alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Daftar Presiden Sebelum Jokowi dan Uraian Singkat Kinerja Ekonomi
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb3d07afacb95108f305184/daftar-presiden-sebelum-jokowi-dan-uraian-singkat-kinerja-ekonomi

Daftar Presiden Sebelum Jokowi dan Uraian Singkat Kinerja Ekonomi

Daftar Presiden Sebelum Jokowi dan Uraian Singkat Kinerja Ekonomi

TEMPO.CO, Jakarta - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut kesalahan sistem ekonomi nasional saat ini merupakan kesalahan bersama. Ia menyebut pemerintahan calon presiden inkumben Jokowi saat ini tak sepenuhnya bertanggung jawab, tapi juga pemerintahan sebelumnya.

Ia mengatakan saat ini pembangunan ekonomi nasional telah salah arah. Ia menegaskan Indonesia harus berani mengambil kebijakan untuk mengubah arah pembanguan ini secara menyeluruh. Prabowo menyebut seharusnya ada upaya tegas dari pemerintah untuk menghentikan aliran uang negara ke luar negeri. Hal ini juga yang kerap disebut Prabowo sebagai kebocoran.

"Saya tidak menyalahkan Bapak. Ini kesalahan besar, kesalahan besar presiden-presiden sebelum Bapak. Kita semua harus bertanggung jawab. Bener, itu pendapat saya," kata Prabowo dalam debat calon presiden dan wakil presiden, yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu, 13 April 2019.

Berikut adalah enam presiden RI sebelum Jokowi sejak merdeka pada 1945. Tiap pemerintahan memiliki kebijakan ekonominya masing-masing.

1. Soekarno (1945 - 1965)
Menjadi presiden pertama Indonesia, Soekarno dilengserkan oleh Soeharto pada 1965. Selama masa pemerintahannya, Soekarno sempat membuat perekonomian Indonesia sebagai negara baru berkembang. Namun ekonomi Indonesia dengan cepat hancur karena hutang dan inflasi. Bahkan pada periode 1962-1965, inflasi mencapai 100 persen karena pemerintah dengan mudahnya mencetak uang untuk membayar utang dan mendanai proyek-proyek megah.

2. Soeharto (1965 - 1998)
Di era Soeharto, tim ahli ekonomi yang belajar di Berkeley, Amerika Serikat, dibentuk untuk memulai periode rehabilitasi dan pemulihan ekonomi. Era ini juga menjadi pintu masuknya investasi asing dibuka lebar setelah dibuatnya Undang-undang Nomor 1 Tahun 1967, tentang Penanaman Modal Asing.

Namun pada 1997 saat krisis moneter, nilai beberapa mata uang, termasuk rupiah, anjlok. Pada Januari, tercatat rupiah ada di kisaran Rp 11 ribu. Meski sempat sedikit membaik, Soeharto melepas jabatannya pada Mei 1998 setelah mendapat desakan masyarakat dan menandai awal mula era reformasi.

3. BJ Habibie (1998 - 1999)
Menjadi presiden menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri, Habibie tak banyak membuat banyak perubahan di sistem perekonomian nasional. Di tahun pertamanya tercatat pertumbuhan ekonomi anjlok menjadi minus 13,31 persen.

Namun dengan beberapa perbaikan regulasi, Habibie mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,79 persen pada 1999. Posisi Habibie tak bertahan lama, dan digantikan oleh Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pada Oktober 1999.


4. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur (1999 - 2001)
Berbeda dengan Habibie, Gus Dur membuka awal pemerintahhnya dengan naiknya pertumbuhan ekonomi hingga 4,92 persen pada 2000. Namun di tahun berikutnya, pertumbuhan ekonomi menurun menjadi 3,64 persen. Gus Dur lengser dan digantikan oleh Megawati Soekarnoputri lewat pemilihan sidang istimewa di Majelis Permusyawatan Rakyat (MPR) pada 2001.

