alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / ... / Pilih Capres & Caleg /
Jangan Jadikan Golput Sebagai Budaya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb3994cc9518b46a663583f/jangan-jadikan-golput-sebagai-budaya

Jangan Jadikan Golput Sebagai Budaya

Jangan Jadikan Golput Sebagai Budaya
Selamat pagi agan semuanya.
Kalau kita berbicara tentang pemilu maka kata golput pasti menjadi kata yang tidak asing, fakta mengatakan bahwa angka golput selalu mengalami kenaikan tiap saat. Artinya masyarakat sudah mulai terbiasa dengan tindakan golput dan merasa kalau golput adalah hak yang boleh dilakukan dan dilindungi oleh undang-undang.

Ane sangat setuju kalau golput adalah hak yang dimiliki oleh seseorang dan tidak boleh diganggu gugat, tetapi yang ane takutkan adalah apabila masyarakat sudah biasa dengan golput dan tidak mau berpartisipasi dalam pemilu, kemungkinan angka golput tiap tahunnya akan selalu naik dan juga golput itu sendiri akan menjadi budaya di tiap pagelaran pemilihan umum. Sehingga apabila pemilu dimenangkan oleh seseorang saat  jumlah golputnya lebih besar daripada tingkat partisipasinya, maka pemimpin yang terpilih bukanlah murni merepresentasikan suara seluruh rakyat Indonesia, hal ini tentunya juga akan menciderai sistem demokrasi sendiri.

Jangan Jadikan Golput Sebagai Budaya

Kebiasaan cuek dan tidak mau mengambil tindakan juga akan menjadi ladang yang bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, ane ambil contoh, apabila banyak suara yang tidak digunakan oleh masyarakat maka disitulah kesempatan para oknum yang melakukan tindak kecurangan akan beraksi. Mereka akan menggunakan banyaknya suara yang tidak dipakai untuk mendukung salah satu calon, dan kalau calon yang di dukung sampai menang maka kemungkinan negara ini akan dipimpin oleh orang yang telah berbuat curang, agan mau orang yang curang memimpin agan?

Agar bisa menghindari kebiasaan golput sebaiknya agan mulai membuka diri terhadap keadaan politik di Indonesia, agan seharusnya mulai menelaah mengenai dampak yang bisa terjadi kalau golput sudah dianggap sebagai budaya, dan agan juga bisa mengkampanyekan gerakan anti golput. Dengan cara seperti ini secara tidak langsung agan juga berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Ane himbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar mau menggunakan hak suaranya dengan bijak, karena satu suara agan bisa merubah bangsa ini menuju ke arah yang lebih baik. Hal ini juga sangat baik untuk perkembangan sistem demokrasi yang ada di Indonesia, jangan jadikan golput menjadi budaya ya gan.

Sekian

Sumber : artikel
Sumber gambar : nu.or.id
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di