alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Misteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip Kuno
4.89 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb27526c8393a261374574e/misteri-sang-ratu-pertapa-telanjang-jepara-terpecahkan-dengan-manuskrip-kuno

Misteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip Kuno

Quote:


Legenda Turun-temurun

Sepenggal kisah tentang Ratu Kalinyamat dalam quote di atas merupakan cerita legendaris yang paling melekat dalam ingatan orang di daerah Ane. Cerita ini kerap kali dimainkan dalam seni pertunjukan daerah sejak Ane belum lahir nyampe sekarang. Gaya bertapa telanjangnya dalam lakon cerita menjadi session yang paling menarik bagi penonton lelaki yang imaginer.

Bagaimana tidak ? Sang Ratu biasanya diperankan oleh pemain tercantik dalam grup pertunjukan karena memang legenda menyebutkan ciri fisik Sang Ratu yang cantik lagi penuh wibawa. Satu contoh adalah artis cantik Maudy Kusnaedi yang pernah memerankan sosok Ratu Kalinyamat dalam sebuah pagelaran Ketoprak Tari Aryo Penangsang pada Minggu (5/11/2017). Acara itu digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Ya tentu saja adegan bertapa telanjangnya tidak benar-benar diperankan dengan betul-betul bugil lah...

Misteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip KunoMisteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip Kuno
Maudy Koesnaedi saat memerankan Ratu Kalinyamat - Sumber : Kompas

Akankah kisah legenda ini dapat terus bertahan ? Ane tertarik buat menuliskannya, dasarnya karena buku catatan sejarah otentik kini telah ditemukan dan mulai banyak diterjemahkan. Tentu saja catatan sejarah ini lebih dapat menjadi sumber referensi yang sah ketimbang dongeng-dongeng legenda yang beredar. Pasalnya cerita legenda di Jawa cenderung sering berbau mistis dan khayalan belaka. Lebih-lebih pihak pemerintahan kolonial Belanda di jaman penjajahan kerap memutarbalikkan fakta sejarah dengan memelencengkan sejarah dari kebenaran lalu menyebarkannya sebagai hoax melalui cerita-cerita rakyat.


Perjuangan Literasi

Yayasan Dharma Bhakti Lestari yang dipimpin Lestari Moerdijat baru-baru ini bahkan mengusulkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional dengan membentuk Tim Peneliti dan Penulis Naskah Akademik dari sumber-sumber asli guna menepis mitos tentang Sang Ratu yang visioner tersebut.

Misteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip KunoMisteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip Kuno
Lestari Moerdiyat - Sumber : Antaranews

Dalam keterangan tertulisnya, Lestari menjelaskan tentang catatan sejarah yang ditulis oleh bangsa Portugis yang menunjukkan bahwa keberadaan Ratu Kalinyamat sebagai Rainha de Jepara (Ratu Jepara) itu bukanlah mitos dan bukan pula milik komunitas tertentu. Pihaknya kini telah mendapatkan buku Peregrinação dalam bentuk digital. Para mahasiswa PPI di Portugal selama ini telah membantunya melakukan pencarian sumber-sumber asli berbahasa Portugis dengan kata kunci Rainha de Jepara.

Misteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip KunoMisteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip Kuno
Naskah Asli - Sumber : wikipedia

Misteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip KunoMisteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip Kuno
Pembaharuan dalam bentuk buku cetakan baru - Sumber : iberlibro.com

Buku Peregrinação aslinya berupa tulisan tangan Fernao Mendez Pinto, seorang penjelajah dan penulis Portugis yang hidup di kurun waktu 1509–1583. Kini buku tersebut bisa didapat dalam bentuk digital dengan ekstensi PDF yang telah diketik ulang. Halaman depan yang telah di-scan berwarna cokelat dengan jumlah 628 halaman. Substansi isi buku Peregrinação  sebanyak 303 halaman, selebihnya sekitar sembilan halaman berupa penjelasan dari 226 chapter (bagian). Sisanya halaman depan, atribut buku, dan halaman belakang.

Pilgrimage atau dalam bahasa Portugis: Peregrinação, berisi tentang memoar otobiografi Fernao Mendez Pinto. Buku ini diterbitkan secara anumerta oleh biarawan Belchior Faria pada tahun 1614. Judul lengkap buku ini adalah :
Quote:

Busyet dah ! Panjang amat ya...emoticon-Hammer2

Sepenggal Kisah di Catatan Portugis

Penjelajah Portugis ini mencatat Ratu Kalinyamat sebagai rainha de Japara, senhora poderosa e rica, de kranige Dame, yang berarti "Ratu Jepara seorang wanita yang kaya dan berkuasa, seorang perempuan pemberani".

Misteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip KunoMisteri Sang Ratu Pertapa Telanjang Jepara Terpecahkan dengan Manuskrip Kuno

Ratu Kalinyamat sebagaimana bupati Jepara sebelumnya (Pati Unus), bersikap anti terhadap Portugis. Pada tahun 1550 ia mengirim 4.000 tentara Jepara dalam 40 buah kapal memenuhi permintaan sultan Johor untuk membebaskan Malaka dari kekuasaan bangsa Eropa itu. Pasukan Jepara itu kemudian bergabung dengan pasukan Persekutuan Melayu hingga mencapai 200 kapal perang. Pasukan gabungan tersebut menyerang dari utara dan berhasil merebut sebagian Malaka. 

Sang Ratu juga tercatat pada tahun 1565 memenuhi permintaan orang-orang Hitu di Ambon untuk menghadapi gangguan bangsa Portugis dan kaum Hative.

