alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Indonesia Negara Pertama di Dunia Kembangkan Minyak Sawit Jadi Bensin
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb306a07414f50cde72b152/indonesia-negara-pertama-di-dunia-kembangkan-minyak-sawit-jadi-bensin

Indonesia Negara Pertama di Dunia Kembangkan Minyak Sawit Jadi Bensin

Indonesia Negara Pertama di Dunia Kembangkan Minyak Sawit Jadi Bensin

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang mengembangkan minyak kelapa sawitmenjadi bahan bakar bensin melalui co-processing.

"Minyak sawit itu dicampurkan ke kilang dengan proses kracking, menggunakan katalis Merah Putih, yang juga merupakan produksi anak bangsa, dan akan menghasilkan bensin dan LPG di akhir proses," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral, Dadan Kusdiana, di depan mahasiswa peserta Workshop Pengembangan Bioenergi dan Energi Pedesaan Berbasis Energi Terbarukan di Institut Pertanian Bogor (IPB), Jumat (12/4/2019) lalu.

Sebagai salah satu produsen minyak sawit terbesar di dunia selain memanfaatkan sawit sebagai campuran bahan bakar minyak jenis solar, kini juga tengah mengembangkan penelitian pemanfaatan sawit untuk bahan bakar jenis bensin (gasolin) maupun LPG (Liquified Petroleum Gas). Untuk kepentingan itu melalui Pertamina, Balitbang Kementerian ESDM bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dadan mengatakan, pemanfaatan sawit untuk bensin ini juga telah dilakukan di beberapa negara seperti di Amerika, Italia, dan UEA. "Namun yang mereka kembangkan bukan co-prosessing, tapi standalone, dari sawit menghasilkan bensin. Untuk co-processing ini kita yang pertama. Mereka membuat pabrik baru yang dapat mengolah langsung sawit dengan bensin sebagai salah satu produknya.," kata Dadan.

Kelebihan co-prosessing ini, kata Dadan, Indonesia masih bisa menggunakan kilang exsisting, sehingga lebih hemat dalam proses produksinya. "Yang digunakan adalah kilang eksisting, hanya ditambahkan proses di tengahnya untuk menghasilkan bensin dan LPG," imbuh Dadan.

Soal harganya nanti, lanjut Dadan, nantinya masih akan tergantung bensin dari harga bahan baku sawitnya. "Ada mekanisme yang saling menguntungkan pastinya. Bisa melalui intensif atau bentuk lain, karena kita tahu hingga saat ini bahwa harga minyak goreng selalu lebih mahal dari bahan bakar," tandas Dadan.

Selain Dadan Kusdiana, hadir pula sebagai pembicara pada workshop kerjasama Balitbang ESDM dan IPB kali ini, Pakar Bioenergi IPB Erliza Hambali dan Armansyah Tambunan, juga Direktur Penyaluran Dana BPDPKS Edi Wibowo dan pengurus Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia, Paulus Tjakrawan. 

Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang mengembangkan minyak kelapa sawitmenjadi bahan bakar bensin melalui co-processing. (*)

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ini keren.. negeri kita kaya sawit..

Yg udah bisa buat jalanin motor saat ini baru air kelapa muda.
oh...

Indonesia Negara Pertama di Dunia Kembangkan Minyak Sawit Jadi Bensin
Pak Kowi uda mengembangkan B20, B50, B100....
Keren nih.
ntar pasti ada aja yg nyinyir perusakan hutan, rebutan lahan dll.

