alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
6,52% Mahasiswa Jogja Belum Urus A5 Memilih Golput
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb2f28edbf7647dc72eecdf/652-mahasiswa-jogja-belum-urus-a5-memilih-golput

6,52% Mahasiswa Jogja Belum Urus A5 Memilih Golput

13 April 2019 - 17:57 WIB, Oleh : Lugas Subarkah

6,52% Mahasiswa Jogja Belum Urus A5 Memilih Golput

Harianjogja.com, JOGJA- -Sebagai salah satu upaya melihat minat mahasiswa untuk berpartisipasi dalam pemilu, Bawaslu DIY mengadakan riset Uji Petik daftar Pemilih Pindah yang melibatkan 283 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di DIY pada Kamis (28/2/2019). Dari riset ini, Bawaslu mendapati 6,52% mahasiswa yang belum mengurus A5 memang berniat untuk tidak memilih.

Hal ini diungkapkan ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono, kepada wartawan, Rabu (10/4/2019). Riset ini dilakukan di beberapa perguruan tinggi yang meliputi Universitas Atma Jaya, UNY, UGM, Universitas Kristen Immanuel, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan, ISI dan Fakultas Ekonomi UII.

Dari riset ini, didapati 30,04% mahasiswa belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan 60,96% sudah terdaftar. Dari yang telah terdaftar DPT, 53,71% akan memilih di DIY, dan 46,29% akan memilih di daerah asal.

Dari responden yang akan memilih di DIY, masih ada 88,82% belum mengurus A5, dan baru 11,18% yang sudah mengurus. Nah dari responden yang belum mengurus A5 ini, 60,87% baru akan mengurus sebelum 17 Maret, 32,61% tidak tahu ada A5 dan 6,52% memutuskan untuk tidak memilih.

Dari riset ini, Bawaslu memberi imbauan kepada KPU agar lebih gencar mensosialisasikan bagaimana prosedur pemilih pindah. Banyak mahasiswa yang belum mengurus A5, padahal ini tidak tercover dalam putusan MK terkait kondisi khusus pengurusan pemilih pindah hingga H-7. “Ya mau enggak mau mereka harus balik kampung,” katanya.

Tag : pemilu 2019
Editor : Sunartono

https://m.harianjogja.com/jogjapolit...memilih-golput
emoticon-Turut Berduka
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ya biarkan saja kalau memang gak mau, udah diperpanjang kan kemarin batas waktunya.
Tanya mahasiswa S3 malaysia yg lg ngekost di Saudi, kok bisa die ikut pemilu!
Quote:


itu dari jumlah yang belum bisa atau tidak mau urus a5 gan,kecil yang memang niat golput,diluar itu mereka mau coblos sebenarnya bagi yang tidak berhalangan dan punya dana pasti pulang ke tempat dimana dia terdaftar dpt,bagi yang kurang beruntung yah gitu dah.
wowok beruntung malunya bisa sedikit dikurangi karena nggak kebantai-kebantai amat nantinya emoticon-Leh Uga
wowok besyukur
Wah mancap
Quote:


kok 17 Maret ? emoticon-Bingung

janganlah GOLPUT, belajarlah untuk bertanggungjawab sebagai warga negara yang baik emoticon-Embarrassment

terkecuali kalau memang karena KEADAAN emoticon-Malu
Diubah oleh Uthe18
mahasiswa sibukny juga g sampe 24 jam, kalo masalah perantauan g tau tempat kpu jogja kan bisa nanya kek sama penghuni lain.
Heleh... Sepikkkk bray... emoticon-Ngakak


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di