alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / ... / Pilih Capres & Caleg /
4 Dampak Negatif Jika Memilih Menjadi Golput
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb2aeb27414f546f24a0873/4-dampak-negatif-jika-memilih-menjadi-golput

4 Dampak Negatif Jika Memilih Menjadi Golput

4 Dampak Negatif Jika Memilih Menjadi Golput

Golput bukanlah lagi hal yang biasa kita dengar. Banyak kaum muda yang memilih menjadi golput daripada ikut mencoblos. Banyak alasan yang mereka lontarkan untuk memilih menjadi golput.

Namun untuk itu, kita sebagai generasi penerus bangsa setidaknya ikut menggunakan hak suara kita di pemilu nanti 17 April 2019 dengan baik dan benar. Pilihanmu menentukan masa depan bangsa 5 tahun yang akan datang.

Dengan itu gunakanlah hak suaramu dengan sebaik-baiknya.

4 Dampak Negatif Jika Memilih Menjadi Golput

Berikut dampak negatif jika agan menjadi golput:

1. Memudarnya demokrasi

Rakyat diberi kebebasan oleh negara untuk memilih caleg dan paslon yang sesuai dengan hati nurani mereka masing-masing. Bisa agan bayangkan jika golput semakin berkembang di Indonesia ini, dapat di pastikan Indonesia akan mengalami krisis identitas.

Akan terjadi konflik di setiap sudut yang di sebabkan adanya perbedaan kubu. Akibatnya politik di pergunakan sebagai alat pengahncur bangsa bukan sebagai pemersatu bangsa. Miris sekali memang jika memudarnya demokrasi di negeri kita ini akibat golput

2. Kehilangan hak untuk memilih pemimpin

Hak untuk memilih sebenarnya merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada rakyat Indonesia sendiri. Ada syarat yang harus di penuhi terlebih dahulu untuk memiliki hak pilih, seperti cukup umur, sehat rohani dan jasmani, dan lainnya.

Namun, apabila agan menyianyiakan kesempatan untuk memilih tersebut dan memilih menjadi golput. Maka hak pilih agan akan hilang begitu saja seiring waktu. Dengan memilih menjadi golput, agan menghilangkan sendiri hak agan sebagai warga negara.

3. Tidak ikut serta dalam ambil bagian negara Indonesia

Ikut serta dalam pemilu, berarti kita secara langsung berkonstribusi pada kemajuan bangsa kita. Kita ikut ambil bagian menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara yang demokrasi tanpa susah payah memperjuangkan kemerdekaan seperti pahlawan bangsa kita dulu.

Namun, apabila agan memilih menjadi golput, agan membiarkan pemilu begitu saja tanpa peran agan secara langsung. Berarti kita bisa dibilang bukanlah bagian dari negara lagi.

4. Merugikan negara

Memilih menjadi golput berarti kita merugikan uang negara. Karena pada saat melaksanakan pemilu, biaya yang dikeluarkan oleh negara tidaklah sedikit. Dana yang dikeluarkan untuk mendapatkan kotak suara, dan juga kertas pemilu bukanlah sedikit. Panitia pusat harus menyiapkan beratus juta lembar bukan sedikit biaya yang di keluarkan.

Sebagai warga negara, jika agan memilih menjadi golput, agan menyianyiakan hak pilih agan dengan bersantai-santai dirumah? Saya rasa agan juga termasuk dalam melakukan korupsi.

Demikian thread ane, mohon maaf kalo salah
Jangan lupa rate dan cendolnya ganemoticon-Cendol Gan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di