Sang Ratu Kosmopolitan

Ratu Kalinyamat adalah seorang penguasa yang memiliki semangat kosmopolitan, identik dengan keterbukaan, merangkul semua golongan, kepentingan, dan wacana setiap zaman.

Kemampuannya dibuktikan dengan membangun armada maritim yang tidak hanya berasal dari masyarakat Jepara, tetapi juga dari masyarakat Demak, Cirebon, dan Banten yang berasal dari berbagai golongan yang ada.

Kepentingan untuk memiliki jalur pelayaran dan perdagangan yang aman dan berdaulat menjadi cita-cita bersama antara Ratu Kalinyamat dengan Kesultanan Aceh dan Johor.

Lantas bagaimana dengan mitos Sang Ratu yang bertapa telanjang ?


Quote:


Makam Ramai Peziarah

Hingga kini, makam Nyi Ratu Kalinyamat nyaris tak pernah sepi dari peziarah. Mereka yang datang dari berbagai daerah dengan ngelalap berkah berharap mendapat karomah. Banyak di antara peziarah yang memohon kharomah agar parasnya menjadi cantik dan menawan juga sensual (bagi kaum hawa), atau gagah ganteng berkharisma bagi peziarah kaum adam di makam Pangeran Hadirin.

Tertarik buat berziarah gan ? Yuk mampir, Ane anterin...:monggo

Spoiler for Foto-foto Makam Ratu Kalinyamat:


Spoiler for Sumur ::
Diubah oleh wowonwae
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Quote:


memang cerita di babad tanah jawi perlu ditelaah lebih serius tapi situ tau alasan tapa telanjang itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap pemberontakan Jipang Panolan yg sudah membunuh kakak dan suami nya.
Jika dikaitkan dg jihad fisabillillah melawan portugis tentu gak nyqmbung karena periode nya berbeda.
Perlawanan thd portugis sudah dilakukan kalinyamat dan suami nya sebelum peristiwa tersebut.
Kalo menurut ane tapa telanjang lebih menunjukkan keikhlasan utk melepas segala kekuasaan demi utk menegakkan keadilan.
Dalam hal ini mengakhiri konflik terhadap sepupu nya Arya Penangsang
profile-picture
renofizaldy memberi reputasi
Diubah oleh mamorukun
Ada perjuangan dibaliknya emoticon-Ngacir
salah satu Ratu legendaris versi Lokalemoticon-Matabelo
Quote:


jangan suka menggiring opini
lihat dulu kronologisnya kenapa ratu bertapa telanjang
kejadian setelah pulang dari meminta keterangan kepada sunan kudus atas keris milik sunan kudus yg dipakai membunuh kakaknya
kemudian dikeroyok oleh komplotan arya penangsang yg menewaskan suaminya pangeran kalinyamat
akhirnya dia bertapa telanjang [B]dengan sumpah tidak akan berpakaian sebelum berkeset kepala arya penangsang[/B]
jelas2 motifnya adalah dendam kesumat kepada arya penangsang
apa hubungannya dengan jihad melawan portugis?
kekuasaannya direbut bagaimana dia mau jihad lawan portugis?
nantinya setelah dendam terbalaskan baru dia kembali naik tahta dan melawan portugis

emoticon-Traveller
profile-picture
renofizaldy memberi reputasi
Gak ada fotonya tapa telanjang berarti hoax...kan gt kl sekarang no pic = hoax
LEGENDA emoticon-Matabelo
au ah...gelap...
Sblmnya sbenernya ada Pati Unus, juga melakukan hal yg sama membantu Kerajaan Melayu melawan Portugal.
Ratu Kalinyamat jg luar biasa dlm meneruskan perjuangan islam, mmg layak jadi pahlawan nasional, krn ga cuman mengembangkan dan kerjasama antar wilayah di utara Jawa, tapi juga lintas kerajaan (Melayu, Aceh, Ternate, dll) melawan penjajahan.
Diubah oleh irmanator
dimanaaa dahh tempatnya.. sejarahh yaa.. baruubtauu guee..
ane baca kisah ini di novel Api di bukit menoreh, Ratu Kalinyamat bertapa telanjang dan buat sayembara untuk mengalahkan Aryo Penangsang.

Hadiwijaya (Jaka Tingkir), Sultan Pajang yang juga pernah berusaha dibunuh secara gelap oleh orang suruhan Arya Penangsang ikut sayembara ini dan Sutawijaya anak angkatnya yang berhasil mengalahkan Aryo Penangsang dalam duel diatas kuda (dia tertusuk kerisnya sendiri dan kemungkinan mati karena asam lambung masuk ke aliran darah).

Mana bukti tapa telanjang? emoticon-Blue Guy Bata (L)
Legenda ya? Hmnnn
Ninggalin jejak di trit sejarah emoticon-Shakehand2
Nice gan. . . . . . . . .
Dulu pernah ada filmnya klo gak salah apa ya.. Film yang seangkatan sama Barry prima, advent bangun
Ini yg jdi sumber inspirasi cerita sinetron tahun 90an dendam nyi pelet kan ?
Ane baca2 dolo yah Gan emoticon-cystg
Buseet gak disemutin tuh itu nya?
Sayang indonesia termasuk miskin data masa lalu. Jadi banyak sejarah yang berakhir dengan mitos karena diceritakan berlebihan tanpa dokumentasi.
Apa ga bosen ya bertapa lama2 gtu
wuih ane baca dlu ah
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di