alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Respons Habib Bahar, Wadah Habib Se-Indonesia: Main Hakim Tak Bisa Ditolelir
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ccb86116df23141d4236321/respons-habib-bahar-wadah-habib-se-indonesia-main-hakim-tak-bisa-ditolelir

Respons Habib Bahar, Wadah Habib Se-Indonesia: Main Hakim Tak Bisa Ditolelir

Respons Habib Bahar, Wadah Habib Se-Indonesia: Main Hakim Tak Bisa Ditolelir

Jakarta - Organisasi yang menjadi wadah resmi habib se-Indonesia, Rabithah Alawiyah, angkat bicara soal Habib Bahar bin Smith mengutip Imam Malik soal tindakan terhadap orang yang mengaku-ngaku sebagai habib. Menurut Habib Bahar, dalam kitab Az Zahirah, Imam Malik menyebut orang yang seperti itu harus dipukul keras.

Habib Bahar kemudian mempertanyakan bagaimana kaitan tindakan tersebut dengan hukum positif di Indonesia. Lalu, apa kata Rabithah Alawiyah atas ucapan Habib Bahar di persidangan itu?

"Pada dasarnya kami Rabithah Alawiyah tidak mencampuri urusan personal. Namun, Rabithah Alawiyah menyatakan bahwa tindakan main hakim sendiri tak bisa ditolelir apapun bentuknya," ujar Rabithah Alawiyah dalam keterangan resminya, Kamis (2/5/2019) malam.

Rabithah Alawiyah menyatakan kalau ada pihak yang merasa dirugikan terkait pemalsuan identitas bisa melaporkan ke pihak berwajib. Hal itu disebut sesuai dengan hukum positif yang berlaku di Indonesia.

"Kalaupun ada yang merasa dirugikan terkait dengan pemalsuan identitas atau yang lain sebagainya, tentu bisa melaporkannya ke pihak yang berwajib, karena memang hukum positif kita mengatur hal tersebut. Jadi tidak boleh main sendiri bertindaklah sesuai hukum positif yang berlaku di negara kita," ucap Rabithah Alawiyah.

Sebelumnya, dalam sidang yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Bandung di Gedung Arsip dan Perpustakaan, Kota Bandung, Kamis (2/5/2019), Habib Bahar diberi kesempatan menanggapi sekaligus memberikan pertanyaan kepada ahli pidana, Nandang Sambas, yang dihadirkan jaksa dalam persidangan. Saat diberi kesempatan, habib Bahar lantas membacakan hadis riwayat Imam Malik dalam kitab Az Zahirah.

"Artinya kalau ada orang yang mengaku sebagai cucu nabi, barang siapa yang mengaku-ngaku sebagai habib ibarat kata, maka menurut Imam Malik berarti kata beliau harus dipukul. Bukan pukulan biasa, tapi pukulan keras, itu menurut Imam Malik," tutur Bahar.

Selain dipukul secara keras, dia menyebut orang yang mengaku-ngaku sebagai habib itu harus diumumkan ke publik. Habib Bahar lalu menanyakan bagaimana kaitan antara isi kitab itu dengan hukum positif di Indonesia.

"Nah apabila ada seseorang melakukan sebagaimana dikatakan Imam Malik dalam islam, apakah itu termasuk pidana atau tidak?" tanya Bahar.

"Kalau di dalam KUHP kita, itu pemalsuan identitas itu. Diancam pidana (orang mengaku habib). Tapi tindakan reaksi orang yang merasa dirugikan itu yang mungkin masih perlu diperdebatkan," jawab Nandang.

Habib Bahar bin Smith sebelumnya didakwa melakukan penganiayaan terhadap dua orang remaja. Dalam dakwaannya, jaksa menyebut perbuatan tersebut berawal dari kedua korban yang mengaku-ngaku sebagai Habib Bahar di Bali. Kedua korban disebut datang ke Bali dan mengaku sebagai Habib Bahar. Keduanya juga disebut mendapat tiket pesawat dari seseorang di Bali.


