alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
“Sexy Killers”, Ungkap Sisi Gelap Industri Batubara dan Pembangunan PLTU
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb4393aa2d19544991ab930/sexy-killers-ungkap-sisi-gelap-industri-batubara-dan-pembangunan-pltu

“Sexy Killers”, Ungkap Sisi Gelap Industri Batubara dan Pembangunan PLTU

“Sexy Killers”, Ungkap Sisi Gelap Industri Batubara dan Pembangunan PLTU

Sebuah film dokumenter, Sexy Killers, kini tengah merambah di Tanah Air. Film dokumenter produksi WatchdoC Documentary yang merupakan karya kolaborasi Ekspedisi Indonesia Biru melibatkan 13 videografer, 5 pilot drone, dan 2 underwater fotografer itu telah diputar serentak, setidaknya di 17 kota di Indonesia.

Pemutaran atau nonton bareng (Nobar) dilangsungkan antara 5 – 13 April 2019. Tak heran jika demam  menonton bareng film Sexy Killer mulai merambah kalangan intelektual kampus, aktivis lingkungan, hingga komunitas urban.

Film dokumenter garapan Watchdoc ini dinilai menjadi tontonan bermutu dalam mengungkap sisi gelap industri tambang batubara dan pembangunan PLTU di Indonesia. 

Film yang dihasilkan dua jurnalis Dandy Dwi Laksono dan Ucok Suparta, setelah setahun mengelilingi Indonesia sejak 1 Januari-Desember 2015 ini merupakan film produksi Watchdoc ke-12, lanjutan dari film-film sebelumnya seperti Samin vs Semen (2015), Kala Benoa (2015), The Mahuzes (2015) dan Asimetris (2018).

Sexy Killers menampilkan adanya keterlibatan para pejabat dan purnawirawan di sektor pertambangan batu bara dan perkebunan kelapa sawit. Mereka terlibat secara aktif sebagai direksi, komisaris, pemilik saham, dan sebagainya.

Keterlibatan para pejabat ini secara tidak langsung menjadi alasan mengapa pemerintah seakan tidak menunjukkan komitmen yang kuat. Kondisi itu setidaknya juga tercermin di Provinsi Kalimantan Selatan.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalimantan Selatan, Kisworo Dwi Cahyono menanggapi kehadiran Sexy Killers membuka mata khalayak bahwa industri tambang batu bara memang lebih membawa dampak buruk kepada masyarakat.

Di Kalsel, ia menyinggung soal maraknya pertambangan dan industri kelapa sawit, khususnya di areal Pegunungan Meratus. Sesuai data, Walhi Kalsel mencatat dua industri skala besar tersebut sudah merambah setengah lahan wilayah provinsi seluas 37.530,52 km². Kata Kisworo, setengah wilayah Kalsel yang sudah rusak ini tentu menjadi masalah jika seluruh elite politik juga masuk dalam oligarki tambang batubara.

“Artinya, alih-alih mendapatkan peluang, masyarakat Kalsel justru cuma memperoleh ancaman kerusakan lingkungan hidup jika penguasa,” ucap Cak Kiss, sapaan akrab aktivis lingkungan ini.

Apalagi, bisnis pertambangan batu bara memang selalu bikin ‘silau’ mata para pengusaha. Namun, tidak untuk masyarakat yang terdampak. Alih-alih dapat untung, warga sekitar justru banyak merugi.

Potret muram inilah yang coba digambarkan dalam film dokumenter Sexy Killers ini. Pada film ini,  jurnalis Dandhy Dwi Laksoso dan Suparta mencoba menghubungkan bagaimana para elite politik Indonesia saling bekerjasama dalam bisnis pertambangan batu bara. Serta bagaimana seharusnya masyarakat Indonesia mencari energi terbarukan seperti penggunaan solar cell system.

Melalui film dokumenter Sexy Killers ini diharapkan akan membuka mata kaum urban yang selama ini menikmati aliran listrik dari PLTU penuh konflik dan intrik dalam mendapatkan bahan bakunya berupa batubara.

