alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Automatically artificial intelligence for human
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb400badbf76470792b8d3f/automatically-artificial-intelligence-for-human

Automatically artificial intelligence for human by Samuel Liputra

Quote:



Apa yang baru sekarang ?

Artificial intelligence merupakan salah satu hal yang terbaru bahkan trobosan  dalam dunia lama seperti tahun 1990-an. Di mana pada tahun itu banyak orang yang sudah mulai merancangkan dan bahkan banyak yang dianggap gila oleh sebagian orang karena hal itu.

Hal ini bisa dilihat dari beberapa orang yang mempunyai ide gila pada zamannya. Pada tahun itu orang banyak berpikir tentang fiksi ilmiah yang tertuang dalam film animasi yang tersebar luas. Mungkin yang paling di ingat oleh anak anak adalah animasi  Doraemon - Fujiko F. Fujio.

Dimana dalam film tersebut terdapat alat alat fiksi ilmiah yang menolong manusia untuk berbuat sesuatu. Dari hal yang mudah sampai hal yang sulit. Dan tanpa kita sadari mimpi itu menjadi kenyataan pada tahun 2000. Dengan teknologi yang berkembang, maka banyak hal yang terjadi bahkan terwujud. Salah satunya hal yang paling terasa adalah alat  transliteration / penterjemah bahasa.

Sehingga dunia zaman sekarang, hal hal yang susah dan ribet bagi manusia lakukan. Dapat di kerjakan sekarang dengan cepat dan secara bersamaan. Sehingga manusia bekerja semakin efficient dan sangat cepat. Jika manusia tidak memanfaatkan teknologi yang ada pada zaman sekarang, maka akan tertinggal banyak hal bahkan akan terlindas dalam persaingan di dalam dunia industri.

Bahkan di masa depan, banyak orang sudah mempersiapkan rancangan teknologi untuk tahap selanjutnya. Dimana manusia tidak perlu manusia lain dan hanya mengendalikan semuanya lewat sistem yang telah di rancang dan di pegang dalam sebuah gengaman tangan.

Artificial intelligence

Disinilah peran artificial intelligent menjadi titik utama dalan industrial masa depan.  Dimana dalam industrial perbankan semua simpanan dan penarikan serta layanan yang dulu di kerjakan oleh manusia yang mempunyai keahlian khusus di gantikan oleh mesin dan sistem secara keseluruhan.

Yang menjadi kendala saat ini termasuk dalam dalam ekonomi 4.0 adalah intergrasi data satu dengan lainnya. Dimana banyak sekali data data yang ditutupi bahkan berusaha untuk dihilangkan oleh beberapa orang, agar tidak dapat terindentifikasi oleh siapa pun.

Dalam dunia teknologi , hal ini yang menyebabkan data yang ada tidak dapat terhubung bahkan tidak valid sama sekali. Karena dalam logika artificial intelligence, jika ada data data yang tidak dapat diketahui bahkan di manipulasi. Maka hasil yang dikeluarkannya pun salah, dan jika salah satu data salah maka seluruh data yang ada pun menjadi salah. Jika data yang dihadirkan salah, maka salah seluruh kebijakan / keputusan ekonomi yang akan dihadirkan / dibuat. 

Dalam economy 4.0 merupakan masa transasi yang sangat baik, dimana data yang di hadirkan oleh pemerintah seharusnya dipelajari oleh  artificial intelligence. Dimana seharusnya dalam era ini, seluruh data di dalam satu negara di rubah dari manual / kertas menjadi dalam bentuk digital yang harusnya dapat di akses oleh artificial intelligence dan orang tertentu untuk memastikan dan menganalisa lebih lanjut data yang ada.

Seiring dengan prinsip di atas, maka seharusnya seluruh transaksi yang ada dalam satu negara atau satu lingkungan harus berbasis data elektronik. Misal dalam sebuah perusahaan, seluruh transaksi termasuk dalam perpajakan, proses biding, dan proses lainnya dapat dilakukan dari berbagai tempat dan  kepada pihak pihak yang berkepentingan data tersebut dapat dilihat dari mana pun dengan keamanan yang tinggi. Keputusan yang ada merupakan keputusan yang diambil oleh artificial intelligence secara adil tanpa case tertentu. 

Tetapi yang terjadi di kebanyakan perusahaan saat ini adalah banyaknya campur tangan orang orang tertentu terlebih petinggi sebuah lingkungan untuk mengambil keputusan secara individual. Hal ini pun berlaku dalam lingkup pemerintah, dimana pemerintah hanya menerima data data yang sebenarnya masih memiliki kesalahan 30% lebih. Karena masih banyaknya data yang hadir secara manual dan dapat dimanipulasi oleh sebagian orang.

Tetapi jika pemerintah berani untuk menjalankan seperti prinsip dalam perusahaan yang berbasis ai maka secara otomatis pemerintah akan mendapatkan kesalahan yang sangat minimal sekitar 0.1 % dari total data. Karena data yang di ambil secara elektronik dan otomatis yang sangat memudahkan di analisa dan olah oleh ai tanpa case tertentu.

Maka ketika kita berbicara economy 5.0 / lainnya, maka pelayan bahkan adminitasi data dapat tersusun dengan mudah dan pengambilan keputusan dengan cepat. Karena data yang disajikan sangat nyaman dilihat bahkan sangat mendetail.

Ketika semua sudah berjalan secara otomatis dengan bantuan artificial intelligence yang di peruntukan bagi manusia. Maka semuanya akan sesuai dengan harapan dan tujuannya pasti akan tercapai termasuk pencapaian ekonomi sebuah lingkungan.

Economy 5.0

Dengan kecepatan data yang semakin kencang dan berbagai perusahaan big data ( cloud computing ) dari luar negeri maupun dalam negeri yang hadir dalam sebuah negara. Makin banyak kesempatan yang tercipta dari teknologi artificial intelligence yang dapat dijalankan secara otomatis serta semakin minimnya biaya untuk digitalisasi data tersebut.

Economy 5.0 semestinya insdustrial dan kelembagaan harusnya pengunaan 80% teknologi dan pengembangannya. Sehingga seluruh data dan transaksi terkomputerisasi / tercatat secara elektronik. Sehingga data tersebut dapat dioleh dan dianalisa dengan baik oleh ai dan memberikan informasi kepada user apa yang harus di kerjakan, apa yang harus di bayar, dan apa yang mereka peroleh.

Sehingga dengan begitu gagasan tentang Ai yang berjalan otomati untuk manusia agar mempermudah mengerjakan segala hal dan lebih cepat bahkan memiliki pemikiran untuk inovasi dan efficient dapat terwujud di masa mendatang.




Diubah oleh albersinmas
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di