alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Jutaan anak asma akibat polusi, termasuk di Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb2f531c9518b34853b27f5/jutaan-anak-asma-akibat-polusi-termasuk-di-indonesia

Jutaan anak asma akibat polusi, termasuk di Indonesia

Jutaan anak asma akibat polusi, termasuk di Indonesia
Ilustrasi anak penderita asma.
Paparan terhadap polusi udara akibat lalu lintas telah ditemukan menyebabkan asma pada hampir empat juta anak di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Karena tingkat yang mengkhawatirkan, para peneliti mendesak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperbarui pedoman demi melindungi anak-anak dari asma.

Asma adalah penyakit yang sangat umum di kalangan anak-anak dalam beberapa dekade terakhir. Begitu banyak anak menderita penyakit pernapasan kronis ini, sampai-sampai asma jadi salah satu penyakit tak menular paling umum di kalangan anak-anak di penjuru dunia.

Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, melaporkan prevalensi asma di Indonesia adalah 4,5 persen dari populasi, dengan jumlah kumulatif kasus asma sekitar 11.179.032. Asma berpengaruh pada disabilitas dan kematian dini terutama pada anak usia 10-14 tahun dan orang tua usia 75-79 tahun.

Sementara menurut data Kementerian Kesehatan, pada 2018 prevalensi asma di Indonesia sebesar 2,4 persen. Perlu diingat, data ini mencakup penduduk dari segala usia.

Studi baru menemukan kaitan antara polusi udara dengan asma pada jutaan anak. Peneliti dari George Washington University, Milken Institute School of Public Health di Washington, D.C. baru-baru ini meneliti efek nitrogen dioksida (NO2) pada kasus baru asma pada anak-anak.

[URL="https://www.greenfacts.org/en/nitrogen-dioxide-no2/ "]Nitrogen dioksida[/URL] adalah keluaran gas utama yang ditemukan dalam produksi energi, terutama polusi lalu lintas, bersama dengan unsur-unsur lain seperti partikel, ozon, dan karbon monoksida. NO2 terdapat di udara yang kita hirup saat mobil lalu lalang, dan ternyata efeknya cukup mengerikan terutama untuk anak-anak.

Dalam riset yang diterbitkan di jurnal Lancet Planetary Health ini, para peneliti mengamati data dari 125 kota di 194 negara antara tahun 2010 dan 2015. Di Indonesia, peneliti mengamati kota Bandung, Jakarta, Surabaya, Medan, Surakarta, dan Semarang.

Data yang diamati termasuk statistik populasi, kasus baru asma yang didiagnosis oleh dokter di daerah tersebut pada orang di bawah usia 18 tahun, dan pengukuran nitrogen dioksida dari tanah dan melalui transmisi satelit.

Setelah mempelajari semua elemen, para peneliti menemukan, empat juta kasus asma pada anak-anak bisa dikaitkan dengan polusi udara, yang berjumlah sekitar 13 persen dari semua kasus asma anak di seluruh dunia. Ini berarti ada 11 ribu kasus asma baru setiap hari sepanjang tahun.

Para peneliti meminta WHO mempertimbangkan temuan mereka untuk memperbarui Pedoman Kualitas Udara. Tim mengatakan hampir 92 persen dari kasus asma pediatrik baru yang disebabkan oleh NO2 ditemukan di daerah yang memenuhi pedoman WHO.

"Temuan itu menunjukkan pedoman WHO untuk NO2 mungkin perlu dievaluasi kembali untuk memastikan itu cukup melindungi kesehatan anak-anak," ujar periset Pattanun Achakulwisut.
Jutaan anak asma akibat polusi, termasuk di Indonesia
Persentase tahunan kasus asma baru yang disebabkan oleh paparan nitrogen dioksida (NO2) pada anak-anak berusia 1-18 tahun. Indonesia masuk dalam Super-region 6.
Kasus asma baru yang disebabkan oleh paparan NO2 diperkirakan terjadi di beberapa negara termasuk Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, dan Brasil.

Meskipun AS, Indonesia, dan Brasil memiliki ukuran populasi anak yang serupa, AS memiliki konsentrasi NO2 tertimbang populasi tertinggi, sementara Indonesia memiliki tingkat kejadian asma tertinggi di antara ketiga negara ini.

Penelitian ini juga menunjukkan, kurang dari dua pertiga kasus terjadi di area perkotaan di mana polusi lalu lintas lebih banyak terjadi. Seperti Tiongkok, Korea Selatan, dan India.

Polusi udara tidak hanya memicu penyakit, tetapi juga bisa menyebabkannya. Penulis senior penelitian Dr. Susan C. Anenberg menjelaskan, "Temuan kami menunjukkan bahwa jutaan kasus baru asma anak dapat dicegah dengan mengurangi polusi udara."

Dr. Anenberg menambahkan, memperbaiki akses ke bentuk transportasi yang lebih bersih, seperti transportasi umum berbasis listrik dan perjalanan aktif dengan bersepeda dan berjalan kaki, tidak hanya akan menurunkan tingkat NO2, tetapi juga akan mengurangi asma, meningkatkan kebugaran fisik, dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Karena semakin banyak negara yang berupaya mengurangi jejak karbon mereka dalam upaya memerangi dampak buruk pencemaran udara, ini adalah data penting yang perlu diingat. Apalagi, polusi udara baru-baru ini dinyatakan sebagai salah satu ancaman terbesar bagi kesehatan pada 2019 oleh WHO.

Para ahli yang tidak terlibat dalam penelitian memuji riset ini. Salah satunya Profesor Stephen Holgate, profesor Immunopharmacology di University of Southampton, Inggris.

“Penemuan mengejutkan ini mengamanatkan, NO2 sebagai polutan beracun perlu dianggap lebih serius dan dikenakan batas lebih ketat demi melindungi generasi yang akan datang," papar Holgate.

Sementara Stefan Reis, Atmospheric Chemistry and Effects at the Centre for Ecology and Hydrology Natural Environment Research Council mengatakan, tinjauan yang sedang berlangsung tentang nilai-nilai pedoman WHO akan secara substansial mendapat manfaat dari hasil riset seperti ini.

"Mereka menyoroti perlunya mencapai pengurangan substantif dalam keseluruhan paparan populasi, daripada berfokus pada pencapaian nilai batas di beberapa lokasi pemantauan," jelas Reis.

Jutaan anak-anak menderita penyakit pernapasan kronis yang mungkin seharusnya tidak perlu mereka alami. Semakin jelas, bahwa kita harus berupaya mengubah keadaan menjadi lebih baik.
Jutaan anak asma akibat polusi, termasuk di Indonesia


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...k-di-indonesia

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jutaan anak asma akibat polusi, termasuk di Indonesia Lembaga penyiaran dilarang siarkan kampanye di masa tenang

- Jutaan anak asma akibat polusi, termasuk di Indonesia 6 Kabar terpopuler sepekan terakhir

- Jutaan anak asma akibat polusi, termasuk di Indonesia Rapor merah Angka Kematian Bayi di Indonesia

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di