Listrik Indonesia kurang lebih 50% di topang dari PLTU yang bersumber dari bahan batubara hal ini terjadi karena batubara adalah bahan baku pembangkit listrik termurah dibandingkan dengan minyak bumi, gas, angin maupun panel surya.

Kondisi inilah yang memicu maraknya pertambangan batubara, seperti di Kalimantan khususnya Kalimantan Timur. Padahal pertambahan membawa dampak negatif ke lingkungan sekitar.




Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
hmm,,,
Kutukan sumber daya alam.
Seharusnya pembangkit listrik nuklir lebih bersih dan lebih murah daripada batu bara.
Cuman berani ga kita mencoba bikin reaktor nuklir dgn melihat kejadian di Jepang
Monggo ditonton
Capres Mana yg mau setop tambang batu bara???

Ada?
Ada?
pengusaha + aparat + penguasa = ????

sesuai slogan ane waktu dulu suka demo; "perut buncit rakyat menjerit satwa terjepit"
Obat untuk para diehard 01 02 emoticon-Angkat Beer


Nurhadialdo. SEMAQUEEN YAQUEEN

Edit : baguslah jadi hate.. biar ebong kampret pada liat.. ngapain gitu loh pada gontok2an.. toh elit yang menikmati...
Diubah oleh victimaye
Kalimantan seperti tumbal bagi wilayah lain di Indonesia.
kutukan..
Trus harus beli green energi yg teknologinya notabene punya negara maju ? emoticon-Busa

Dlu juga negara maju bakar2 pake batu bara..skrng giliran negara berkembang kek indonesia dong.. masa enak dimereka mulu emoticon-Mad bawa2 isu lingkungan biar dagangan mereka laku emoticon-Busa

Gw bkn gak pro lingkungan namun ada fasenya untuk itu emoticon-Big Grin
Diubah oleh ruuuruuu
Quote:


Jangan ah,dimari apa-apa dikorup.
Yang muda mabuk,yang tua korup. Jayalah negeri ini,jayalah negeri ini.
Diubah oleh saya.kira
Tanah air
Tanah dikuasai real estate
Air dikuasai akua
Semalem gw nonton sih, mengingatkan pada masa2 berjuang.
Sekarang ngikut arus jadi kapitalis emoticon-Wkwkwk
Quote:


Mungkin kalau ada daerah yang stabil dan punya lower chance of being hit by natural disaster, baru kita bisa membangun reaktor nuklir
jurnalis tipu2, dulu bagus sekarang busuk.
kalau jurnalis maka harus cover both sides, ini cuma ambil sisi yang dukung pendapat dia doang. nggak heran di sosmed, dia blok semua orang yang beri pertanyaan kritis atau beri kritik pada film dia.
up up
profile-picture
ibuumi memberi reputasi
nunggu batubara abis, baru kita pake energi nuklir!
emoticon-Travelleremoticon-Ngacir
Quote:


Sistem komunis semua aset dikuasai negara.

Sistem diktator semua aset dan manusianya dikuasai seorang.

Sistem demokrasi semua aset banyak masyarakat kepemilikan namun ujung2nya karena butuh duit buat gaya hidup dan mobil dijual ke pemerintah, akhirnya digondol juga.

Sistem kapitalis aset dikelola swasta, tapi pajak bikin seret gaji dari atas ampe bawah.

Sistem new world order, semua dikuasai 1 negara setelah bergabung menjadi 1, yaitu negara manusia spesies di bumi, satu mata uang, satu planesionalisme, satu bahasa yang disepakati.

Dengan ini kita akan dengan mudah menguasai mars untuk kolonisasi dan titan untuk sumber daya bahan bakar interstellar.

Udah? Udah? Pilih nomor 11 anti korupsi (katanya).

emoticon-Ngakak
ya gimana lagi sollar cell emang mahal nuklir juga rawan gempa,,,,,,jadi inget game sim city dimana generator bener2 sulit pengaplikasianya emoticon-Cape d...
menurut ane kesadaran masyarakat emang berperan banyak disini
Quote:


Ya Kalimantan

Pulau yg relatif lebih aman dari bencana dibanding daerah lain di Indonesia

Gak dilewatin ring of fire juga
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di