alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ratusan Baut Dicuri, Jembatan Siak IV Riau akan Ditutup!
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb3213c7414f5454221bbc0/ratusan-baut-dicuri-jembatan-siak-iv-riau-akan-ditutup

Ratusan Baut Dicuri, Jembatan Siak IV Riau akan Ditutup!

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Riau mempertimbangkan untuk menutup sementara Jembatan Siak IV yang baru saja diresmikan medio Maret 2019. Sebab, ratusan baut hilang akibat dicuri.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Provinsi Riau, Yunnas Haris mengatakan sekitar 100-an baut hilang hingga dikhawatirkan membahayakan jika tetap dibuka untuk umum.

"(Hilangnya baut-baut) ini berpengaruh terhadap kekuatan jembatan, kalau memang nanti membahayakan, maka kita akan tutup sementara," kata Yunnas sebagaimana dilansir Antara, Minggu (14/4/2019).

Haris menyayangkan insiden hilangnya material baut tersebut.

Menurut dia, seharusnya masyarakat dapat bersama-sama menjaga jembatan yang belakangan menjadi ikon baru Provinsi Riau tersebut. Terlebih lagi, baut yang hilang itu tidak serta merta dapat dibeli di pasar melainkan harus dipesan khusus.

"Bingung kita melihat kondisi ini. Kok tidak ada rasa memiliki," ujarnya.

Selain baut, dia juga menyebut sejumlah material lainnya juga hilang dalam beberapa waktu terakhir. Di antaranya penangkal petir yang juga raib diambil orang tidak bertanggung jawab.

"Kemarin penangkal petir juga hilang. Tapi sudah kita ganti," tuturnya.

Sementara saat disinggung pengawasan jembatan, pihaknya sejauh ini hanya bisa melakukan pengawasan secara acak. Dia mengaku tidak mungkin menempatkan personel 24 jam untuk mengawasi maling.

"Kita kan tidak bisa awasi 24 jam. Memang kita awasi, tapi lengah saja sedikit, baut-baut itu langsung dicuri, padahal besinya itukan tertanam," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga Jembatan Siak IV yang juga diberi nama Jembatan Marhum Bukit itu, dan jangan mencuri bagian dari jembatan."Kalau sudah mur dan baut jembatan yang dicuri, tentu ini berbahaya terhadap ketahanan jembatan, karena baut itu bagian pengunci jembatan," ujarnya.

Jembatan Siak IV diresmikan pada bulan Februari 2019, di akhir masa jabatan Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim. Saat diresmikan, Jembatan Siak IV diberi nama Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau bisa juga disebut Jembatan Marhum Bukit.

Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah merupakan Sultan ke-4 Kerajaan Siak Sri Indrapura, yang bergelar Marhum Bukit. Namun, saat peresmian jembatan tersebut belum mengantongi sertifikat kelayakan dari Menteri PU sehingga tidak bisa langsung dibuka untuk umum.

Pembangunan Jembatan Siak IV telah dimulai sekitar 10 tahun lalu, yakni dari tahun 2009 dengan program tahun jamak (multi-years). Total dana pembangunan jembatan tersebut mencapai sekitar R p483,68 miliar.

Jembatan Siak IV memiliki total panjang 800 meter, dengan konstruksi Steel Deck Girder yang memiliki 14 titik kabel di bagian hulu dan hilir. Tinggi pylon jembatan 75 meter dengan jenis konstruksi beton.

Tujuan dari pembangunan Jembatan Siak IV adalah untuk mengimbangi pesatnya perkembangan Kota Pekanbaru wilayah utara, di mana Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan jalan protokol, terhalang oleh aliran sungai Siak, sehingga perlu jalan penghubung wilayah Pekanbaru Kota dengan wilayah Pekanbaru Utara.

https://m.detik.com/news/berita/d-45...rom=wpm_nhl_20


Gw pikir sumber beritanya Riau24 ato rmol.. emoticon-Malu (S)

Emg basis pendukung itu cerminan yg d dukung kok.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
TS nya rasis mirip maaruf

Ratusan Baut Dicuri, Jembatan Siak IV Riau akan Ditutup!
Ratusan Baut Dicuri, Jembatan Siak IV Riau akan Ditutup!
Diubah oleh kaum.milenial
emang itu basis siapa?


Quote:


Knp ente terguncang?
anjir emoticon-Ngakak hanya di negara +62
antisipasi biar ga ambruk
Quote:


Lha.. yg bilang kaya gitu kan si anies.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Balasan post kaum.milenial
Quote:


Prabowo-Hatta: 1.349.338 (50,12 persen)*
Jokowi-JK: 1.342.817 (49,88 persen)
Total suara sah: 2.692.155
parah mental maling dari yg miskin sampe pejabat
Quote:


Makanya pantengin terus situs riau24 dan rmol.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Balasan post donal.duck
Quote:


Prabowo-Hatta Menang Telak di Madura

Kebangetan, Baut dan Lampu Jembatan Suramadu Pun Dicuri
Selasa, 16 Juni 2009 | 18:01 WIB

Mental maling +62emoticon-Leh Uga
Nyolong ratusan baut, dijual berapa duit sih?emoticon-Cape d...

Bilang Malaysia maling, sekarang telan ludah sendiriemoticon-Wakaka

Kalo copot itu jembatan dan banyak korban, jangan lupa nyalahin pemerintah yaemoticon-Cape d...
emoticon-Ultah telok lemak tak terindikasi artinya mental seluruh indo kasta kere pemulung jahanam patut di pertanyakan emoticon-Angpauemoticon-Leh Uga
Diubah oleh ranganu
parah bener
klo nggak ketahuan dan ambruk bisa makan korban jiwa itu
otaknya kagag dipakek itu ama malingnya
Gua pikir tadinya pelakunya dari sebelah utara jatim gan..
kerjaan kampret

dasar manusia negara +62, sepertinya perlu ada holocaust buat macem orang kek gtu biar gk merambat ke anak cucu mental malingnya
Diindo ga bisa liat barang nganggur, tangan udah pada gatel pengen ngambil emoticon-Leh Uga
Rakyat maling
subannalloh, infrastrukturnya dimakan rakyat Riau ya akhi emoticon-EEK!
parah baut aja sampe dicuri,, Luar biasa memang moral para pencuri itu
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di