alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Darmin Ngotot Impor Bawang China
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb459edf4d6950d645a2dbf/darmin-ngotot-impor-bawang-china

Darmin Ngotot Impor Bawang China

Darmin Ngotot Impor Bawang China

Silang pendapat di tubuh pemerintah terkait wacana impor bawang putih China sebanyak 100 ribu ton masih jauh dari kata selesai. Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang kompak menolak impor, harus berhadapan dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang lantang menyuarakan impor akan tetap nerjalan sesuai rencana.
 
Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan keputusan menunjuk Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) sebagai pelaksana impor bawang telah disepakat sebelumnyai dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di Kemenko Perekonomian. Keputusan di tingkat tersebut tidak bisa dibatalkan begitu saja.

"Membatalkan? Mana bisa dibatalkan itu, belum direalisasikan," tegasnya, akhir pekan lalu.

Meski memastikan akan jalan terus, ia mengaku belum mengetahui penyebab mengapa Kemendag belum kunjung mengeluarkan izin impor kepada Perum Bulog. “Tanya saja Menteri Perdagangan kenapa belum direalisasikan. Tetapi kalau dibatalkan itu tidak bisa. Itu di kantor saya, itu diputuskan dalam rakor,” kata Darmin.

Seperti diketahui, impor bawang putih ini tengah menjadi masalah. Hal tersebut menyusul naiknya harga komoditas tersebut di pasaran tengah merangkak naik hingga mencapai titik Rp45 ribu-Rp53 ribu per kilogram (kg) di tingkat pedagang akhir di beberapa daerah.

Untuk menurunkan harga ke level normal Rp20 ribu-Rp25 ribu per kg, pemerintah telah menunjuk Bulog untuk mengimpor bawang putih asal China sebanyak 100.000 ton demi mengendalikan harga bawang putih di pasaran.

Darmin Ngotot Impor Bawang China

Perum Bulog sebagai pihak yang ditunjuk menyatakan menyanggupi penugasan impor bawang putih dengan menyiapkan anggaran sekitar Rp500 miliar.

Suara di tubuh pemerintah sendiri terpecah. Berseberangan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta impor bawang putih tidak dilakukan demi melindungi kepentingan petani. Ia bilang, pihaknya tidak bisa membiarkan impor dilakukan dengan semena-mena.

Apalagi fakta menunjukkan porsi impor bawang putih berbanding produksi dalam negeri makin timpang. Pada tahun 1998 persentase impor bawang putih hanya 10%-20%, sementara pada 2014 melonjak menjadi 96%. Tidak ada jalan lain, petani harus harus didorong untuk beproduksi.

Kemendag sendiri mengaku belum menerima pengajuan izin impor bawang putih dari Bulog, dikarenakan entitas yang bersangkutan belum mendapatkan rekomendasi impor dari Kementan.

Kendati demikian, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita Kemendag memastikan akan menolak impor bawang putih karena jumlah stok yang dinilai masih cukup dan mempertimbangkan nasib petani. Apalagi kondisi ketersediaan bawang putih saat ini belum mencapai titik darurat atau emergency.

Sebagai langkah lanjut, pihaknya telah meminta para importir mengeluarkan stok bawang putih yang hingga saat ini masih tersimpan di gudang masing-masing.

Tertunda Bukan Karena Kartel

Darmin Ngotot Impor Bawang China

Sementara itu, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menegaskan impor bawang putih yang hingga kini belum dilaksanakan oleh Perum Bulog bukan lantaran terganjal dugaan kartel yang saat ini tengah diteliti lembaga tersebut.

Juru Bicara dan Anggota Komisioner KPPU Guntur Syahputra Saragih mengatakan berdasarkan informasi yang diterima Kementan dan Kemendag, kedua kementerian teknis itu memang masih perlu waktu untuk mengkaji rekomendasi dan izin impor bagi Bulog.

Ia mengungkapkan, Kementan masih perlu waktu untuk melakukan verifikasi terhadap status tanam bawang putih yang dilakukan para perusahaan swasta. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan swasta bisa mendapat rekomendasi izin impor dari Kementan. Bila izin impor diberikan, maka perusahaan swasta ini yang bakal melakukan impor, bukan Perum Bulog.

Belum finalnya proses verifikasi membuat Kementan belum memberikan rekomendasi kepada Kemendag selaku kementerian teknis pemberi izin impor.

"Kami sudah minta keterangan keduanya, katanya ada soal keterlambatan (verifikasi) dari Kementan terkait 5% volume tanam (dari perusahaan swasta yang boleh impor)," ungkapnya.

Acuan:

Darmin: Impor Bawang Putih Bukan Batal, Belum Direalisasikan

KPPU Sebut Dugaan Kartel Tak Hambat Impor Bawang Putih

Pemerintah Seharusnya Tidak Impor Bawang Putih
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kualiats bawang putih china memang terbaik di dunia ini ...

banyak negara2 di dunia yg impor bawang putih china itu
Diubah oleh bpln.leader
betul itu kata prabowo, contoh cina biar ga dimanfaatin cinak terus2an emoticon-Imlek
Janji tidak impor
untuk yg ini gw setuju sama darmin, produksi bawang putih dalam negeri memang tidak mencukupi

klo ga impor, terus gmn mau memenuhi permintaan pasar, sedangkan mendongkrak produksi itu ga instan emoticon-Traveller
kppu itu fungsinya diluar persaingan usaha ada fungsi filosifisnya mencegah korupsi terjadi juga loh.

masih ingat kan dulu tentang lelang jalan berbayar di jakarta itu yang dibatasi untuk tertentu dan kppu juga tidak setuju.

ini posisi susah antara bawang menjelang bulan puasa yang mahal nanti jadi harus impor tanpa wajib panen atau dengar kppu.

emoticon-Turut Berduka

mana banyak banget lagi sampai 100rb ton gitu,jadi harus gimana baiknya ini juga dah mumet kok.

emoticon-Hammer2
udah, disetop aja.

yang kafir santay kok, kalo ngga mampu beli ya dikurangi konsumsinya.

yang hobi ribut ketika harga naik dan teriak kencang salahin kiri kanan atas bawah barat timur aseng asing kan anasirnya mayoritas.emoticon-Traveller
tega kalian petani bawang di brebes sampe mewek2 berhutang 15jeti dgn jaminan rumah ortunya?? emoticon-Mewek




oh itu kan cuma sandiwariauno emoticon-Malu
Diubah oleh cipokan.yuk
Darmin Ngotot Impor Bawang China
Balasan post kudo212
Quote:


Betul, ane juga setuju gan.. Emang masih perlu impor kita.. Cuma 100 ribu ton itu besar banget.. masa lebih dari 90% bawang putih kita impor.. Aneh juga kan
Balasan post sukhoivsf22
Quote:


Impor okelah, tp jangan sebanyak itu..
Kemenko vs kementan & kemendag (tumben akur)
Balasan post nikelmahardi
Quote:


Betul boss.. 96% itu sama aja hampir gak ada produksi.. Malu2in lah


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di