5. Megawati Soekarnoputri (2001 - 2004)
Menjabat kurang dari empat tahun, pemerintahan putri Soekarno ini kerap dinilai cukup berhasil. Tingkat inflasi rendah, nilai tukar rupiah stabil, cadangan devisa stabil, dan menurunnya suku bunga bank, dianggap menjadi indikatornya. Bahkan di akhir masa pemerintahannya, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,03 persen.

6. Susilo Bambang Yudhoyono (2004 - 2014)
SBY menjadi presiden pertama Indonesia yang terpilih lewat skema pemilihan umum secara terbuka pada 2004. SBY kembali memenangkan pemilihan pada 2009 dan menjadi presiden selama dua periode.

Menjalankan pemerintahan selama 10 tahun, SBY mencatatkan prestasi di bidang ekonomi dengan membawa Indonesia ke dalam kelompok 20 ekonomi utama atau G20. Bahkan beberapa kali pertumbuhan ekonomi Indonesia menembus di atas angka 6 persen. Beberapa kalangan menilai hal ini tak terlepas dari meningkatnya harga komoditas global.


emoticon-Shakehand2

Pembangunan itu berkelanjutan, bukan kembali dari nol di setiap pergantian Presiden......





Prabowo Akan Tinjau Ulang Infrastruktur, TKD Jatim: Negara Ini Mundur Lagi
Diubah oleh nyairara
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
akhirnya nastak sadar akan pembangunan berkelanjutan.

wowo dablek.
Daftar Presiden Sebelum Jokowi dan Uraian Singkat Kinerja Ekonomi
Quote:

Pacaran saja perlu kelanjutan emoticon-Big Grin
Quote:


Klo gak berkelanjutan ke pelaminan mending tinggalin aja..
Quote:


Setau gw pembangunan nasional kan emang udah dirancang oleh Bappenas bukan?

Ada gitu presiden punya kuasa buat merubah haluan drastis arah pembangunan secara mendadak?

Tapi sebetulnya isu ini blunder juga.

Setau gw, Pakde and the gank, and the supporters, punya tendensi selalu klaim prestasi pembangunan2 infrastruktur saat ini itu pure only karena si Pakde.

Dengan berita ini, justru harusnya menegaskan bahwa apa yang Pakde raih selama ini ya karena ada andil dari Rezim2 sebelumnya. Dan itu sangat wajar.

Ibarat main bola, striker itu mencetak gol karena bola itu dioper2 dari temen2nya belakang... jadinya gak etis kalo dia merayakan dan mengklaim gol itu terjadi karena upaya dia sendirian. Dia pasti bakal dicap sombong sama temen2 setim nya. Bahkan supporter juga.

kecuali si striker itu giring bola sendirian dari belakang, nah boleh deh dia ngerayain gol itu sendirian.

Diubah oleh samatronz
jadi, apa program ekonominya? jangan cuman sebatas retorika doang kek miss universe cita-citanya mau world peace

pemilu dagelan emoticon-Cape d... (S) pemilu buat negara kok kaya milih idol di acara nyanyi emoticon-Cape d... (S)

bukannya sibuk adu program ntar buat majuin negara kek gimana eh nazibung malah sibuk adu agama kek nyabung ayam (elu-elu sadar ga sih kelakuan elu malah menghina agama itu sendiri hah emoticon-Blue Guy Bata (L) bangcyat bener elu pada yah emoticon-Blue Guy Bata (L) agama yang seharusnya suci buat penghubung ke Tuhan/Allah/Pencipta (yang ciptain dunia ini loh!) malah dijadiin alat pemuas nafsu buat raih jabatan emoticon-Blue Guy Bata (L) gw sumpahin disamber geledek elu-elu pada emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

Quote:


Menurut ane sih, wiwi bisa klaim krn emang ada perubahan yg signifikan dari proyek2 pembangunan tsb sejak doi menjabat sbg presiden, jd layak buat diklaim sbg prestasi doi.

