alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kala Jokowi-Prabowo berdebat soal eSport
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb40130dbf76445ee30dd86/kala-jokowi-prabowo-berdebat-soal-esport

Kala Jokowi-Prabowo berdebat soal eSport


Kala Jokowi-Prabowo berdebat soal eSport
JAKARTA (IndoTelko) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan debat Calon Presiden (Capres) 2019 kelima pada Sabtu (13/4).

Debat capres kelima tersebut menghadirkan pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno.

Debat terakhir itu membahas tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri. Salah satu isu yang menarik dibahas dalam debat adalah tentang eSport.

Baca juga :
Kominfo diminta ungkap pembobol akun medsos

XL siapkan jaringan hadapi hari pencoblosan

Final Battle Jokowi vs Prabowo, pemenangnya ...


Dalam kesempatan tanya-jawab, Jokowi melontarkan pertanyaan ke lawan debatnya tentang cara mengembangkan ekonomi digital, salah satunya eSport.

"Singkat apa yang akan Bapak Prabowo lakukan dalam rangka pengembangan ekonomi digital, dalam hal ini pengembangan esport mobile legend ke depan," tanya Jokowi.

Prabowo terlihat memberikan kesempatan menjawab kepada Cawapresnya, Sandiaga.

Pria yang akrab disapa Sandi itu pun menyatakan eSport salah satu sektor yang sangat berkembang seiring dengan pengembangan digital ekonomi.

Sandi mengakui pemain Mobile Legend banyak di Indonesia dan bisa menjadi peluang bagi anak-anak muda untuk mengembangkan bisnisnya.

"Kita punya generasi POP atau positif, optimis, dan produktif. Strategi kami sangat jelas kembali kepada entrepreneurship dan kunci pemerintah adalah memfasilitasi karena kita tidak terlalu bisa meregulasi industri yang sangat cepat berkembang dan akhirnya membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya," katanya.

Sandi mengingatkan,jangan sampai Indonesia yang tentunya dengan pasar yang sangat besar ini hanya fokus untuk diserbu oleh produk-produk impor termasuk esports besutan luar negeri.

"Kami fokus pengembangan ekosistem berbasis ekonomi digital haruslah berujung kepada peluang lapangan pekerjaan bagi anak-anak muda. Rumah siap kerja untuk anak muda siap mengembangkan dan langsung konkrit untuk memberikan strategi khusus pengembangan esport," katanya.

Sementara Jokowi menyatakan sebagai pemerintah harus cepat tanggap dan merespons terhadap perubahan-perubahan global.

"Anak-anak muda sekarang senang menjadi gamer, sebab itu pemerintah membangun infrastruktur digital baik broadband dengan kecepatan tinggi, sehingga anak-anak muda kita memiliki infrastruktur dalam mengembangkan profesinya sebagai gamers," katanya.

Ditambahkannya, pemerintah membangun ekosistem yang nyaman bagi mereka terus berusaha membuat game. "Nilai ekonomi di bidang ini bertumbuh sangat pesat catatan yang saya terima di 2017 perputarannya sudah mencapai Rp11 triliun hingga Rp 12 triliun dengan pertumbuhan per tahun 25% sampai 30%," katanya.

Jokowi mengingatkan jangan sampai kita terlewat merespon setiap perubahan-perubahan yang ada kemudian karena pergeeseran memang terjadi ke arah digital.

"Anggaran-anggaran iklan sekarang bergeser ke sana (digital) dalam jumlah yang sangat besar ini juga harus dilihat dan diwaspadai sehingga kita merespon dengan regulasi-regulasi yang benar kemudian juga menjadi pemain esport yang profesional itu butuh sebuah fisik yang baik butuh latihan-latihan yang detail sehingga betul-betul nanti jadi profesional," tutupnya.

Menanggapi hal itu, Prabowo menegaskan dirinya akan memfokuskan kebijakan-kebijakan dalam hal-hal yang mendasar yang menjawab kebutuhan pangan rakyat Indonesia.
 
"Kami akan tingkatkan produksi pertanian, tingkatkan penghasilan bagi petani lindungi penghidupan dan penghasilan nelayan tingkatkan kualitas hidup buruh guru honorer itu yang saya akan fokus, digital-digital itu bagus, tapi rakyat kita butuh swasembada pangan. Pangan dalam harga terjangkau kita harus turunkan harga rakyat kita sedang susah kita harus jaga kekayaan Indonesia, itu yang akan saya fokus,"tandasnya.

Secara terpisah, Pengamat telekomunikasi Heru Sutadi menyatakan eSport memang perlu dibina, tapi selain memainkan games asing, harus ada juga keberpihakan membangun games lokal dan membawanya ke level dunia.

