alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Petugas KPPS 318 Meninggal, Ombudsman Kaji Sistem Pemilu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cc8368f337f930863642b4f/petugas-kpps-318-meninggal-ombudsman-kaji-sistem-pemilu

Petugas KPPS 318 Meninggal, Ombudsman Kaji Sistem Pemilu

 Petugas KPPS 318 Meninggal, Ombudsman Kaji Sistem Pemilu


Ombudsman Republik Indonesia tengah mengkaji sistem penyelenggaraan Pemilu 2019 pada 17 April lalu lantaran banyak petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia.

Hingga Selasa (30/4) pukul 08.00 WIB, sebanyak 318 petugas meninggal dunia, sementara petugas yang sakit berjumlah 2.232 orang. Jumlah tersebut bertambah dari hari sebelumnya yaitu 304 orang. Sementara 2.209 orang tercatat sakit saat bertugas.

Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai mengatakan banyak petugas KPPS yang sakit dan meninggal usai melaksanakan tugas. Hal ini menjadi salah satu alasan pihaknya melakukan kajian sistemik terkait penyelenggaraan pemilu tahun ini.

Dia menjelaskan kajian itu mencakup sisi regulasi, perencanaan, organisasi, rekrutmen, pelatihan hingga dukungan dan fasilitas bagi petugas KPPS.

"Apakah ada pemeriksaan kesehatan bagi petugas KPPS sebelum perekrutan, itu akan kami cek," ujarnya di acara 'Penghormatan Bagi Pejuang Demokrasi', Jakarta Selatan, Selasa (30/4).

Anggota Ombudsman Ahmad Alamsyah Saragih mengatakan pihaknya akan mengkaji pemisahan pilpres dan pileg pada pemilu mendatang. Hal ini agar tidak ada kesan penyelenggaraan pemilu dipaksakan.

"Nanti akan kita kaji apakah memang pileg dan pilpres tetap, namanya juga saran dari ombudsman nanti tergantung DPR," tuturnya.

Komisioner KPU Viryan Aziz mengatkaan pihaknya membuka opsi melakukan penghitungan suara secara elektronik atau e-counting dalam pemilu berikutnya. Hal ini sebagai salah satu hasil evaluasi Pemilu 2019 sekaligus merespons kasus meninggalnya ratusan petugas KPPS karena kelelahan.

"Patut mempertimbangkan penggunaan mekanisme e-counting. Jadi pemungutan suaranya secara manual menggunakan surat suara, tapi penghitungan suaranya itu secara elektronik," kata Viryan di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (24/4).

Dia menjelaskan konsep ini berbeda dengan pemilu elektronik (e-voting) dan rekapitulasi elektronik (e-recap).

Dalam proses e-counting, pemilu masih menjalankan pemungutan suara secara manual seperti saat ini. Namun penghitungannya menggunakan mesin. Surat suara yang sudah dicoblos akan dipindai menggunakan mesin untuk dihitung.

profile-picture
profile-picture
TerlahirJelek dan Xaruduy.dua memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
'Penghormatan Bagi Pejuang Demokrasi

Kalian nyebut pahlawan demokrasi, gw nyebut korban sistem.
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
Gaji yang fenting daripada kaji emoticon-Leh Uga
suskes.
Hal ini seharusnya ga terjadi kalo pake e voting, tapi pemerintah pun gak serius mengkaji sistem keamanan internet. Coba deh kominfo riset/pasang sistem keamanan yang lebih baik, jangan blokar blokir mulu kerjaanya
Quote:


emoticon-Turut Berduka
hmmmm....
pastinya ada tes kesehatan
tapi itu jg ala kadarnya
Lihat 1 balasan
Balasan post masmomon
Cek kesehatannya cukup melampirkan surat keterangan sehat dari puskesmas emoticon-Big Grin
profile-picture
masmomon memberi reputasi
Quote:


yah demikianlah adanya
klo ndak dikasih mlh galakan yg nyari
emoticon-Berduka (S)
sudah banyak korban nyawa tapi tetap saja dianggap curang


emoticon-Turut Berduka
Ratusan pejuang demokrasi meninggal, tapi dengan bangga nya kecurangan dipertontonkan, qc abal2 sengaja dibuat untuk mendegradasi mental rakyat..!!
Jangan jadikan nyawa para pejuang demokrasi tpps ini sia2, rakyat bersatu, lawan kecurangan, lawan kedzaliman, lawan manipukasi suara yang jelas2 nyata..
Lawan terus kecurangan, kedzaliman..
Jihad, wakafkan nyawa demi NKRI, demi ummat islam..
 Petugas KPPS 318 Meninggal, Ombudsman Kaji Sistem Pemilu
 Petugas KPPS 318 Meninggal, Ombudsman Kaji Sistem Pemilu
 Petugas KPPS 318 Meninggal, Ombudsman Kaji Sistem Pemilu
#RevolusiAkhlak
#2019GantiPresiden
#KPUJanganCurang
#LawanKecurangan
profile-picture
profile-picture
anamozaik dan bhumbhazta memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Efendi Ghazali this was your idea.emoticon-noroseemoticon-noroseemoticon-norose

Efektivitas yang menimbulkan banyak korban.emoticon-Turut Berduka
Balasan post Xaruduy.dua
Quote:


Tambahin aja sekalian duy :
-Majelis hakim MK sudah disuap dan antek petahana
-People power sah dan konstitusional
-Makar (damai)
-#2019PrabowoPresiden

Selamat berjuang!emoticon-armyemoticon-armyemoticon-army



GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di