Balik lagi cuma pendapat ane doang. emoticon-Cool


emoticon-Shakehand2
Diubah oleh pophonorface
Quote:


Hihihihi... cuma pendapat kan? oke... soalnya itu debatable banget. Apalagi kalo dibawa pake data2.... Hati2. Betul pencetak gol itu penting, tapi sejatinya dia tidak akan bisa mencetak gol kalau teman2nya tidak oper2an bola dari belakang.
Quote:


Artinya wiwi sbg striker yg berhasil jadiin oper2an dari belakang jadi gol, ya kan?
emoticon-Ngakakemoticon-Cool
Diubah oleh pophonorface
Quote:


Gol! Ya! itu penting! dan itu patut diapresiasi!

Permasalahannya, si suporter pencetak gol ini, bahkan mungkin si pencetak golnya mengklaim bahwa si pencetak gol ini ngegiring bola sendirian dari belakang, padahal dia boleh terima bola hasil oper2an dari temen2nya di belakang.. Dia selebrasi sendirian... Temen2nya disingkirin...

Itu yang arogan. Gak etis. Yang tadinya mau apresiasi, jadi gak jadi.
Quote:


Ente kalo baca summary pertandingan bola pasti jelas siapa assist nya, tapi secara cover nama si pencetak gol yg di pajang dan si pencetak gol layak ngeklaim atas golnya. Selebrasi ttp bareng2.

emoticon-Traveller
Quote:


Setuju! Gw setuju bahwa si pencetak gol punya hak untuk selebrasi... bahkan penting dicatat di papan skor.

Tapi sayangnya pas selebrasi, gak bareng2.... emoticon-Big Grin

Dia (atau suporternya) mengklaim bahwa gol itu murni kerjanya dia sendiri.
Quote:


Jelas bre, krn belum ada yg bisa nyetak gol atau perubahan secara signifikan sebelumnya.. kalo golin emang gitu, selebrasi macem apa juga woles emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak sirik aja lu emoticon-Leh Uga
Quote:


Lah koq sirik emoticon-Ngakak

Elu bisa ngomong kaya gitu karena elu supporter si pencetak gol ini....

Coba bayangin elu ada di sisi suporter tim nya secara keseluruhan, atau rekan2nya.... yang disingkirkan perannya sama suporter si pencetak gol, atau si pencetak golnya sendiri.

Lu akan paham bahwa si pencetak gol ini dan suporternya itu arogan sekali.. dan sikap ini tidak akan menambah simpati dari suporter lain (dalam hal politik, berarti swing voter). emoticon-Big Grin

Pemain model kaya gini mah, tendang aja dari tim. Bikin suasana tim jadi gak harmonis.... Toh tinggal jual dia, cari lagi pengganti striker yang lain. Yang menghargai rekan tim..... Kalo cuma tinggal nyeplosin bola ke gawang doang mah gampang.... Banyak yang bisa. Nggak kaya Messi yang bisa dribble dari belakang emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Masalahnya ente juga supporter sebelah, lah ane sih mau aja ganti presiden kalo ada calon lain yg lebih baik tp ane kaga dpt alasan buat dukung yg sebelah emoticon-Ngakak

Terus tokoh yang ente maksud bisa kayak messi siapa? Wowo emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak nasbung goblok emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


Eits.... mulai maki2...

Kagak ada kaitannya sama kualitas individu, ini gw lagi bahas masalah selebrasi, klaim.... tapi yasudah lah. Biasanya otak manusia kalo lagi mirip kaya binatang, diajak ngobrol jernih suka nggak nyambung. Bawaannya mau maki2 doang... abis ini pasti bakal maki2 lagi deh. emoticon-Big Grin

Oke, ente ane skip.. gak guna dilayanin lagi.
Quote:


Weitss kaga kejawab tuh tokoh messi yg dimaksud.. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak ketaker nasbung mah emoticon-Leh Uga
Quote:
Betul.. ane sependapat
Tahun 1998, maha siswa sama rakyat Indonesia udah muak sama. Korupsi keluarga dan kroni nya,

Tahun 2014,2019, bagian itu malah mau jadi presiden,


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di