat ini, Nampaknya kasus penistaan agama akan kembali mewarnai pemberitaan di Indonesia, hal ini tidak luput dari kasus yang baru-baru ini menjerat komedian Andre Taulany. Secara resmi kelompok PA 212 melaporkan Andre Taulany ke kepolisian atas ucapannya yang dianggap menghina nabi Muhammad SAW disalah satu acara televisi. 
Secara tidak langsung, kasus-kasus diatas mengingatkan kita, bahwa di era sekarang kita harus berhati-hati dalam berucap apalagi terkait unsur sara. Meskipun dalam kondisi bercanda pun, ucapan-ucapan tersebut bisa saja menjerat kita karena ada kelompok tertentu yang tersinggu.
Kita tentu juga masih ingat kejadian puisi ibu rahmawati, materi stand up ge pamungkas dan joshua, hingga video masak-masak tretan muslim dan coki yang kemudian banyak diprotes beberapa kelompok, meskipun perkara tersebut tidak menjadi perkara hukum, namun hal tersebut mengingatkan bahwa kalimat-kalimat yang mengandung unsur sara sangat sensitif dan dapat menyebabkan ketersinggunagan pihak-pihak tertentu..
Yah, semoga berkah bulan ramadhan kali ini, juga bisa menguatkan persaudaraan dan toleransi kita terhadapa antar suku dan agama, sehingga kasus kasus seperti diatas tidak terulang kembali di kemudian hari. 



emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih



sumber referensi : disini dan ini
s
umber gambar : google.com dan detik.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 8 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
mulutmu harimaumu ... emoticon-Leh Uga
Gk kyk dlu ya bsa becanda "ejek2" agama tmen tp endingny bsa ketawa bareng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MWIMRSNAIL dan 8 lainnya memberi reputasi
mana kasusnya vokalis band itu?
hehehe
Andre Taulani, Ahok, dan Mereka Yang Terjarat Kasus Penistaan Agama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ezolla dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:

Dan lidah mu pedang mu wkwk
Quote:

Iya gan dulu mah ga ada jarang ada kelompok yg baper
Quote:

Belum masuk ke ranah hukum gan masih proses
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tyoblitz dan 2 lainnya memberi reputasi
karma dari yang maka kuasa emoticon-rainbow
Quote:

kalo kurma gan emoticon-Ngakak

ane mah simple aja. kalau bukan kapasitasnya jgn ngomong. diem lebih baik. ga cuma agama, dalam hal apapun juga gitu

dan lagi kalau ngomong bercanda pake embel embel agama, emang dah kehabisan bahan buat candaan lain? emoticon-Bingung

kekurangan orang indonesia itu ga mampu nahan tangan ama mulutnya baru deh nyesel dibelakang emoticon-Shakehand2 gausah jauh jauh soal hukum, berapa banyak kita salah ngomong sampe bikin temen / kerabat sakit ati?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
archazel07 dan 9 lainnya memberi reputasi
"""Pada Tahun 1990, Tabloid monitor merilis survei tokoh-tokoh yang dikagumi oleh para tabloid monitor, hasil survei menempatkan presiden saat itu Soeharto ada diurutan pertama, sedangkan Nabi Muhammad SAW berada diurutan 11. Hasil tersebut kemudian memunculkan kontroversi dikalangan masyarakat Indonesia. Hingga akhirnya pimpinan redaksi survei, "Arswendo Atmowiloto dilaporkan ke hukum dan divonis bersalah dengan hukuman 5 Tahun penjara, namun setelah banding hukumannya menjadi 4 tahun 6 bulan."""

Hm, ternyata sudah dari dulu...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

yap bener gan, seperti kata pepatah, lebih baik diam jika tidak mengetahui.. sekarang bercandaan sekecil apapun bisa jadi dapat bikin orang sakit hati..
Quote:

udah lame gan..
profile-picture
andiaries memberi reputasi
Kalau di amerika malah susah ditebak apakah itu lelucuan atau bukan, kan ada istilah dark humor emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samc01 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

iya gan, malah disana stand up sekarang dijadikan bahan kritik dengan menhgejek..
Quote:

kalo kurma wuenak blay emoticon-Genit

emoticon-Leh Uga
tegang juga ya gan ...hmmm jadi kalau bercanda sekarang tidak bisa lepas seperti dulu emoticon-Mewek
Sensitif ya sekarang, sebenarnya dari dulu juga sih. Hati2 aja dah sam ucapan n tulisan. Semua ada rekam jejak digitalnya sekarang.
profile-picture
jewelid memberi reputasi
maklum lah masyarakat zaman sekarang sumbunya pendek, sama barangnya pecah belah , disenggol dikit , jatuh abis itu pecah atau retak emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jewelid dan 3 lainnya memberi reputasi
begitu sakralnya "Agama", hingga kita lupa kalau Mengasihi Sesama Manusia adalah inti dr ajaran semua "Agama"...!
emoticon-Travelleremoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
archazel07 dan 11 lainnya memberi reputasi
Ben kapok Agama Ki udu nggo candaan opo guyonan ...agama ki kudu di hormati sling respect Ben damai ayem lan tentrem Negoro iki .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jewelid dan 2 lainnya memberi reputasi
Yang bisa gw bilang, kalau indo masih Hindu buddha, kasus kayak gini ga bakal kejadian
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chemicalbastard dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di