alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pencoblosan di Luar Negeri Kacau, KPU Tunggu Laporan Panwaslu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb48ed9f4d69556684ec35f/pencoblosan-di-luar-negeri-kacau-kpu-tunggu-laporan-panwaslu

Pencoblosan di Luar Negeri Kacau, KPU Tunggu Laporan Panwaslu

Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) memilih menunggu laporan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk menindaklanjuti permasalahan yang terjadi di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di luar negeri. Kekacauan, antara lain terjadi di TPS Sydney, Australia, serta Malaysia, dan Belanda.

"Kami serahkan kepada Panwas, kalau mereka rekomendasi (pemilih TPS di Sidney) disusul, bukan diulang mungkin ya, KPU bisa saja tindak lanjuti rekomendasi dari Panwas," kata Ilham kepada CNNIndonesia.com di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (14/4).

KPU saat ini tengah menunggu rekomendasi dari Panwaslu Sydney. Menurut Ilham, pemungutan suara masih dimungkinkan apabila ada rekomendasi dari panwas setempat dan masih ada surat suara.

Lihat juga:Pemilih Tak Tertampung, KPU Buka Opsi Coblos Ulang di Sydney

Sebelumnya, sejumlah warga negara Indonesia di Sydney mengeluhkan tak dapat menyalurkan hak pilihnya karena TPS sudah ditutup. Diduga pemilih yang gagal menyalurkan hak pilih tersebut masuk daftar pemilih khusus yang baru bisa mencoblos satu jam sebelum penutupan.

Sementara PPLN Sydney menyatakan bahwa secara umum pemungutan suara yang digelar pukul 08.00-18.00 waktu setempat berjalan lancar. PPLN mencatat jumlah pemilih di Australia mencapai sekitar 65 ribu orang.

Pemilih yang datang ke lokasi TPS mencapai puncaknya menjelang jam 17.00 atau waktu bagi DPKLN (Pemilih yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap) untuk melakukan pencoblosan.

Memasuki pukul 18.00, masih banyak pemilih DPKLN berkumpul di depan pintu masuk lokasi gedung TPS. Panitia berusaha memenuhi kapasitas maksimal gedung dengan pemilih yang datang.

Panitia menjelaskan bahwa pemilih yang berada di luar gedung telah diberi penjelasan bahwa waktu pencoblosan telah berakhir, namun pelayanan masih dilakukan pada pemilih yang sudah memasuki dan memenuhi gedung hingga pukul 19.00.

Selain di Sydney, permasalahan juga terjadi TPS di Selangor, Malaysia. Diduga sejumlah surat suara sudah tercoblos pada bagian gambar pasangan 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Lihat juga:Surat yang Sempat Tercoblos di Malaysia Kini Dianggap Sampah

Ilham menjelaskan pihaknya menunggu hasil investigasi polisi Diraja Malaysia mengenai kasus tersebut. KPU sempat datang ke Malaysia, namun tidak mendapat akses melihat barang bukti surat suara yang sudah tercoblos.

"Semua alhamdulillah lancar-lancar saja, sampai saat ini begitu ya (hanya Malaysia dan Sydney yang bermasalah). Ini masih ada yang proses, Eropa sedang berlangsung," kata Ilham.

Ilham melanjutkan, "Belanda yang begitu banyak lancar-lancar saja, jadi jangan dipukul rata seakan-akan semuanya seperti Sydney dan Malaysia. Sydney juga sebenarnya proses lancar, hanya saja ada beberapa orang tertentu yang tidak bisa memilih."

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...poran-panwaslu

Mengapa bisa kacau?
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Haha bobrok emoticon-Ngakak (S)
gak semua juga dicairo terlaksana dengan tertip dan lancar(melaporkan langsung dari kbri cairo)
Pencoblosan di Luar Negeri Kacau, KPU Tunggu Laporan Panwaslu


emoticon-Mewek
Harusnya ya taulah gimana ngantisipasinya. Pemilih banyak, waktu terbatas. Harusnya dipikir dulu gimana alurnya biar efektif.

Buat yang di Indo jadikan ini pelajaran, jangan sampe kejadian ntar pas antri ternyata udah ga bisa emoticon-Ngakak (S) Dateng pagi pas nyoblos.

Panitianya juga harus pro-aktif sosialisasi, jangan mentang-mentang hari tenang panitia pemilu tenang-tenang juga. Itu ane liat di IG KPU RI malah komentar dibatesin. Buat apaaa?! emoticon-Goyang
Bnyk antek2 kampret di malay, aussie n jepang

Deligitimasi? Skrg mrk fokus mengacaukan jalannya pemilihan.. waspadalah waspadalah
kunyuk2 02 mana mau tau, buat mereka curang, kacau dan rusuh adalah prosedur utama untuk menang
Pencoblosan di Luar Negeri Kacau, KPU Tunggu Laporan Panwaslu


emoticon-Blue Guy Bata (L)
#IndonesiaCurang
Yang curang siapa, yang rusuh siapa..

prabowo lagi yang salah emoticon-Sorry
Pemilu saja curangi rakyat apalagi kalau sudah mimpin negeri? emoticon-Cool
pertarungan terakhir pada habis2 an. klo kalah jgn pada kalap ya. hrs terima kenyataan
Balasan post odoel
Menurut kamu siapa yang bakalan menang?
Udah pada gk sungkan utk mencari keributan ini. emoticon-Ngakak (S) Kalau ada rasa sungkan pasti cari cara agar pemilu ttp berjalan lancar tanpa masalah. Ini mah kbykn "bodo amat, tugas selesai!" emoticon-Ngakak (S)
Kpunya ga profesional, padahal udah dikasih anggaran gede.
Tipikal indon.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di