alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
63 Tahanan KPK akan Ikut Mencoblos Pada 17 April
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb4ac6ba2d19578dc4d7b5b/63-tahanan-kpk-akan-ikut-mencoblos-pada-17-april

63 Tahanan KPK akan Ikut Mencoblos Pada 17 April

63 Tahanan KPK akan Ikut Mencoblos Pada 17 April

Jakarta, IDN Times - Walau sudah berstatus sebagai tersangka, namun bukan berarti tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kehilangan haknya untuk mencoblos pada pemilu 17 April mendatang. Menurut juru bicara KPK, Febri Diansyah, ada sekitar 63 tersangka kasus korupsi yang kini ditahan oleh lembaga antirasuah di tiga rutan berbeda yang akan menggunakan hak suaranya di TPS 012 Guntur. 

TPS tersebut, kata Febri, berlokasi di belakang gedung Merah Putih KPK. 

"Ke-63 orang itu berasal dari tersangka-tersangka kasus korupsi yang ditahan di rutan cabang KPK K4, rutan gedung lama KPK, dan rutan di Pomdam Jaya," ujar Febri ketika ditemui di gedung KPK pada Senin malam (15/4). 

Namun, angka tersangka yang ditahan KPK itu masih bisa bertambah karena belum ditambahkan dengan tahanan lain yang berada di luar tiga rutan tersebut. Sayangnya, Febri belum memiliki data mengenai total jumlah tahanan KPK di rutan lainnya. 

Lalu, siapa saja tahanan KPK yang sudah tercatat di DPT (Daftar Pemilih Tetap) TPS tersebut? Bagaimana dengan nasib mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy? Di mana dia akan menggunakan hak pilihnya? 


1. Idrus Marham hingga Bowo Sidik Pangarso tercatat di DPT
63 Tahanan KPK akan Ikut Mencoblos Pada 17 April
Juru bicara KPK, Febri Diansyah tidak bersedia memberikan data mengenai siapa saja nama-nama tahanan lembaga antirasuah yang menggunakan hak pilihnya pada Rabu (17/4). Namun, dari data yang dimiliki oleh IDN Times, beberapa nama seperti Bowo Sidik Pangarso, Idrus Marham, Wisnu Kuncoro, hingga tersangka korupsi jual beli jabatan di Kementerian Agama, Haris Hasanuddin dan Muhammad Muafaq diprediksi termasuk calon pemilih. Sementara, hingga saat ini, mantan Ketua PPP, Muhammad Romahurmuziy masih dirawat di RS Polri.

"Sampai hari ini masih pembantaran di RS Polri. Kami belum mengetahui apakah Rabu sudah kembali ke Rutan KPK," kata Febri di gedung KPK pada Senin malam (15/4). 


2. KPK tidak mengetahui apakah Rommy akan mencoblos di rutan KPK atau rumah sakit
63 Tahanan KPK akan Ikut Mencoblos Pada 17 April
Sementara, ketika ditanya apakah Rommy sudah mengalihkan proses pencoblosan dari rutan KPK ke RS Polri, Febri mengaku tidak tahu. Menurut mantan aktivis antikorupsi itu, pertanyaan tersebut seharusnya dijawab oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS). 

"Lagipula apabila ada pemindahan seharusnya pengajuan itu diajukan paling lambat 10 April lalu sesuai dengan aturan yang ada," kata Febri. 

Rommy sudah dibantarkan dan dirawat di RS Polri sejak (2/4) lalu karena menderita penyakit ambien. 


3. Dalam kondisi sakit Rommy mengajukan gugatan pra peradilan
63 Tahanan KPK akan Ikut Mencoblos Pada 17 April
Uniknya kendati Rommy dalam kondisi sakit, namun ia masih sanggup mengajukan gugata pra peradilan lantaran tidak puas dengan penangkapan yang dilakukan oleh lembaga antirasuah. Sidang perdana rencananya dijadwalkan pada (22/4) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

"Jadi, tersangka sudah mengajukan pra peradilan dan KPK sudah menerima surat dari pengadilan," kata Febri pada (10/4) lalu. 

Menurut kuasa hukum Maqdir Ismail, kliennya sejak awal sudah merasa dijebak, lantaran tidak tahu orang yang akan ditemuinya di Hotel Bumi, Surabaya tiba-tiba membawa uang. KPK mengaku siap menghadapi gugatan pra peradilan itu, lantaran sebelum melakukan penangkapan sudah dilandasi dengan bukti-bukti yang cukup.


4. Ada 472 napi di Lapas Sukamiskin yang akan ikut mencoblos pada pemilu 2019
63 Tahanan KPK akan Ikut Mencoblos Pada 17 April
Selain tahanan KPK, napi kasus korupsi yang kini ditahan di Lapas Sukamiskin, Bandung juga berhak mencoblos ketika pemilu pada Rabu esok. Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto mengatakan ada 472 napi yang bisa menggunakan hak pilihnya. 

"Sampai saat ini DPTb hampir seluruh WBP (warga binaan pemasyarakatan) bisa menyalurkan hak pilihnya," ujar Tejo ketika dikonfirmasi pada hari ini. 

Saat ini ada 483 napi kasus korupsi yang sedang ditahan di Lapas Sukamiskin. Namun, 11 orang di antaranya tidak bisa ikut mencoblos karena ada masalah pada NIK KTP. 

"Yang tidak memilih karena tidak memiliki NIK. Jadi 483 orang dikurangi 11 orang jadi 472 orang (yang mencoblos)," kata dia. 


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 63 Tahanan KPK akan Ikut Mencoblos Pada 17 April Menhan: Anggota TNI yang Tak Netral di Pemilu 2019 Akan Dipecat

- 63 Tahanan KPK akan Ikut Mencoblos Pada 17 April KPU Perbolehkan KPPS Isi Identitas Surat Suara dengan Stempel

- 63 Tahanan KPK akan Ikut Mencoblos Pada 17 April Wiranto Tepis Isu Eksodus WNI ke luar Negeri di Hari Pencoblosan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di