alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Aparat jamin keamanan pemilih selama pemilu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb4410ca727684f787bafce/aparat-jamin-keamanan-pemilih-selama-pemilu

Aparat jamin keamanan pemilih selama pemilu

Aparat jamin keamanan pemilih selama pemilu
Prajurit TNI dan personel Polri melaksanakan Apel Patroli Skala Besar TNI-Polri di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019). TNI dan Polri menegaskan siap mengamankan pelaksanaan Pemilu serentak pada Rabu (17/4/2019).
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, menginstruksikan jajaran lembaga dan kementerian di bawahnya untuk menjamin keamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yang akan berlangsung pada Rabu (17/4) di seluruh Indonesia.

Instruksi tersebut diungkapkannya saat membuka rapat koordinasi kesiapan akhir dalam rangka pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara Pileg dan Pilpres tahun 2019 di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (15/4).

Ada enam instruksi dari Wiranto kepada seluruh jajarannya untuk menjamin keamanan pelaksanaan Pemilu 2019 ini.

Pertama menciptakan ruang aman bagi para pemilih. "Yang pertama, berikan dan ciptakan ruang yang aman bagi para pemilih untuk dapat bergerak, berangkat dari rumah ke TPS, untuk melaksanakan pemilihan tanpa tekanan. Ini seusai dengan amanat pemilu kita," tegas Wiranto.

Kedua, mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) itu menginstruksikan agar para penyelenggaraan pemilu dibantu para petugas apabila ada sesuatu yang perlu dibantu. "Bantu mereka," imbuhnya.

Ketiga, seluruh aparat diperintahkan untuk memasang mata dan telinga. "Netralisir setiap indikasi yang mengganggu pemilu, terutama di TPS-TPS. Cari, temukan, dan atasi, sebelum mereka melaksanakan kegiatan yang mengganggu pemilu dan pemilih," tandasnya.

Keempat, Wiranto menginstruksikan untuk mengawal mobilisasi dan penghitungan suara secara ketat. "Untuk tidak ada gangguan atau menghindari kecurangan-kecurangan yang dapat mengganggu jalannya perhitungan suara," tambahnya.

Kelima, dia kembali mewanti-wanti soal netralitas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). "Ini sudah berkali-kali disampaikan oleh Panglima TNI dan Kapolri, jaga netralitas sebagai aparat keamanan yang baik dan terpercaya," tegas Wiranto.

Keenam, Wiranto mengingatkan moto yang pernah disampaikannya. "Mengamankan pemilu adalah kehormatan. Pemilu sukses adalah kebanggaan kita sebagai bangsa," pungkasnya.

Dalam rapat itu, digelar jugavideo conference dengan aparat keamanan di tingkat daerah seluruh Indonesia secara tertutup.

Rapat tersebut dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua Bawaslu Abhan, Ketua KPU Arief Budiman, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, Jaksa Agung Prasetyo, Menkominfo Rudiantara, Kepala BSSN Joko Setiadi, serta para pejabat kementerian/lembaga lainnya.

Pemilu pada 17 April nanti akan digelar di 810.329 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 34 Provinsi, serta 514 Kabupaten/Kota, dan 7.201 Kecamatan. Total pemilih mencapai 190.779.969 orang. Pelaksanaannya akan dikawal 593.812 personel TNI dan Polri.

Dari data KPU yang diolah tim Lokadata Beritagar.id, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 sebanyak 190.770.329 pemilih. Provinsi Jawa Barat memiliki jumlah pemilih terbanyak, yakni 33.270.845 pemilih.

Jawa Timur memiliki jumlah pemilih terbanyak kedua, yakni 30.912.994. Sementara, provinsi dengan jumlah pemilih paling sedikit adalah Kalimantan Utara, 450.108 pemilih.
Aparat keamanan bersiaga
Menjelang pelaksanaan pemilu, Polri bersama TNI menggelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu 2019 di Jakarta Internasional Expo (JIE) Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (13/4).

Apel pasukan itu dihadiri puluhan ribu personel gabungan TNI-Polri dan dipimpin Kapolri beserta Panglima TNI. Apel tersebut juga dihadiri para pejabat utama Mabes Polri, Mabes TNI, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya.

Apel serupa digelar di semua daerah, satu di antaranya di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Kapolres Tasikmalaya AKBP Doni Eka Putra menyebutkan, ada 700 anggota gabungan TNI, Polri dan Linmas untuk pengamanan 5.190 TPS.

Selama menjalankan tugas, kata Doni, polisi akan menggunakan seragam dan membawa senjata lengkap. Bahkan sesuai arahan, polisi berhak melakukan tindakan tegas terukur jika ada pengacau.

"Kalau ancam masyarakat yang akan berikan hak pilihnya, tembak di tempat. Jadi yang ditembak itu jika mengancam pemilih yang akan mencoblos, misal melukai dengan senjata tajam," ujar Doni seperti dikutip detikcom.

Beragam kesiagaan dilakukan aparat di daerah, Kapolres Sukabumi AKBP Narsiadi mengatakan, jajarannya juga menyiapkan peralatan SAR ringan untuk memantau situasi pencoblosan di titik rawan bencana.

"Ada personel yang dibekali peralatan penanganan darurat kebencanaan. Ini untuk titik-titik rawan bencana. Setiap tim nantinya akan bergabung dengan polsek di setiap rayon," ujar Narsiadi di Mapolres Sukabumi, Senin(15/4).

Untuk diketahui, Pasal 511 Undang-Undang 7 Tahun 2017, menegaskan, menghalang-halangi pemilih bisa dijerat sanksi pidana. Pasal tersebut berbunyi:

"Setiap orang yang dengan kekerasan, dengan ancaman kekerasan, atau dengan menggunakan kekuasaan yang ada padanya pada saat pendaftaran Pemilih menghalangi seseorang untuk terdaftar sebagai Pemilih dalam Pemilu menurut Undang-Undang ini dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling banyak Rp36.000.000."
Aparat jamin keamanan pemilih selama pemilu


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-selama-pemilu

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Aparat jamin keamanan pemilih selama pemilu Anda juga akan mencoblos calon senator

- Aparat jamin keamanan pemilih selama pemilu Kompromi ulang investasi Arab Saudi di Cilacap

- Aparat jamin keamanan pemilih selama pemilu 1.400 Orang belum memilih di Sydney

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di