alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Musik Dalam Politik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb42384dbf764605d033fc9/musik-dalam-politik

Musik Dalam Politik

Dimeriahkannya kampanye-kampanye politik dengan penampilan musik turut menarik perhatian para pendukung. Musisi-musisi ini pun tentunya dapat “membius” audiens yang datang untuk mendukung kandidat tertentu.
Musik Dalam Politik
Paslon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin misalnya, mendapatkan sumbangan suara dari musisi-musisi yang menggelar konser “Putih adalah Kita” beberapa hari lalu. Konser tersebut pun disebut-sebut menampilkan berbagai musisi papan atas Indonesia.

Dalam konser yang digelar di Kemang tersebut, pengisi-pengisi acara berasal dari berbagai aliran musik, seperti penyanyi jazz Dira Sugandi, penyanyi rap Iwa K, penyanyi rock Andi Rif, penyanyi pop Yuni Shara, dan sebagainya. Musisi-musisi yang tampil dalam konser tersebut juga mendeklarasikan dukungannya terhadap Jokowi-Ma’ruf.

Selain konser tersebut, beberapa produk musik pun diciptakan guna mendukung Jokowi-Ma’ruf. Grup band Slank misalnya, membuat sebuah lagu dan klip video bertajuk #BarengJokowi bersama banyak seniman, olahragawan, dan budayawan. Slank sendiri pernah mendeklarasikan diri untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf dan akan tampil dalam Kampanye Akbar paslon tersebut pada 13 April 2019 mendatang.

Tidak hanya kubu Jokowi-Ma’ruf, penampilan musik dari berbagai musisi pun turut mewarnai kegiatan-kegiatan kampanye paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Musisi muda seperti Nissa Sabyan misalnya, turut menyumbangkan suaranya untuk paslon tersebut dalam berbagai kegiatan kampanye.

Dukungan musisi untuk Prabowo-Sandi juga datang dari keluarga Ahmad Dhani. Mulan Jameela dan Al Ghazali turut tampil dalam kegiatan kampanye Prabowo-Sandi dan mendukung paslon tersebut.

Selain itu, sang Raja Dangdut Rhoma Irama yang secara aktif mendukung Prabowo-Sandi juga beberapa kali tampil dalam berbagai kegiatan kampanye paslon tersebut. Rhoma memang diketahui sudah sejak Pilkada DKI Jakarta 2017 mendukung Sandi.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah mengenai peran musik itu sendiri dalam politik. Mengapa musik menjadi penting dalam kampanye? Lalu, apa dampaknya terhadap Pilpres 2019? Selengkapnya dalam tulisan indepth berjudul "Tarung Efek Rhoma vs Slank" di Pinterpolitik.com


Sumber: Pinterpolitik.com
Instagram: @pinterpolitik
Twitter: @pinterpolitik
Instagram: @coretanpolitik
LINE OA: @pinterpolitik
YouTube: Pinter Politik
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Musik Dalam Politik
semua nya bagus
Iwan Fals arah dukungannya kemana pemilu kali ini?


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di