alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Catat! Ini Hal yang Dilarang Selama Masa Tenang Pemilu 2019
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb29275f4ae2f70de7185cf/catat-ini-hal-yang-dilarang-selama-masa-tenang-pemilu-2019

Catat! Ini Hal yang Dilarang Selama Masa Tenang Pemilu 2019

2019/04/14 
detikNews

Catat! Ini Hal yang Dilarang Selama Masa Tenang Pemilu 2019Ilustrasi Jokowi-Prabowo (Foto: Edi Wahyono)

Jakarta - KPU menetapkan 14-16 April sebagai masa tenang Pemilu 2019. Para peserta pemilu dilarang berkampanye dalam bentuk apa pun di masa tenang. 

Dirangkum detikcom, Minggu (14/4/2019), para peserta pemilu dapat dijatuhkan sanksi jika melanggar aturan masa tenang yang telah ditetapkan lewat UU dan Peraturan KPU (PKPU). Bagaimana peraturan di masa tenang bagi peserta pemilu?

Berdasarkan UU Pemilu No 7/2017, selama masa tenang, pelaksana, peserta, dan/atau tim kampanye pemilu presiden dan wakil Presiden dilarang menjanjikan atau memberikan imbalan kepada pemilih untuk: tidak menggunakan hak pilihnya, memilih pasangan calon, memilih partai politik peserta pemilu tertentu, dan memilih calon anggota DPR/DPRD/DPD tertentu. Hal ini tertuang dalam Pasal 278 UU Pemilu No 7/2017.

Kemudian, merujuk pada Pasal 523 ayat (2) juncto Pasal 278 ayat (2) UU Pemilu, sanksi jika melanggar larangan di atas yaitu pidana penjara paling lama 4 tahun dan denda paling banyak Rp 48 juta. 

Melalui PKPU, KPU mengatur tentang larangan berkampanye di media sosial. Larangan itu tertuang dalam Pasal 53 ayat (4) PKPU No 23/2018. 



Selanjutnya, dalam Pasal 492 UU Pemilu, juga disebutkan tentang ketentuan tindak pidana pemilu. Pasal itu berbunyi tiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye pemilu di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp 12 juta.


Selain bagi para peserta pemilu, UU Pemilu 7/2017 juga mengatur tentang publikasi hasil survei di masa tenang. Dalam Pasal 449 UU Pemilu, pengumuman hasil survei atau jajak pendapat tentang pemilu tidak boleh dilakukan selama masa tenang.



Merujuk pada Pasal 509 UU Pemilu, lembaga survei yang melanggar ketentuan tersebut bisa dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp 12 juta.



Jika menemukan pelanggaran, masyarakat dapat melaporkan ke Bawaslu. Bawaslu akan menindaklanjuti tiap laporan yang diterima dan diteruskan jika memenuhi syarat. 
(tsa/rvk)


Baca juga: 
Dimulai Hari Ini, Masa Tenang Pemilu 2019 Hingga 16 April
Bawaslu DKI Mulai Bersihkan Baliho Kampanye Caleg-Capres
Wali Kota Jakut Turun Gunung Tertibkan Baliho Caleg-Capres

original link ;
https://news.detik.com/berita/d-4509...-pemilu-2019/2

Bawaslu pun akan mengawasi kampanye di media sosial pada masa tenang. Bawaslu bekerja sama dengan Kominfo untuk mengawasi iklan di media sosial.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
klo gebrak2 meja msh bole kan??
awas prabokir lagi gak tenang
ga ada kampanye sama survei lg ya ..
cebong kampret g bs gelut lg dong emoticon-Ngakak
wowok bisa ngademin diri biar ga struk
dilarang mewek
Kampanye nya masih akan terus berjalan koq, coba saja kita tengok WhatsApp atau Facebook pada tanggal 14-16 April.
Kecebong dan Kampret pasti masih akan terus bergerilya, kalo ndak begitu nanti ndak bisa makan emoticon-Leh Uga
hari tenang yaudah diem diem aja.
Quote:


itu kan buat peserta pemilu dan lembaga survei dan media juga

kalo cebong dan kampret dianjurkan berkelahi terus sampai waktu ke tps setelah ketahuan hasil quick count pilpres barulah cebong dan kampret saling bermaaf2an
gue orangnya optimis

jadi menurutku mengurus indonesia itu gampang bgt orang sedungu jokowi aja mambu bikin indonesia tumbuh 5% apalagi kl secerdas rocky gerung jd presiden indonesia

orang pesimis berpendapat ngurus indonesia itu maha sulit dan cuma orang sedungu jokowi yg mambu membawa indonesia berjaya padahal strategy jokowi cuma bisa import dan ngutang ngutang kutang :v
Quote:


Pilpres 2014 malah ada yg extend kok...
sampai gulat di GBK sana emoticon-Ngacir
Quote:


gk penting bgt musuhan terus

mungkin itu orang partai

kl rakyat biasa udh nyoblos ya udh kelar saling musuhan
masalahnya pemilu indonesia tiap tahun jd atmosfir politik panas terus wkwkwk

PILKADA 2017
PILKADA 2018
PILPRES 2019

RAKYAT CUMA DIADU SAMA KEPENTINGAN ELITE POLITIK
Balasan post Modoru
kayaknya g jg deh gan...
setelah hasil pasti masih pada ribut..
ada aja yg merasa d curangi emoticon-Ngakak

padahal kemesraan ini tinggal brp hari lagi..
udah g ada cebong vs kampret season 3
Balasan post Modoru
Quote:


emoticon-Wakaka busyeeeet..ketemu ni koment dimana mana...kayanya yang koment ini baru mengalami hal buruk dalam hidupnya.
Quote:


iya kl merasa dicurangi harus diperjuangkan donk ke mk itu pun harus pake bukti dicurangi secara masif dan terstruktur

tp khayalan ane jika surat suara rakyat waktu pencoblosan itu ditukar dgn surat suara yg sdh tercoblos kan ngeri
Quote:


buat menyadarkan undecided voters
Balasan post Modoru
betul klo da bukti perjuangin..
klo ga ada bukti ya brti emang jujur ..
bukan kah percaya dengan KPU dan BAWASLU lebih membuat hati tenang d banding berpikir yang macam2 emoticon-I Love Indonesia
ane khawatir nanti ada timses yang tiba2 temukan logistik lagi nih.... biasanya dia yang taruh, dia yang bongkar, dia yang Viralkan


emoticon-2 Jempol
Quote:


yah ngak semudah itu nukarnya kayak nukar kucing dalam karung. dalam tiap perhitungan suara kan ada saksi dari masing2 pihak dan ada dokumentasinya.
masalahnya Kalo Hari tenang gk gk boleh kampanye,,, cebong ama kampret mau makan apa? Tolonglah pikirkan kesejahteraan mereka!





emoticon-Leh Uga
Jadi kowi gk bisa plagiat lg donk emoticon-Hammer
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di