alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / ... / Pilih Capres & Caleg /
Sukseskan Pemilu, Jangan Golput!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb3dbc2a2d195748962646e/sukseskan-pemilu-jangan-golput

Sukseskan Pemilu, Jangan Golput!

Sukseskan Pemilu, Jangan Golput!

Rakyat Berdaulat Negara Kuat begitulah salah satu slogan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang beberapa kali menghiasi layar kaca. Slogan tersebut rupanya tak hanya sekedar slogan lho, namun merupakan salah satu ayat dalam pasal UUD 1945 yakni Pasal 1 ayat 2 yang berbunyi Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Dasar.

Sukseskan Pemilu, Jangan Golput!

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi atas pemerintahan, negara, daerah dan sebagainya. Sedangkan menurut Wikipedia, kedaulatan adalah suatu hak eksklusif untuk menguasai suatu wilayah pemerintahan, masyarakat, atau atas diri sendiri terdapat dua teori yaitu berdasarkan pemberian dari Tuhan atau masyarakat. Jadi di negara Indonesia tercinta ini, pemegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat. Bangga kan jadi bagian dari rakyat Indonesia? Harus dong.

Oleh karena kedaulatan ada ditangan kita sebagai penduduk sekaligus rakyat Indonesia maka sudah sepatutnya kita sukseskan Pemilu Agan. Jangan anti pemilu ataupun golput ya.

Golput atau golongan putih merupakan istilah populer untuk menyebut beberapa segelintir orang yang tidak menggunakan hak suaranya untuk memilih wakil rakyat maupun presiden pada pesta demokrasi Indonesia. Penyebab keberadaan golput sangat beragam bisa dikarenakan keyakinan agama, domisili yang tidak memungkinkan beberapa orang untuk mencoblos, bahkan untuk alasan klise semacam tidak yakin pemimpin yang mencalonkan diri mampu membawa perubahan pada Indonesia.

Tulisan kali ini saya tak akan bahas secara detil mengenai golput, saya hanya ingin mengajak katakan no to golput dan sukseskan pemilu 2019 ini.

Perlu diketahui (agan-agan pasti sudah tahu semua) bahwa pemilu kali ini berbeda dengan pemilu terdahulu karena tidak hanya memilih presiden dan wakilnya namun juga pemilihan anggota legislatif tingkat wilayah, daerah dan nasional jadi ada lima lembar surat suara yang harus kita tandai dengan paku alias kita coblos lho Gan. Selebihnya penjelasan keterangan pemilu bisa kita tanyakan pada KPUD atau tetangga terdekat (biasanya tetangga lebih paham). emoticon-I Love Indonesia

[I]Nah masih bingung gak tuh? Gak usah bingung, yang penting datang saja ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), terima lembar surat suara yang berjumlah lima, pergi ke bilik dan coblos deh wakil rakyat serta capres cawapres pilihan Agan[/I]. Gampang khan?!

Sukseskan Pemilu, Jangan Golput!

Panasnya persaingan pemilu baik presiden-wakil presiden maupun wakil rakyat yang sempat ditandai dengan banyaknya baliho dan spanduk berjejer di jalan-jalan, sudut-sudut gang bahkan di pagar dan dinding-dinding rumah warga, pasti membuat sulit bagi sebagian orang untuk menentukan pilihannya. Hingga tak jarang ini jadi salah satu alasan sebagian orang memilih untuk golput.

Sukseskan Pemilu, Jangan Golput!
Sumber Gambar: monutorrio.com

Uniknya, berdasarkan pengamatan pribadi saya, seluruh stasiun televisi pun ramai dengan iklan promosi partai dan caleg. Kreatif, iklan-iklan dibuat begitu menarik sehingga sebagai penikmat acara TV saya juga sedikit tergelitik untuk memilih partai-partai itu. Ada partai yang menggunakan teka-teki dengan slogan "udah, udah" yang lumayan berhasil mengocok perut saya. Pikir saya itu bintang iklannya anggota partai atau beneran selebritas ya? Hebat sekali bergaya di depan kamera.

