alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Peneliti: Utang Era SBY Tumbuh 14 Persen, Jokowi 7 Persen
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb46c15337f93383e6d5bae/peneliti-utang-era-sby-tumbuh-14-persen-jokowi-7-persen

Peneliti: Utang Era SBY Tumbuh 14 Persen, Jokowi 7 Persen

Turunkan rezim tukang ngutang! Coblos No.2 PADI

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3...kowi-7-persen#

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti di Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Yusuf Rendy Manilet mengatakan, pemimpin Indonesia dalam lima tahun mendatang harus melakukan dua hal agar ekonomi Indonesia membaik.

Pertama, dari asumsi makro dan kedua mengenai pengendalian pertumbuhan utang. Utang, kata Yusuf, masih sesuatu yang harus dikendalikan walaupun kondisi utang Indonesia masih relatif aman.

Menurut dia, utang pada pemerintah Jokowi hanya tumbuh sebesar 7 persen berbeda dengan 2004 hingga 2014 yaitu saat kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) utang tumbuh 14 persen.

"Mengenai utang, setiap tahun pertumbuhan utang rata-rata 7 persen. Ini lebih rendah dari 2004 hingga 2014 yang mencapai 14 persen," ujar Yusuf saat memberi paparan jumpa pers di Hongkong Cafe, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Yusuf mengatakan, meskipun ada pertumbuhan utang yang berbeda, hingga kini utang Indonesia relatif aman karena masih dalam batas sekitar 30 persen dari pendapatan domestik bruto (PDB). Angka ini tentu lebih rendah jika dibandingkan dengan Jepang sebesar 120 persen.

"Ketika bicara utang, narasi adalah utang relatif aman. Saya setuju karena utang berada di kisaran 30 persen dari PDB, bandingkan dengan Jepang, mereka sekitar 120 persen," ujar dia.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
bener dong, salah presiden sebelumnya emoticon-Leh Uga
SBY 2 periode jokowi belum 1 periode sudah 1/2nya SBY emoticon-Leh Uga
Lah biasanya liat dari ratio
kalo dihitung sama saja, jika dua periode jatuhnya 14 persen juga...

emoticon-Leh Uga
udah eh hari tenang eh.
Makanya pilih jokowi lg.

Biar genderuwo bisa ngolokin jokowi kayak sala presiden sebelumnya

emoticon-Leh Uga
Itu 14% udah termasuk beban negara ngangkat 1,1 juta PNS buat melanggengkan pemilihan si kebo ga?

emoticon-Leh Uga
14% 2 periode
7% 1 periode

emoticon-Ngakak
Balasan post kaum.milenial
Bukannya ada tulisan per tahun? Ente baca gk?
Mengenai utang, setiap tahun pertumbuhan utang rata-rata 7 persen. Ini lebih rendah dari 2004 hingga 2014 yang mencapai 14 persen,"

ga ngerti, brarti 5 th wiwi : 5x7 = 35%, sementara sby 10 th 14% ( ato itungannya 10x14??)
Balasan post samudra6969
Cara ngitungnya ya ga gitu, 7% itu udah rata2 pertumbuhan utang per tahun

Kalau ga ada yg berubaj dari cara utang pakdhe, ya 2 periode juga rata2 pertumbuhannya tetap di kisaran 7%

Kecuali nih tiba2 di periode 2 utangnya tumbih rata2 jadi 21% maka ttotal 10 tahun bisa naik jadi 14% rata2nya



Semoga paham cara ngitungnya
Quote:


Quote:


emoticon-Leh Uga skakmat
Peneliti: Utang Era SBY Tumbuh 14 Persen, Jokowi 7 Persen

gw gak tau itu 2004-2014 naik rata-rata 14% per tahun ngitungnya gimana, tapi kalau gw itung sendiri

dari tahun 2004 ke 2005 naik 1,07%
dari tahun 2005 ke 2006 turun 0,86%
dari tahun 2006 ke 2007 naik 6,70%
dari tahun 2007 ke 2008 naik 17,80%
dari tahun 2008 ke 2009 turun 2,89%
dari tahun 2009 ke 2010 naik 5,37%
dari tahun 2010 ke 2011 naik 7,59%
dari tahun 2011 ke 2012 naik 9,54%
dari tahun 2012 ke 2013 naik 20,04%
dari tahun 2013 ke 2014 naik 9,84%

kalau di rata-rata 7,41% per tahun
paling besar tahun 2008 sama 2013
2008 karena ada krisis supreme mortgage
2013 karena imbas tapering-off QE
Quote:


lah kan dihitungnya pro rate per tahun..
Well, ini hanya berarti setidaknya Jokowi tahu cara main hutang dan bisa mengendalikannya. Not bad.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di