alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Institute : Hindari People Power
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb9329cdbf7643fd4353e9e/institute--hindaripeople-power

Soal Pemilu, SETARA Institute : Hindari People Power

Institute : Hindari People Power
Warga melakukan pemungutan suara susulan dalam pemilu serentak 2019 di TPS 25 Payo Selincah, Paal Merah, Jambi, Kamis (18/4/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Hendardi meminta pengurungan niat mobilisasi massa atau wacana people power guna menyikapi hasil pemilu serentak 2019. Ia berharap masing-masing pihak yang bertarung dapat bersikap bijaksana.

Hendardi menyebut dari berbagai hitung cepat ala lembaga survei, menunjukkan Jokowi unggul dibanding Prabowo. Menurutnya, masyarakat mesti menghargai hasil hitung cepat sebagai produk ilmiah. Menurutnya, metode hitung cepat telah diterima dalam praktik demokrasi dan teruji validitasnya sebagai instrumen pengawasan penghitungan dari potensi kecurangan.

"Oleh karena itu, produk hitung cepat harus dibela. Bukan membela lembaga survei atau pasangan 01, tetapi membela suara rakyat yang sudah dihitung secara cepat," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (18/4).

Walau begitu, ia merasa semua pihak tidak perlu saling klaim kemenangan demi menghindari potensi ketegangan antarpendukung. Ia menyarankan semua pihak tetap menunggu proses penghitungan manual yang dilakukan oleh KPU.


"Jika Jokowi hanya bersyukur atas hitung cepat, Prabowo justru menentang. Ini suatu sikap normatif para calon dalam merespons hasil pemilihan, yang diharapkan tidak membakar emosi pendukung," ujarnya.

Ia mengimbau sejumlah ketidakteraturan penyelenggaraan Pemilu dan klaim kecurangan yang diajukan pihak 02 sebaiknya diselesaikan dalam kerangka demokratik. Menurutnya, disanalah peran Mahkamah Konstitusi sebagai mekanisme penyelesaian sengketa.

"Ide menggerakkan warga untuk melakukan perlawanan atas produk demokrasi harus ditolak. Apalagi gagasan people power," ucapnya.


Ia berharap kubu 02 tidak memasang narasi dicurangi secara kontinyu. Ia khawatir hal itu bakal merusak legitimasi pemilu. Ia menyarankan kubu 02 menempuh proses hukum yang berlaku.

"Publik menyimak bahwa seluruh komplain atas penyelenggaraan Pemilu telah dan terus direspons dan disikapi oleh KPU, Bawaslu, dan DKPP. Karena itu tidak ada argumen legal dan konstitusional untuk mendelegitimasi kinerja para penyelenggaran Pemilu," tuturnya.


https://m.republika.co.id/berita/nas...people-powerem

emoticon-Shakehand2
Diubah oleh nyariribut
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Mari, kawal keamanan negeri ini. Langsung amankan yg mau cari rusuh, apalagi sudah mau perayaan salah satu agama, bisa bentrok besar nanti. Dan kawal juga KPU yg sudah kerja keras mengerjakan ini semua sampai diapresiasi berbagai negara lainnya meski alami kesulitan sampai korban jantung dan terseret banjir, tapi terancam didelegitimasikan dan dirusak oknum kampungan yg mau bikin rusuh, pakai galang massa segala dan congor tagar kawalKPU yg bohong sambil mengemis ke hacker Rusia segala.
Diubah oleh lupineprince
pipel kolor
nonton aja
satu hal yang akan membuat om wowo susah dapat simpati kaum milenial yang males dengan banyak drama dan ribet.... emoticon-Cool
Klo ga diselesain ,kelompok mereka ini cuma bakal jadi duri dalam daging.
Balasan post frimen
Quote:


Nipple pheler!
Slogannya si Wowo kan "Wajib pilih No.1, Uangnya No.2" emoticon-Wakaka
Institute : Hindari People Power
pilpres civil war
emang bajingan nih si wowok umur dah bangkot kelakuan kayak balita, orang kalo dah nggak punya kemaluan emang kayak gini emoticon-Blue Guy Bata (L)
SETARA ini foundernya si gerung kan , ateis idola nasbung?
apakah nasbung akan mendengarkan professor akal sehat fiksi itu?
stidakny institutnya ngajarin akal sehat emoticon-Big Grin
people power itu macam kumpulan org paok lakukan kerusuhan menjarah dll
polisinya diam tak berani apa2

lebih baik say no pada people power itu
Quote:


Buatan dia ? Ana baru tau emoticon-Malu
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Sadar.. Sadar.. Jangan kelamaan mimpi wowo
Gak yakin kalo ada kerusuhan besar gegara wowok kalah, kan wowok bs nyalon lg 2024, 2029 dst
Pada percaya bener sama mulutnya Amien Rais... emoticon-Ngakak
ane pernh ngaji di hti taun 2006-2009an
people power tuh udah kek mimpi mereka buat nguasain negara. karena mereka gak mau masuk parlemen.
jaman ntu rame juga yg bilang khilafah bakal tegak lg skitar taun 2020an dll
Amin rais deket dgn hti loh
jd bisa keliatan salah satu pembisiknya dr mana emoticon-DP
People power kalau massanya banyak, dan pada gak puas sama pemerintahan sekarang. ditambah Backup POLRI dan TNI terhadap pemerintahan berkurang..

People power nya 02 mau ngandelin siapa..?? FPI..?? 212..??
Ngadepin pecalang sama Dayak aje mencret di celana, mau ngadepin bedil TNI.... Belum lagi kalau konflik horisontal. Lu kira organisasi macam NU dll gak punya massa..?? adu banyak massa NU sama FPI juga kagak ada seupil nya itu FPI...

Makin lama media ecek ecek jadi hobi ngomporin buat naikin rating. .. Kalau dah gini kok jadi kangen gayanya Mbah Kakung ya..??
Dari awal pendukung 02 sudah dihipnotis oleh BPN... Bahwa kalo prabowo kalah = dicurangi.
.
Apalagi kebanyakan suka kemakan hoax di medsos.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di