Kemudian tidak kalah menarik ada partai besar yang mengusung salah satu lagu Via Valen yang menjadi lagu tema Asean Games 2018, tentunya dengan banyak perubahan pada lirik. Bahkan partai baru besutan pemilik tiga stasiun TV swasta pun begitu gencar berpromosi dengan jurus andalan akan kepedulian terhadap UMKM yang sudah muncul jauh-jauh hari sebelum masa kampanye ditetapkan.

Agan pasti sudah tau bukan partai mana saja yang saya maksud?

Capres dan cawapres nomor dua malahan sudah jauh-jauh hari beriklan dengan sosok Sandiaga Uno sebagai pembuka iklan dengan backsound suara dari Pak Prabowo di sepanjang iklan seolah tak mau kalah dan menyerah dalam menarik pemilih dari generasi milenial. Pasangan calon nomor urut satu pun membuat perbedaan dengan gencar berpromosi melalui iklan animasi. Animasi tersebut menampilkan sosok KH. Ma'ruf Amin sebagai pesilat bersarung dengan salah satu janji akan memerangi fitnah jika mendapat amanah dan sosok Pak Jokowi muncul di akhir iklan dengan seragam silat berwarna hitam yang menampilkan beberapa gerakan silat.

Semua iklan begitu menarik dan cukup interaktif. Apakah yakin agan ingin tetap golput?

Tak bermaksud menjelekkan atau mengunggulkan salah satu partai, saya hanya menyoroti begitu gigihnya mereka mencari pendukung demi mendulang perolehan suara. Itulah salah satu tanda bahwa partai sangat membutuhkan dukungan rakyat melalui suara rakyat di pemilu. Jadi partai, caleg dan capres-cawapres sangat butuh suara kita lho Agan.

Sebagai calon pemilih, tidakkah agan tergoda dengan iklan-iklan diatas?

Pemilu hanya tinggal menghitung hari saja Agan. Bahkan di beberapa negara tempat tinggal beberapa Warga Negara Indonesia sudah diadakan pemilu, seperti Riyadh dan Malaysia. Saya pribadi sebagai orang biasa merasa senang karena setiap event lima tahunan ini berlangsung, satu suara saya rupanya sangat dibutuhkan untuk kemajuan negara ini. Jadi, sejak saya memiliki hak pilih saya sudah memutuskan untuk tidak masuk dalam golongan putih atau golput.

Bagaimana dengan Agan? Semoga Agan punya rasa yang sama meski pilihan kita berbeda ya?!


Jadi agan-agan yang saya kasihi, mari berpartisipsi dalam pemilu kali ini dan say no to golput[/B].

Jangan sia-siakan hak suara Agan. Mari berpartisipasi dalam pemilu sebagai bentuk kepedulian terhadap negeri.

[[B]I]Say no to golput[/I]
karena satu suara kita bisa merubah Indonesia.

Betapa berharganya suara kita sehingga jangan dijual untuk selembar atau puluhan uang kertas ya Agan. Menerima uang berarti kita telah turut andil dalam money politic yang merupakan cikal bakal korupsi. Begitulah salah satu slide iklan yang diluncurkan oleh KPU menjelang hari tenang. Keren ya KPU? Banyak sekali yang harus dikerjkan: menyiapkan debat pilpres, membuat surat suara bahkan ngurusin promosi buat meminimalisir golput. Tak jarang petugas KPU masih harus mengahadaoi hujatan dan cercaan ribuan mulut.

Oleh karena itu Agan, kita hargai jerih payah saudara kita yang bertugas sebagai anggota KPU ataupun KPUD dengan menggunakan hak pilih kita.

Satu Suara Kita Merubah Indonesia

Sukseskan Pemilu, Jangan Golput!
Sumber Gambar: pemilu.com

Salam dan Semangat Satu Indonesia 😘
Diubah oleh l13ska
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
uaaahaahaaaaa

caleg nya suka akuuu
Balasan post alizazet
Sama aku juga suka... Foto di spanduknya tapi. 😂


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di