Quote:


Bensin dorong ya gan emoticon-Embarrassment
dibakar tetap jadi co2, apa bagusnya?
bisa buat bahan bakar kuda gak?
wowo anti infastruktur kampret biasakann pake kuda sama kebo sawah
Quote:


emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Balasan post GayusTambunan.
Quote:


omgemoticon-Belo... gadun sawit... emoticon-Ngacir
Quote:


Tetap B2 juaranya emoticon-Blue Guy Smile (S)

































































emoticon-Genit
Semoga teknologi ini ga dikembangkan. Damoaknya buruk utk lingkungan. Pembukaan lahan hutan ditambah lagi sama aja menghasilkan CO2 hiii
minyak nabati ............

rentan ruang mesin jadi berkarat, kecuali full almunium dan itu mahal

Balasan post rp.1000000
Enak gan B2....hahahaha
preettttt.... baru kebakaran jeggot setelah sawit di ban EU

klo emang bisa kenapa ga dari kemarin"? kenapa harus nunggu di ban baru mulai sesumbar?



tipu" aja kau emoticon-fuck3
Balasan post kudo212
Quote:


orang bijak pernah bilang, better late than never emoticon-Embarrassment

ini kan emang antisipasi banned Eropa, karena lahan perkebunan Sawit sudah kadung belasan juta hektar, dan lahan bekas sawit tak bisa begitu saja langsung digunakan untuk tanaman produktif lain emoticon-Malu

Makanya biar gak membuat guncangan, dicarikan diversifikasi industri untuk itu.
Lagipula selain banned Eropa, industri minyak sawit udah sangat terancam ma industri minyak dari bunga matahari yg konon lebih ramah lingkungan emoticon-Amazed

Jadi kayaknya olahan BBN ini sebagai solusi jangka panjang menjadikan minyak sawit sebagai bahan bakar
Balasan post Uthe18
hoax soal cpo jadi bensi itu udah lama, alasan terbesarnya ya karena harga jualnya kalah sama bbm biasa


kecuali pemerintah mau kasih subsidi bbm dari cpo ga akan jalan ini
ditambah sekarang lagi gembar-gembor kendaraan elektrik, benar" kontra produktif emoticon-Traveller
Diubah oleh kudo212
Diakui prosesnya masih mahal,
harga jualnya tinggi .....
Klo harga jual bisa dibawah atau minimal setara BBM fosil baru feasible buat dikembangkan, lah ini harga CPO aja Rp. 7000an per KG, mau dijual berapa itu bahan bakarnya emoticon-Big Grin.
Bahkan bio diesel itu akal² pengusaha sawit aja agar produknya terserap pasar, karena beda harganya dengan solar terlampau jauh..



Bangunin saya kalau sudah jadi ya....




BTW, seandainya bisa terwujud l, apa bisa lolos euro 3 atau euro 4 nih emisinya...???

Mengingat Indonesia juga dah teken standar emisi brdasar standar EURO

Balasan post kudo212
issu BBN kan emang selalu naik turun mengikuti harga minyak dunia emoticon-Malu

masih ingat dulu jor2an penanaman jarak pagar untuk BBN karena harga minyak meroket US$60 dari cuma US$30 sekitar 2006 ?
Lalu muncul lagi yg lain, macam ketela atau Aren dan terakhir dari Sawit.
Tapi begitu harga minyak normal lagi, isu itu hilang, baru boom lagi 2008-2009 saat harga minyak >US$100

begitulah, penelitian udah ada, tapi political will nya kalah ma yg lain begitu momok nya (harga minyak) berlalu emoticon-Nohope

tapi seperti yg gw bilang d awal, kayaknya ini solusi FINAL karena Sawit di "hajar" dari 2 isu, sisi lingkungan dan kompetitor baru dari minyak biji matahari yg banyak dihasilkan Pakistan yg lebih ramah lingkungan emoticon-Embarrassment

Kalau gak segera dicarikan diversifikasi untuk sawit, bisa lumayan pengaruh industri sawit terkait banyaknya orang yg tergantung dr sawit ini emoticon-Embarrassment

termasuk petinggi2 Indonesia yg banyak punya perusahaan dan lahan sawit emoticon-Ngacir
hrg ekonomisnya brp? 9000 / liter ?

sayangi alam bro..eropa sdh beralih ke mobil listrik,kita kapan?
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di