Respons Habib Bahar, Wadah Habib Se-Indonesia: Main Hakim Tak Bisa Ditolelir

Rabithah Alawiyah ini pingin didengkul dan di-smack down sama bahar smith apa ya? bahar itu lebih habib dari segala habib.  emoticon-Mad 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikiriki11 dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fpicondet
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
rip

rotten in pieces
Hehehe...ya sudah jalanin saja har persidangan nya...mudah2an hukuman nya ga berat..
Quote:


Ooh..gitu penjelasannya.
Cuma ane ngga terbiasa aja hukum pake kata positif dan negatif.

Thanks pencerahannya !!
Quote:


Rancangan Undang2 itu hukum negative loh... Maksudnya hukum positif itu hukum yang berlaku sekarang nah hukum negative itu hukum yang berlaku pada waktu yang akan datang.

Kenapa hukum negara d sbt hukum positif, krn ya berlaku nya skrg ini
profile-picture
profile-picture
roberthw dan ncub memberi reputasi
Diubah oleh stephjo
organisasi apaan tuh baru tau
emoticon-Entahlah


buat nastak jgn terlalu nge-gas, ntar kecewa dia cuma kena dibawah 5 tahun.

buat nasbung gausah ada pikiran bahar bakal bebas.

dah nggu vonis saja, jd bodoh kelamaan ngikutin ini kasus

emoticon-Traveller
Respons Habib Bahar, Wadah Habib Se-Indonesia: Main Hakim Tak Bisa Ditolelir


Pantes si Brisik sampai bela belain bangun Pesantren KUAnya orang Arab di Salabintana Puncak emoticon-Big Grin

Jadi Lokalisai pembibitan Habib turunan Asli Pribumi Arab emoticon-Ngacir
Diubah oleh prokitiwe
Quote:


Yg ompong fitsa hat jgn lupa gan
profile-picture
LaSeixas memberi reputasi
Diubah oleh NgisupGue
ane mau tanya, habib di arab sono cem di indo ye gan. dipuja-puja ama banyak orang
Habib kok rambutnya panjang dan disemir blonde? Habib kok tampangnya malah kayak curut lokal? Habib kok tingkah lakunya kayak preman pasar, rokokan, godain cewe, petantang-petenteng?

Trus ngakunya gebukin anak orang sampe cacat karena udah ngaku2 jadi dirinya. Pake bawa-bawa hadist lagi buat pembenaran tindakannya.

Masih mau bantah kalo memang ada oknum pemuka agama yang membohongi dan membodohi ummat pakai jualan embel2 agama?
masih menunggu megaloman masuk penjara dan hidup dikelilingi para monsteremoticon-Big Grin
Kalau ingin merangkul lebih banyak orang dan jamaah harusnya memang yang lebih santun. Untuk pelajaran mungkin perlu tapi tidak sampai pukul muka. Cukup diajak berunding saja dan dibimbing agar jadi lebih baik
katanya gak takut membusuk di penjara? yaudah akui aja macam lelaki sejati. kau pas ngehajar orang cem lelaki tapi pas uda bgini kicep macam banci saja kau
Quote:


Wkwkkwwkemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Cendol Ganemoticon-Salaman
halah cuma alesan bibib ajalah. emang emosian koq
makanya gak usah sok iye
the real penista agama emoticon-Big Grin
Balasan post yahooy
Mereka terjebak di cerita masa lalu awal peradaban.. Otak mereka terkunci disitu, dimana kompetisi itu menggunakan jalur peperangan dan kekerasan.. Tujuan mereka baik, tapi baik menurut ajaran mereka.. Terbukti kutipan diatas "bahar melakukan itu karena tertulis di buku keluaran leluhurnya bahwa boleh melakukan kekerasan untuk peniru, dihukum menggunakan kekerasan sekeras kerasnya" jadi menurut bahar dia gak melakukan kesalahan karena dia melakukan sesuai apa perintah dari leluhurnya..

Jadi intinya bahar ini bakal nyemplung ke sumur klo leluhurnya bilang harus nyemplung ke sumur..

profile-picture
davecchio memberi reputasi
bakar bin smith, membusuk lah di penjara emoticon-Ngakak
Megalomen auto ngeles
enak amad lo bule palsu, nanti orang kayak lo bs bertindak seenak jidat, dikit2 lo kaitin sama agama terus main pukul. botakin nih
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di