alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Tech / ... / Linux dan OS Selain Microsoft & Mac /
Install Ubuntu Di Hdd Dan Windows 10 Yang Sudah Di Ssd Error
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb33447f4d6953114316761/install-ubuntu-di-hdd-dan-windows-10-yang-sudah-di-ssd-error

Install Ubuntu Di Hdd Dan Windows 10 Yang Sudah Di Ssd Error


Permisi gan.. saya ada masalah sedikit
Jadi begini ssd saya hanya 128gb dan digunakan untuk windows 10 dan aplikasi lainya nah .. saat ini ingin menambahkan ubuntu 19.04 ke dalam hdd 1 tb. Ini satu laptop ya gan. Namun ketika saya installl ubuntu ke hdd dalam kondisi sudah ada windows sebelumnya di ssd terjadi error seperti ini. Mohon solusinya hu.. untuk membantu tugas akhir.
Install Ubuntu Di Hdd Dan Windows 10 Yang Sudah Di Ssd Error
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


install grub di HDD masternya dong.

btw, gw baru tau ada laptop yg bisa pasang 2 HDD sekaligus.
Diubah oleh karyanakbangs4
ssd sama hdd mas.
Quote:


Ssd sama hdd mas.
Ini windowsnya di ssd nya nah ubuntunya mau saya taruh di hddnya. Terus ini grubnya saya install dimana?? Di ssdnya?
Balasan post muchshofiudin
settingan HDD di BIOSnya gimana? coba kasih fotonya. kalo pasang 2 HDD gitu kan biasanya yg satu jadi master yg satu jadi slave. cek setting BIOSnya yg jadi master yg mana SSDnya ataukah HDD1TB nya?
Diubah oleh karyanakbangs4
Quote:


Install Ubuntu Di Hdd Dan Windows 10 Yang Sudah Di Ssd Error
Install Ubuntu Di Hdd Dan Windows 10 Yang Sudah Di Ssd Error
Balasan post muchshofiudin
Quote:


coba mungkin boot ordernya di rapihin dulu:

1. HDD yg ada Ubuntu
2. HDD yg ada Windows

jangan bilang salah satunya cuman colok via USBnya yg bisa pasang sesuka hati karena settingannya beda loh.

ini hardisknya ada yg bukan permanen alias cuman colok USB?
Diubah oleh karyanakbangs4
Quote:


Bang ini ssd sma hdd btw
Quote:


Ada dalam komputernya bang bukan external
Balasan post muchshofiudin
Quote:


iya maksud gw SSD dan HDDnya permanen build up di dalam body laptop atau salah satunya cuman colok USB diluar body laptop? (buat mastiin aja)
Diubah oleh karyanakbangs4
22nya di dalam. gan
Balasan post muchshofiudin
Quote:


boot ordernya dirapihin dulu (buat amannya):
1. HDD ubuntu
2. SSD windows

habis itu install grub di HDD ubuntu (/dev/sdX, dimana X = { a, b, c, d, ..} X adalah HDD ubuntu)

atau kalo masih gagal coba install ulang lagi ubuntunya, penjelasannya ini (bhs inggris gpp ya emoticon-Peace ):

Spoiler for solution:


Diubah oleh karyanakbangs4
Balasan post muchshofiudin
Quote:


gabisa, dualboot harus ke satu storage fisik karena bootnya di sana.

cara gampang dari Windows bikin extend partition, terus instal linuxnya di Extended partition itu.

untuk SSD-nya nanti opsinya di mount as additional storage.

tapi ini kebalik.

.
.
.

kalau saya, mending transfer isi HDD (Windows & data nya) ke SSD lalu extend partisi SDD dari dalam Windows untuk di dual boot dengan linux.

terus beberes data ke HDD deh ...emoticon-Ngacir


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di