alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Keluhan Mahasiswa di Yogya, Terpaksa Golput karena Tak Bisa Urus A5
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb2f52582d49540eb1ced22/keluhan-mahasiswa-di-yogya-terpaksa-golput-karena-tak-bisa-urus-a5

Keluhan Mahasiswa di Yogya, Terpaksa Golput karena Tak Bisa Urus A5

Rabu 10 April 2019, 16:32 WIB

Ristu Hanafi - detikNews
Keluhan Mahasiswa di Yogya, Terpaksa Golput karena Tak Bisa Urus A5
Antrean pengurusan A5 di kantor KPU Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom

Sleman - Sejumlah mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tak bisa menyembunyikan rasa kecewanya karena tidak bisa mengurus A5 atau pindah TPS untuk Pemilu 2019. Mereka pun terpaksa golput pada hari coblosan 17 April mendatang.

"Nggak bisa dapat A5, penjelasan dari KPU, katanya sih sesuai dari keputusan MK, saya mahasiswa reguler nggak ada surat penugasan dari kampus, alhamdulillah tidak bisa dapat A5," kata Kiki (22) mahasiswa asal Lampung, saat ditemui di kantor KPU Kabupaten Sleman, Rabu (10/4/2019) sore.

Kiki yang kuliah di perguruan tinggi negeri di Yogya itu mengantri untuk mengurus A5 sejak siang tadi. Dia sudah membawa surat keterangan mahasiswa aktif dari kampus, kartu ujian yang menerangkan bahwa dia saat ini sedang menempuh ujian, Kartu Tanda Mahasiswa, KTP dan Kartu Keluarga.

"Ya mau nggak maulah," ujarnya saat ditanya apakah akan golput di Pemilu 2019.

Kiki menjelaskan kalau harus pulang ke kampung halamannya di Lampung, dia terkendala biaya beli tiket.

"Pulang Lampung tiket mahal Rp 1,2 juta, pulang-pergi berarti Rp 2,4 cuma buat sehari," ungkapnya.

Kiki pun merasa kecewa karena dia tak bisa lagi memakai hak pilihnya. "Saya merasa hak pilih saya berharga, saya mau menentukan pilihan di 17 April. Pertama nyoblos tahun 2014, cukup modal KTP, gak ngurus apa-apa, ke TPS langsung nyoblos," keluhnya.

Kiki menambahkan, di kampusnya memang pernah ada pos pengurusan A5. Namu saat itu dia sedang praktik kerja di luar pulau sehingga saat itu tidak bisa mengurus A5.

"Dapat informasi perpanjangan angin segar buat saya, bisa ngurus lagi. Tapi ternyata cuma buat mahasiswa beasiswa, itu saya yang nggak tahu, padahal sama-sama mahasiswa di Yogya," imbuhnya.

Senada disampaikan Dini (25), mahasiswi perguruan tinggi swasta yang juga asal Lampung.

"Saya nggak bisa karena saya mahasiswa reguler, kan ada empat syarat, bencana, tahanan, sakit, tugas belajar artinya beasiswa dari perusahaan atau instansi dia bekerja. Kalau reguler tidak bisa," ujarnya di kantor KPU Sleman. (sip/sip)

https://m.detik.com/news/berita-jawa...k-bisa-urus-a5
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Tanya mahasiswa S3 malaysia yg lg ngekost di Saudi, kok bisa die ikut pemilu!

Keluhan Mahasiswa di Yogya, Terpaksa Golput karena Tak Bisa Urus A5
Kos2an sang mahasiswa.
Diubah oleh i71lm4c4n
Quote:


tanya sendiri lah,masa suruh saya yang tanya gan!?
Ribet juga ya ngurusnya
Quote:


emoticon-cystg

tebakan ane ..... mas rizieq emoticon-Cool
owalah apes
jangan golput
Kan dah dibilangin dari jauh2 hari sebelum 10 april.
Mahasiswa kok sibuk ya???

Ane santai kyk dipantai semester 7 kelar....IPK juga gak malu2in...



Kecuali yg sambil gawe. Itu beda cerita...

Sayang bgt gak bisa ikut coblos...
Jadi tim hore juga gak asik klo golput...

emoticon-Cape d...
Balasan post floriantito
dah tahun 2019 era digitalisasi/online masih dibikin ribet ya ckckckck semoga kedepannya birokrasi ribet macam ini di sikat habis
Quote:


Gatau deh kenapa dibatesin urus itu ga bisa sertamerta sekarang.
Aku kurang tau banyak juga soal dpt dpt an.
gampang ngurusnya..
tinggal ke KPU bawa ktp, nanti dicek di website kalo memang sudah terdaftar sebagai pemilih.
tunggu berapa hari dapet deh A5
kenapa susah?
Bodoh
KpU udah sosialisasi via grup WA
Di internet saja sudah

Keluhan Mahasiswa di Yogya, Terpaksa Golput karena Tak Bisa Urus A5

Kemana aja ente mahasiswa
Dikira besok nyoblos, sekarang baru ngurus

Asli ga mikir, orang mah antri panjang ngurus A5. Orang dah santai ente sibuk, nanti nyalahin sistem.
Lek, kalo orang ngadain acara besar juga undangan itu ga disebar dadakan
Diubah oleh imba.ruiner
Balasan post Bingung007
kalo gampang nanti dibilang curang emoticon-Embarrassment
yg baju putih madep sini kayaknya cakep ya akhi emoticon-Maaf Agan
Lah bukannya udah jauh2 hari diumumkan buat ngurus A5 ?
Prosedurnya mudah kok, datang aja ke KPU Jogja bt tanya2

Itu punya Smartphone mbok ya dipakai buat cari informasi lah emoticon-Malu
Kok ga diurus daridulu hayo, kok sukanya mendadak emoticon-Leh Uga
spertinya kudu dipertimbangkan tps-tps khusus di kampus-kampus, kalo mahasiswanya banyak buat per fakultas biar ga golput
ente mahasiswa? hebatnya
Quote:


sibuk pacaran paling gan, padahal kalo dikanpus urusan internet no 1, lo mau pojokan di ugm uny udah kesedia wifi kenceng
Quote:


Smart phone with stupid people
Hape nya doang bagus

Google dipake cuma buat tugas kuliah
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di