alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[wooww...] Utang Negara Mencapai Rp 4.567,31 Triliun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cbfc006af7e9376c63cbdcf/wooww-utang-negara-mencapai-rp-456731-triliun

[wooww...] Utang Negara Mencapai Rp 4.567,31 Triliun

[wooww...] Utang Negara Mencapai Rp 4.567,31 Triliun
jpnn.com, JAKARTA - Per Maret 2019, utang negara telah mencapai Rp 4.567,31 triliun. Total utang tersebut bertambah Rp 430,92 triliun secara year on year (yoy).

Dirjen Pengelolaan, Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman mengatakan, selama Februari hingga Maret utang naik tipis. "Tambah cuma Rp 1 triliun, karena kita ada juga utang yang jatuh tempo," katanya seperti diberitakan Jawa Pos.

Rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tercatat sebesar 30,12 persen, menurun dibanding kondisi utang pada Februari 2019 yang rasionya 30,33 persen terhadap PDB. Rasio utang terhadap PDB ini masih jauh di bawah ambang batas 60 persen terhadap PDB.

Sementara itu, defisit Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) per Maret 2019 sebesar Rp 102 triliun, atau 0,63 persen terhadap PDB.

Jika dibandingkan defisit anggaran pada periode yang sama tahun lalu, defisit ini sedikit melebar karena pada Maret 2018 defisit anggaran tercatat sebesar 0,58 persen terhadap PDB.

Di samping menarik utang, pemerintah juga telah membayar bunga utang sebesar Rp 70,6 triliun hingga akhir Maret 2019. Jumlah tersebut setara 25,6 persen dari pagu APBN 2019. Pembayaran bunga utang ini naik 3,1 persen (yoy). Pada Maret 2018, pembayaran bunga utang masih Rp 68,5 triliun.

Khusus Surat Berharga Negara (SBN), sepanjang kuartal I lalu pemerintah telah menerbitkan sebesar Rp 185,8 triliun. Menurut Luky, sejak awal tahun permintaan di pasar obligasi memang tinggi.

Pemerintah pun memanfaatkan kesempatan itu untuk melakukan front loading. "Incoming bids (permintaan) memang cukup banyak sepanjang kuartal I lalu," kata dia.

Sementara itu penerimaan negara pada Maret 2019 secara keseluruhan sebesar Rp 350,1 triliun. Capaian tersebut mencakup 16,17 persen dari target APBN 2019 sebesar Rp 2.165,1 triliun. Pendapatan tersebut disumbang oleh pajak, bea, cukai dan hibah.

Kepala BKF Kemenkeu Suahasil Nazara mengatakan, kondisi fiskal hingga kuartal I 2019 secara keseluruhan masih aman. Hal itu terlihat dari pertumbuhan utang yang terkendali dan penerimaan negara yang masih baik. Meski, penerimaan negara hanya sedikit pertumbuhannya, yakni 4,9 persen.

"Overall masih aman. Ini terlalu awal untuk menilai bahwa ada risiko. Tapi sejauh ini semuanya masih aman, karena tujuan kita bukan hanya menarik penerimaan, tapi juga meningkatkan pertumbuhan," ujarnya.

Di luar itu, pemerintah juga telah mengeluarkan sejumlah kebijakan fiskal yang diyakini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi ke depan. (rin)

TAGS    Utang Negara  rasio utang  PDB
Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Jangan hanya lihat angka
Kita ini kan sebenernya sedang mrlakukan analisa
Dimana2 yang namanya analisa itu pakai RASIO
Bukan menimbang besar kecilnya nominal!
Mantafff
Apa salahnya utang, asal tidak dikorupsi, dan smpai saat ini belum pernah saya mendengar Presiden beserta anak istrinya berurusan dengan kpk emoticon-Malu

[wooww...] Utang Negara Mencapai Rp 4.567,31 Triliun
berita ini khusus akun2 yang percaya kalo utang negara itu sama kayak utang di warung...
Masih terkontrol kan? Suatu saat nanti, kita akan memetik buahnya. emoticon-Cool

Ane seenggaknya yakin pemerintah sekarang nggak bodo, soal gimana ngatur uang.
utangnya yg bayar kamfretttttt, salam LOOOOSSSERRRR bray emoticon-2 Jempol
Quote:


itu kan kampret yg biasa utang beras di warung. Yg nyamain kontrak kerja freeport dgn kontrakan rumah mereka emoticon-Ngakak
mgkn wajah2 para kampreters di sini perlu digesekin ke aspal jalan tol biar ngerti utang negara sekarang lari kemana emoticon-Jempol
Hutang atau tidak hutang itu pilihan

yang pasti:
PNS harus digaji
DPR harus digaji
inflasi harus dikontrol
iklim ekonomi makro negara harus dijaga,
pertumbuhan ekonomi harus terus dijaga

Caranya gimana?
Pengelolaan keuangan negara yang tepat
Subsidi tepat sasaran

Itu sudah dibuktikan
Bagaimana laju inflasi dijaga
Meski ada gejolak harga, tidak akan berlangsung lama, bisa diatasi segera ...
jaminan bantuan biaya pendidikan pada rakyat miskin
program tepat sasaran untuk rakyat miskin ...
peningkatan infrastruktur penunjang mobilisasi massa dan percepatan distribusi barang
pembukaan kawasan ekonomi khusus baru yang merata, tidak terkonsentrasi di jawa.

10 tahun, 20 tahun, 25 tahun mendatang,
anak cucu kita akan merasakan manfaat atas apa yang dipersiapkan sekarang


Itu kalo duit receh kira² berapa ton ya?emoticon-Matabelo
asal jaga terus produksinya
cuman ngerinya kalo ada masalah internal yg nyebabin inflasi emoticon-Takut
Analogi murah meriah

Utang buat bikin rumah
Berbeda dengan
Utang buat bikin toko

Kira kira yang cepet balik utang yang mana ?
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


[wooww...] Utang Negara Mencapai Rp 4.567,31 Triliun
Diubah oleh pornwoow
kasih gw contoh satu negara besar yg ga punya utang sama sekali, negara2 seuprit macem nauru, monaco dan sejenisnya ga termasuk karena sama kecamatan aja masih gedean kecamatan emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
Biasa ngutang di warung disamakan ama hutang negara, emang lu ngutang di warung pake hitungan DER, dsb? emoticon-Leh Uga
Coba dikurangi dari zaman sby berkuasa! Rasio utangnya berapa? Kenaikan kursnya berapa?
Quote:

Quote:


[wooww...] Utang Negara Mencapai Rp 4.567,31 Triliun

amnesia

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Diubah oleh db84x3
Quote:


Utang untuk bikin jalan tol, pengguna jalan tol sendiri itu tdk gratis.
emoticon-Hammer
Diubah oleh sipit.siput
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di