alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kervau Tak Mampu Turunkan Sapi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb4b7a8f0bdb2713946efd5/kervau-tak-mampu-turunkan-sapi

Kerbau Tak Mampu Turunkan Sapi

Spoiler for kerbau tak mampu:


Cita-cita Kementerian Pertanian (Kementan) mendatangkan daging kerbau impor untuk menurunkan harga daging sapi di dalam negeri, sepertinya masih jauh panggang dari api.

Sejak dua tahun lalu, Kementan merekomendasikan impor daging kerbau dari India untuk mengendalikan harga. Padahal waktu itu, ada banyak kontroversi terkait keputusan tersebut. Utamanya dalam hal jaminan kesehatan. Karena India adalah negara yang belum bebas dari penyakit mulut dan kuku. Namun waktu itu, faktor harga jadi salah satu argumen kuat dari Ragunan, yang adalah kantor pusat Kementan.

Sumur 1

Kini setelah berjalan dua tahun, ternyata harga daging sapi tidak kunjung turun. Data Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata harga eceran daging sapi pada 2016 sebesar Rp 106.565/kg, naik menjadi Rp 107.311/kg di 2017 dan bertahan di level Rp 107.237/kg di sepanjang tahun lalu.

Adapun dalam dua bulan pertama tahun ini, harga rata-rata daging sapi menurut BPS mencapai Rp 107.221/kg di Januari dan Rp 107.232/kg di Februari.

Padahal, realisasi impor daging kerbau dari India sejak 2016 terus meningkat dari tahun ke tahun, dengan volume impor 39.524 ton di tahun tersebut, naik 38% menjadi 54.510 ton di 2017, dan kembali tumbuh 46% menjadi 79.634 ton di tahun lalu.

Sumur 2

Alih-alih diuntungkan, konsumen malah berpotensi dirugikan lantaran daging kerbau beredar di pasaran. Karena bisa saja karena daging kerbau ujung-ujungnya dioplos dengan daging sapi di pasaran dan tidak ada pemisahan. Pasalnya, konsumen di Tanah Air belum menyukai daging kerbau. Padahal seharusnya, sudah ada pemisahan yang jelas antara daging sapi dengan daging kerbau.

Sebenarnya, keberadaan daging kerbau tidak buruk-buruk amat. Karena bisa saja daging dari sepupunya sapi itu masuk ke industri olahan. Tapi masalahnya kini, daging kerbau sudah kadung masuk ke pasaran rumah tangga. Dan bila diberi pilihan, ibu-ibu yang biasa memasak daging sapi, ogah berpaling ke kerbau. Meski harganya lebih mahal. Kalau sudah demikian, maka cita-cita menurunkan harga daging di pasaran, tinggal angan-angan.

Spoiler for mending jual beha:
Diubah oleh taofikkills
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Yang pernah coba, rasanya gimana tuh daging kerbau, sama gak ? emoticon-Bingung
Di kota gw banyak kuliner daging kerbau
Dioplos masih halal kan?
Quote:


gue pernah ngerasain daging kerbau, sama enaknya kok, hanya beda di tekstur daging aja, kerbau lebih kenyal dagingnya.
kebo kalah sm sapi
lihat tuh anak pepoemoticon-Frown
Yg ngimpor daging kerbo dah keenakan dapet untung, orientasi mereka bukanlah untuk menurunkan harga daging sapi lagi. Nikmati ajalah negeri para mafia ini
10 tahun pertanian dan peternakan di kuasai pks, bukannya lebih baik malah tambah ancur emoticon-DP
ketua umum pks ketauan maling lagi gara2 daging sapi emoticon-DP
skg Jokowi kena imbasnya, beresin piring kotor bekas orang pks emoticon-DP
semoga Jokowi dan menterinya sabar dan kuat utk terus berjuang emoticon-Embarrassment
Daging sapi mahal, solusinya suruh makan daging kerbau.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di