alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb42ed1af7e935e062dcb81/belum-tentu-malas-6-alasan-suka-tunda-pekerjaan-menurut-psikologi

Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi

Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi

Menunda pekerjaan atau sering disebut prokrastinasi adalah perilaku yang banyak dilakukan seseorang, mungkin salah satunya kamu. Tugas yang terpampang di depan mata tidak langsung dikerjakan, menundanya beberapa jam bahkan berhari-hari sampai gak terasa deadline sudah dekat. Seseorang menunda pekerjaan bisa karena banyak penyebab.

Dilansir dari time, menurut kepala American Psychological Association’s Center Organizational Excellence, David Ballard, prokrastinasi bukan hanya menghindari atau menunda pekerjaan, tapi juga melibatkan hal yang tidak penting atau tidak produktif. Jadi seseorang menunda pekerjaan dan melakukan hal lain yang tidak penting. Seseorang harus menemukan cara agar menunda pekerjaan tidak menjadi kebiasaan.

Untuk bisa menemukan strategi melawan kebiasaan menunda pekerjaan, kamu harus tahu dulu alasanmu sering menunda pekerjaan. Tidak hanya karena kemalasan, menunda pekerjaan juga bisa disebabkan hal lain. Berikut beberapa alasan seseorang suka menunda pekerjaan menurut David Ballard.


1. Masalah pemilihan waktu
Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi
Tidak semua orang bisa produktif dalam segala situasi dan setiap waktu. Ada tipe orang yang bisa lebih fokus pada waktu-waktu tertentu, misalnya pagi hari saat suasana masih hening. Sehingga akan menunda mengerjakan tugas sampai waktu tersebut karena khawatir tidak akan fokus jika mengerjakannya di waktu lain.

Jika kamu memang punya waktu tertentu untuk bisa lebih produktif, tidak apa kamu menundanya hingga waktu produktifmu. Asalkan kamu benar-benar mengerjakannya jika sudah waktunya. Daripada kamu memaksakan mengerjakan tugas di waktu yang tidak tepat dan malah membuatmu stres.


2. Tugas yang terlalu sulit
Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi
Beberapa orang menunda pekerjaan karena menganggap tugasnya terlalu sulit dan tidak bisa dia kerjakan dengan sempurna. Jika hal itu terjadi maka cobalah untuk membagi tugas tersebut menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dikerjakan. Dengan begitu beban tugasmu akan berkurang sedikit demi sedikit.


3. Tidak memahami pentingnya tugas tersebut
Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi
Kadang seseorang tidak mengerti manfaat dan pentingnya suatu tugas sampai deadline sudah dekat sehingga terus-terusan menunda mengerjakannya. Untuk menyiasati hal tersebut bisa dengan membagi tugas menjadi beberapa bagian. Kerjakan yang mudah dulu. Dan berikan hadiah untuk diri sendiri jika berhasil mengerjakannya.

Agar tidak bosan kamu bisa menjadwalkan hal-hal yang kamu anggap menyenangkan di sela mengerjakan tugas tersebut untuk mengusir rasa bosan. Misalnya dengan jalan-jalan keluar beberapa menit. Dengan begitu mungkin bisa membantumu menyadari manfaat dan pentingnya tugas tersebut.


4. Mudah terdistraksi
Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi
Ada tipe orang yang mudah terganggu dengan hal lain. Misalnya saat membuka laptop untuk mengerjakan tugas dan tidak sengaja melihat logo media sosial lalu malah membuka media sosial hingga lupa waktu. Untuk menghindari hal tersebut, matikan semua notifikasi gadget agar tidak ada yang mengganggu.

Selain itu juga hindari multi tasking atau mengerjakan beberapa tugas dalam satu waktu. Lebih baik mengerjakan satu tugas dulu sampai tuntas lalu ganti ke tugas lain agar merasa puas dengan selesainya suatu tugas. Sebelum mengerjakan tugas yang lain ada baiknya istirahat dulu sebentar untuk merefresh badan dan pikiran.


5. Sedang mengalami kecemasan atau depresi
Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi
Menunda pekerjaan bisa merupakan gejala dari hal yang lebih serius, misalnya gangguan kecemasan, depresi, sulit untuk fokus seperti pada orang dengan ADHD. Jika hal itu sampai mengganggu kualitas hidupmu misalnya mengganggu pekerjaan atau kehidupan sehari-hari maka jangan ragu untuk memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater.


6. Sulit fokus dan mudah bosan
Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi
Kadang seseorang mudah bosan saat mengerjakan suatu tugas atau sulit untuk konsentrasi. Apalagi jika deadline masih lama. Jika kamu mulai merasa bosan atau sulit untuk fokus mungkin artinya kamu butuh hiburan.

Cobalah untuk istirahat sejenak agar pikiranmu kembali fokus. Atau kerjakan hal lain yang kamu suka untuk mengusir rasa bosan. Dengan begitu energimu akan kembali dan produktivitasmu akan meningkat.

Itulah 6 hal yang biasanya menjadi alasan seseorang menunda pekerjaan. Cobalah atasi penyebab tersebut agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu dan tidak menumpuk.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/career...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi Selain Hujan, Ini 5 Penyebab Kamu Jadi Sering Mager di Pagi Hari

- Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi 5 Alasan Kenapa Sikap Menunda Pekerjaan Harus Segera Ditinggalkan

- Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi Jangan Salah, Ada 5 Alasan Mengapa Sesekali Menjadi Malas Itu Penting

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di