alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kementan Upayakan Akses Pasar Nanas ke Tiongkok
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb437f9c820847c74073383/kementan-upayakan-akses-pasar-nanas-ke-tiongkok

Kementan Upayakan Akses Pasar Nanas ke Tiongkok

kses pasar nanas asal Indonesia ke Tiongkok hingga saat ini masih dalam proses negosiasi. Protokol kerja sama karantina kedua negara masih dalam proses. Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil mengatakan Karantina Tiongkok dalam hal ini General Administration and Customs of the Republic of China (GACC) telah berkomitmen untuk memprioritaskan nanas asal Indonesia masuk ke negaranya.
"Alhamdulilah, kami sudah masuki tahap akhir. Semoga dalam waktu dekat nanas dan buah naga kita dapat tembus pasar Tiongkok," kata Ali Jamil saat menyambangi produsen nanas olahan, Great Giant Pineapple, di Terbanggibesar, Lampung Tengah, beberapa waktu lalu.

 

Jamil menyampaikan sebagai tindak lanjut kerja sama ekspor nanas ke Tiongkok ini, harmonisasi protokol karantina kedua negara akan segera ditandatangani pada penghujung April 2019, diagendakan bersamaan dengan kunjungan balasan Presiden Joko Widodo ke Tiongkok.
Government Relations and External Affair Director GGP Welly Soegiono mengapresiasi upaya yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Barantan untuk membuka akses pasar buah khususnya nanas. Menurutnya, jika ekspor nanas bisa masuk ke Tiongkok, Indonesia bisa memperoleh devisa tambahan sebesar 50 juta dolar.
“Peluang pangsa pasarnya sangat besar, jangan sampai kita kalah dari negara produsen nanas lainnya,” ujar Welly.
Selain nanas olahan, saat ini GGP juga tengah fokus mengembangkan pasar pisang segar. Kedua buah ini menjadi komoditas ekspor unggulan asal Lampung ke negara-negara di benua Eropa, Timur Tengah, Asia, dan Asia Tenggara. Kementan merilis eksportasi nanas dan pisang meningkat pesat dalam kurun empat tahun terakhir, masing-masing 1.520% dan 706,2%.
Guna menjaga daya saing produk nasional di pasar global, Jamil menambahkan perlu adanya upaya percepatan layanan perkarantinaan. Selain pengembangan layanan berbasis online, layanan inline inspection juga terus ditingkatkan. Salah satunya, melalui layanan tindakan karantina dengan pendekatan sistem mitigasi risiko (control approach system on risk management) di gudang pemilik.
"Petugas kami yang datang. Lebih cepat, namun tetap mematuhi persyaratan perkarantinaan negara mitra dagang," ujarnya.


http://www.lampost.co/berita-kementa...-tiongkok.html

akses gan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Upaya yang bagus
kita udah ekspor pisang tegang keras betol ke arab, tp cuma sebiji, kecil pula emoticon-Malu
nanas mentah doang ?

yg olahannya kapan...??


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di