"Selama server atau kantor games asing itu tak ada di Indonesia, manfaat bagi negara apa? Devisa lari keluar negeri sih sudah pasti karena import bandwitdh. Filosofi ekonomi digital kita ini mau berdikari atau pasar saja? Substansi ini tak ada yang bahas," sesalnya.


Sumber : https://www.indotelko.com/read/15552...prabowo-esport
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kala Jokowi-Prabowo berdebat soal eSport

kecebong2 sakit jiwa mana suaranya...
emoticon-Wakaka
Quote:


Diubah oleh daimond25
Wajar wowo kan Elite 1%(win ratenya)
Diatas warrior dibawah master

ngartinya farming minion doang
emoticon-Leh Uga

kolot ya kolot aja
emoticon-Ngakak
Nasbung otak kopong, mana ngerti perkembangan teknologi, E sport yg mulai menjamur dan penghasilan dari E sport yg mulai di perhitungkan, youtuber, selebgram, gamers, sah sah aja semua anak milenial jadi gamers, toh penghasilan mereka juga di potong untuk pajak.

Mikir
iya kolot itu kata yang paling pas buat nasbung emoticon-Ngakak

Kala Jokowi-Prabowo berdebat soal eSport
Quote:


Maaf ya .. debat ke 5 ini bicarain Kesehatan ya?
Setau gua lagi bahas ekonomi, keuangan, industri. Dan FAKTA kalau game online sudah punya kontribusi yang tidak kecil buat perekonomian suatu negara.
Terlepas ada efek negatif game online.. gua setuju.. Tapi tidak bisa dipungkiri e-sport sekarang bisa jadi penghasilan lho. Tinggal masyarakat pilih aja main game online buat ngerusak diri sendiri atau buat tujuan positif ..

Yang dimaksud e-sport adalah gamer profesional seperti di negara2 maju, tidak ada bedanya dengan profesi sport lainnya seperti balap mobil / motor, petinju, dll.

Bedakan dengan orang kecanduan game, e-sport ini menghasilkan uang krn di luar negri kompetisinya rutin dengan hadiah yang cukup besar.

Dunia digital ini adalah dunia masa depan, siapapun orang ( atau capres ) yang gaptek atau takut menghadapi kemajuan zaman sudah bisa dipastikan akan tertinggal dan kalah dari persaingan antar negara.

Banyak nasbungtaik yang gagal paham mencerna pertanyaan si wiwi,, dikira yang di kembangkan mobile lejennya, esports nya pret yang dikembangin bukan mobile lejennya..

Atlet esport itu sekarang sudah mulai menyaingi atlet2 konvensional pret kek pemain bola profesional dll, tinggal tunggu waktu aja esport bakal berkembang lebih besar dari industri sepakbola sekarang ini 5, 10 atau 20 tahun yg akan datang emoticon-Cool

Dan pemerintah sekarang berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan pemain profesional yang nantinya akan mengharumkan indonesia emoticon-Cool
emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak lebih heboh itu kalau berdebat soal seks & porno
transaksi besar di game online, dibuat regulasi biar dapet pemasukan maksimal dari situ
belum lagi tim Indonesia udah lumayan n bisa juara
Quote:


Terguncang bong..

Maaf ya...

Si jae sama sekali g berbicara tentang ekonomi, keuangan atau industri digital tanah air, tapi berbicara tentang game import...

Silahkan lu replay rekamannya kalau kurang yakin sama gw..

Gw maklum kok bong..

Karena digitalisasi industri cuma game doang yg dia tau..
emoticon-Wakaka
Esports dan olahraga fisik itu gak bisa disamakan. Gaming d usia dini itu bisa bikin bocah malas dan goblok2.
Dan esports itu sangat tergantung dengan developer gamenya. Yang diuntungkan ya si developernya klo semakin banyak yang mainin game mereka.
Balasan post kampretozzznine
ente itu yg sakid jiwa malah dukung femimfin gagal dan khilafak ISIS emoticon-DP
Quote:


Lho...
Bukannya ente dgn gerombolan ente yg koar2 pemimpin harus bisa jadi imam sholat, bisa ngaji, jelas agama islamnya..

Si jae aj jelang pemilu sungkem dulu sama raja ngarab..
Kenapa gw yg dituduh khilafah2an...

Tapi g apa apa sebagai muslim yg baik gw dukung tindakan mr jae dan mbah yai

Agar indonesia lebih bersyariah, dan seluruh budaya ngarab wajib dilestarikan dan diasimilasikan dg budaya nusantara..

Setuju bong..
emoticon-2 Jempol


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di