alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Anda juga akan mencoblos calon senator
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb435cce83c7226ec1101ae/anda-juga-akan-mencoblos-calon-senator

Anda juga akan mencoblos calon senator

Anda juga akan mencoblos calon senator
Pemilu 2019 bukan cuma memilih capes dan caleg. Anda juga akan mencoblos calon anggota DPD. Akan terpilih empat orang dari provinsi Anda.
Uh! Senator? Ya, sebutan itu ada dalam politik Indonesia. Senator adalah sebutan untuk anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Memang dalam UU Pemilu tak ada istilah senator. Namun dalam diskusi politik istilah itu hadir. Bahkan dalam laman resmi DPD 2014-2019 pun ada sebutan senator — artinya anggota senat.

Rabu Pahing 17 April besok Anda akan memegang lima jenis kertas suara di tempat pemungutan suara. Salah satunya, yang berwarna merah, adalah lembar berisi calon senator yang mewakili provinsi Anda.

Siapa sajakah mereka, yang akan berebut empat kursi atas nama provinsi, semoga sudah Anda kenal dari media dan poster di pohon trembesi tepi jalan dan tembok, serta baliho dekat warung bakso di pengkolan.

Terus lembaga bernama DPD itu sebetulnya apa? Laman resmi DPD memuat visi dan misi. Untuk visi, yang dinyatakan dalam satu kalimat, mengandung 30 kata dalam 248 karakter (termasuk 29 spasi). Jika diringkas, visi DPD adalah memperjuangkan aspirasi daerah.

Jika Anda belum begitu mengenal calon senator Anda, sila unduh di laman daftar calon anggota DPD untuk Pemilu 2019.

Tampak dalam daftar tersebut, dari DKI Jakarta ada 46 calon senator. Dari Papua ada 34 calon senator, dan dari Papua Barat tersedia 30 calon senator. Sedangkan dari Jawa Barat tersaji 69 calon senator.

Mereka mewakili daerah, bukan mewakili partai. Maka komisioner KPU Hasyim Asy'ari pekan lalu (5/4/2019) di Jakarta menjamin tak ada nama Osman Sapta Odang (OSO) dalam kertas suara." (→ detikcom).

OSO (68) adalah ketua umum Partai Hanura yang juga ketua DPD sejak 2017. Putusan Mahkamah Konstitusi No. 30/PUU-XVI/2018 melarang pengurus partai politik merangkap jabatan sebagai anggota DPD. Pengecualian berlaku jika orang tersebut mengundurkan diri dari partai.

Dalam daftar calon senator Kalimantan Barat, yang berisi 40 nama, memang tak ada OSO. Provinsi itulah yang diwakili OSO dalam DPD 2014-2019.
Anda juga akan mencoblos calon senator


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-calon-senator

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Anda juga akan mencoblos calon senator Kompromi ulang investasi Arab Saudi di Cilacap

- Anda juga akan mencoblos calon senator 1.400 Orang belum memilih di Sydney

- Anda juga akan mencoblos calon senator Peran perempuan bekerja penting, tapi jumlahnya minim

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di