alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Dikelilingi Musuh, Israel Punya Doktin Pertahanan yang Kemudian Dicontek Iran
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb295676df23115cb74a87d/dikelilingi-musuh-israel-punya-doktin-pertahanan-yang-kemudian-dicontek-iran

Dikelilingi Musuh, Israel Punya Doktin Pertahanan yang Kemudian Dicontek Iran

Sabtu, 13 April 2019 15:24
Dikelilingi Musuh, Israel Punya Doktin Pertahanan yang Kemudian Dicontek Iran

National Interest

Tentara Iran, Israel Punya Doktin Pertahanan yang Kemudian Dicontek Iran 


SERAMBINEWS.COM - Dari tahun 1950-an hingga 1970-an, kelangsungan hidup Israel selalu menjadi sasaran ancaman perang yang berkelanjutan.
Negara-negara tetangganya tidaklah bersahabat.
Israel dikeliingi musuh besar yang didukung oleh negara adidaya bersenjata nuklir.
Pengaturan strategis yang berbahaya ini menghasilkan tiga perang besar.
Salah satunya adalah Perang Yom Kippur tahun 1973.
Salah satu cara Israel engatasi masalahnya adalah dengan membangun aliansi dengan kekuatan global.
Pertama Prancis, kemudian Amerika Serikat.
Prancis kemudian membantu Israel untuk memperbaiki persenjataan nuklirnya.
Namun aliansi dan persenjataan saja tidak cukup.

Israel harus membangun persahabatan lebih luas lagi dengan para tetangga dan musuhnya.


Hasilnya adalah Doktrin Pinggiran, yakni saat Israel mencari kerja sama dengan negara-negara non-Arab seperti Turki dan Iran untuk bekerja melawan tetangga-tetangga Arab.
Seperti yang dicatat oleh Yossi Alpher, seorang ahli strategi Israel dan mantan perwira intelijen, Israel juga berhubungan dengan negara pinggiran lainnya.
Termasuk dengan Sudan dan Ethiopia, yang kontrolnya terhadap hulu sungai Nil mengancam Mesir.
Lalu dengan man dan Maroko, lalu dengan kelompok minoritas yang terkepung seperti orang Kurdi di Irak atau orang Kristen Maronit di Lebanon.
Namun jatuhnya sekutu pinggiran seperti Iran dan terjadinya perjanjian damai dengan Mesir serta Yordania, membuat keamanan dan Doktrin Pinggiran itu usang.
Tetapi pada waktunya, ancaman baru bagi Israel akan muncul: Iran.
Dan, dalam salah satu ironi besar dalam sejarah, Iran sendiri memiliki strategi yang mirip dengan Doktrin Pinggiran Israel.
Baca: Plt Gubernur Bertemu 50 Pengusaha IKM: Jangan Lagi Berharap Investasi Besar Masuk ke Aceh
Doktrin Pinggiran Iran
Iran tidak sepenuhnya terputus dari tetangganya seperti Israel pada waktu itu dan Iran juga memiliki opsi untuk membangun aliansi di pinggiran Arab.
Kemitraan mereka yang paling terkenal adalah dengan Houthi di Yaman.


Namun upaya Iran untuk meminjam Doktrin Pinggiran Israel berada di bawah tekanan yang meningkat.
Keterasingannya di wilayah ini semakin dalam dan hubungan dengan tetangga-tetangga Teluk semakin menurunkan hubungan.
Lebih jauh, Iran tidak memiliki mitra kekuatan besar yang dalam dan dapat dipercaya.
Dan bahkan jika itu bisa terwujud, infrastruktur kritis dan kemampuan militer Iran harus ditangani terlebih dahulu sebelum dapat mendekati kekuatan unilateral gaya Israel.


Artikel ini telah tayang di [url=http://]serambinews.com[/url] dengan judul Dikelilingi Musuh, Israel Punya Doktin Pertahanan yang Kemudian Dicontek Iran, http://aceh.tribunnews.com/2019/04/1...ek-iran?page=3.

Editor: Amirullah



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
tenang kalau next presiden usa bernie sanders, itu ngisroil fix di laknat angkel sanders
Mo diomongin model apapun Israel negara dengan militer terkuat di timteng..emoticon-Stick Out Tongue
Iran sama Saudi bisa digebuk cuma pertahanan kosong sehingga jadi sasaran gerilyawan..emoticon-Stick Out Tongue
israel bersahabat dengan hampir seluruh negara timteng (dibelakang layar) krn give and take. seluruh pemimpin negara timteng berhutang nyawa kepada mossad yg sering membocorkan rencana assasinate musuh2 mereka,termasuk jg mossad siap sedia menjadi tukang pukul utk menghabisi musuh pemimpin negara arab-afrika.

iran? cara main mereka jauh lbh kasar .mereka cari musuh dimana mana terutama proxy2 nya yg jd duri dalam daging diberbagai negara.
media investigasi vice pernah menelusuri dan meneliti tentang bagaimana sebenarnya hubungan israel dgn negara negara arab, khusus negara yg bercorak monarki. mereka menyimpulkan ada hubungan sangat erat antara para sultan, raja dan pemimpin2 negara arab dgn israel.

banyak penguasa arab yg bahkan tidak percaya dgn pengawalnya sendiri. akhirnya mereka lebih percaya dgn informasi2 yg bersumber dari israel. raja oman bahkan menempatkan salah satu petinggi mossad sebagai penasehatnya
Kok nyontek dr kafir? emoticon-Wakaka
sementara disini bani jedot2 hina org israel sampe ke ubun2, trus majikannya di ngarab sono flirting sm israel
Israel kuat sama tradisinya sih,,sama kayak jepang dan singapura

kalo dunia arab,afrika utara dan Indonesia gak berdaya karena bimbang antara milih tradisi atau gaya hidup modern

padahal bisa berjalan bersama2
Quote:


Quote:

Fakta berbicara..emoticon-Leh Uga
emoticon-Leh Uga
emoticon-Leh Uga
emoticon-Leh Uga
klw israel gak kuat gak mungkin bisa eksis lah sampe skrang, ini salah satu peradaban tertua di dunia yg masih eksis, dan ini bangsa memiliki pengaruh dalam kemajuan di bidang sains dan tech. Klw mau kuat dan disegani negara2 lain ya lu harus punya pengaruh lah buat dunia.
efek bangsa yg ditekan dimana2.
krn pny musuh banyak..merasa g aman, mereka berjuang utk "survive"
akhirnya bs jd skg.
makanya klo ente sedang "pesakitan" atau "diuji" g perlu khawtir, krn endingnya klo ente sukses keluar tu ujian..jd orang israel emoticon-Wakaka
orang sering ga sadar, klo israel itu sebenarnya adalah supporter utama rezim mullah di iran dari balik layar.

smua bermula dari kejatuha shah iran oleh para mullah yg didukung mossad, berlanjut ke perang iran-irak. iran mendapat dukungan penuh logistik perang dari israel. bahkan israel rela ngelobi US buat dapetin sucad f-4 demi iran

bukan cuma itu aja, ditengah emargo ketat dari US, israel sebagai sekutu dekat US di timteng justru menjalin hubungan ekonomi kuat dengan iran dibalik layar. bahkan israel mendukung program nuklir iran secara tidak langsung lewat paki

ketika US mulai concern dengan masalah nuklir iran, israel ngasih ide buat merusak fasilitas nuklir iran secara diam", pakai virus komputer. tapi sekali lagi US dikadali oleh israel, itu virus malah disebar dikeman-mana sampe akhirnya ketahuan oleh pihak iran. dan yg terjadi malah sebaliknya. kemampuan pengayaan nuklir iran langsung meningkat drastis dengan bantuan asistensi dari rusia sejak kejadian itu

bahkan ketika invasi irak 2003, israel lah yg memaksa US untuk menyerang irak dengan memberi US informasi inteligen palsu. hasilnya sekali lagi sangat menguntungkan iran. rezim irak kemudian dipimpin oleh syiah dan cenderung pro iran

bahkan yg terbaru di lebanon, hezbollah bisa sampe menang pemilu karena bantuan mossad. benar" jago drama ini israel-iran. padahal klo mau israel itu bisa aja ngebom fasilitas nuklir iran kayak pas sama irak dulu. tapi nyatanya tidak, cuma bikin statemen koar" di media

dan yg jadi korban disini US, udah berapa banyak nyawa personel militer US mati cuma buat nurutin kemauan israel. goblok emang emoticon-Cape d...
iran mending urusin dalam negeri dulu dah, banyak yg harus dibenahi. stop mendanai Hezbollah gk ada gunanya. kesalahan masa lampau israel adalah banyak membantu diktator2 timteng pada jaman dahulu
Quote:


bani jedot2
emoticon-Leh Uga
Quote:


emoticon-Sundul
Balasan post bramhiphip
Alhamduleluya mana mau terima ?
tetap saja mereka bakalan sembunyi dibalik pohon
Balasan post kitten.meow
kelompok sblh kebanyakan idup sante pake minyak ternyata minyaknya ud abs.
yg nyedot skg yg byk minyaknya drpd yg punya emoticon-Ngakak
Dikelilingi Musuh, Israel Punya Doktin Pertahanan yang Kemudian Dicontek Iran

Dikelilingi Musuh, Israel Punya Doktin Pertahanan yang Kemudian Dicontek Iran

Coba liat ini guys. Soal bos2 palestina
Quote:


Israel mau menggebuk Iran dan Saudi sekaligus ?. bisa dihabisi dengan sekali pukul itu Israel, itu nantinya jelas bukan hanya melibatkan Iran dan Saudi saja, tapi juga melibatkan Sekutu-sekutunya juga. Dan akan cukup mudah menghabisi Israel, melihat perbandingan kekuatan militernya.
Iran semakin maju dengan diperkuat drone dan pesawat supersonic yang bisa keluar dari laut.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di