alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Infrastruktur Kebablasan
3.58 stars - based on 26 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb273a8c342bb50562f3c6c/infrastruktur-kebablasan

Infrastruktur Kebablasan



Bicara infrastruktur pastinya kamu semua senang dong dengan adanya hal yang baru, seperti kereta cepat, LRT dan MRT. Bahkan jalan tol lintas sumatra, jalan tol lintas jawa, atau jalan tol lintas kalimantan bahkan jalan tol Sulawesi atau Papua.

Infrastruktur Kebablasan

Oke saat ini percepatan infrastruktur memang harus di lakukan karena Indonesia dirasa tertinggal oleh bangsa lain dalam memperoleh nikmatnya infrastruktur. Tapi sekarang kita bicara dengan akal sehat, saya tak pandai mengkritik hanya ingin membuka pikiran dengan negara yang luas seperti ini sebenarnya perlukah infrastruktur yang harus cepat di bangun. Ingat pembangunan infrastruktur kita ini di lakukan dengan biaya hutang, maka konsekuensinya aset negara bisa menjadi jaminan apa jaminanya ? Tergantung dari kerjasama pemerintah dan juga pihak yang mengeluarkan hutang, bisa aset property, tanah, pulau atau pengelolaan kekayaan alam dengan margin yang tak berimbang. Semua itu sah-sah saja, layaknya kamu berhutang pada bank mereka minta jaminan bpkb, surat tanah atau lainnya.

Infrastruktur Kebablasan

Melihat pola masyarakat dengan edukasi moral yang rendah, mampukah sebuah infrastruktur yang sudah dibangun tetap terjaga, baik itu kebersihannya, fasilitasnya, dan lain sebagainya. Memang pertanyaan tersebut akan beraneka ragam jawaban, maklum setiap otak manusia mempunyai jawaban yang tidak sama.

Pointnya infrastruktur itu perlu tapi setidaknya jangan asal-asalan ada blue print yang jelas, efek dari pembangunan infrastruktur itu apa ? Bila kereta cepat dibangun, MRT, LRT, Monorail saya rasa lebih berguna, bahkan lebih bagus lagi kalau ada pembangunan rail khusus kereta barang.

Infrastruktur Kebablasan

Selain kereta, untuk infrastruktur Bandara di berbagai kota di Indonesia dan juga memberikan pelayanan murah pada masyarakat oleh maskapai pesawat terbang lokal dirasa lebih berguna untuk mereka para pebisnis yang butuh waktu yang cepat untuk tiba di satu lokasi.

Namun untuk jalan tol ?? Ini adalah salah satu kekeliruan besar dalam pembangunan, efeknya akan mengganggu roda perekonomian jalan non tol yang di lewati oleh kendaraan pribadi dan juga kendaraan barang. Bayangkan rakyat yang ada di pinggir-pinggir jalan non tol yang usaha rumahan, mereka bisa gulung tikar ketika terjadi sepi pembeli. Ini yang harusnya di pikirkan, infrastruktur perlu namun kita harus jeli, tidak hanya membangun untuk investasi asing datang ke nusantara lalu memperkaya para pengusaha besar, sedangkan disisi lain kita membunuh warga sendiri, mbok ya ini yang harus di pikirkan oleh akal sehat.

Yang memakai jasa jalan tol lintas daerah mayoritas adalah mereka yang punya kendaraan pribadi, jadi ketimpangan sosial semakin terasa. Dimana keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia kalau ini dipaksakan ? Lebih baik tingkatkan infrastruktur kesehatan, pendidikan, pertanian, Listrik, Bahan Bakar Murah, Perumahan murah bagi rakyat tidak mampu dan lainnya ini yang lebih di dahulukan agar stabilitas ekonomi rakyat pun meningkat. Efeknya kota-kota kecil menjadi besar karena cost pendapatan masyarakat lebih besar dari pengeluaran, nah barulah jalan tol baru bisa di bangun setelah rakyatnya makmur, bisa membeli otomotif tanpa harus kredit.

Infrastruktur Kebablasan

Inilah infrastruktur yang kebablasan, kita bisa berkaca pada negara maju seperti Amerika dengan adanya jalan lintas cepat yang melewati beberapa kota kecil, maka yang terjadi kota kecil yang biasanya di lalui oleh banyak pengendara yang singgah kini kota itupun mati dan tinggal kenangan, penduduknya pun hijrah ke kota lain yang lebih ramai. Inilah efek dari infrastruktur kebablasan.

Bahkan ketika alat transportasi udara di negara maju lebih nyaman maka jalanan cepat antar kota pun menjadi sepi peminatnya, hingga sering terlihat jalanan yang terbengkalai hanya beberapa mobil saja yang melintas. Yang terjadi pembangunan jalan cepat lintas antar kota pun menjadi sia-sia, inilah yang harus dipikirkan oleh para ahli yang sudah memperhitungkan efek yang akan terjadi oleh infrastruktur kebablasan.

Infrastruktur Kebablasan

Solusinya adalah kerja keras dan kerja cerdas, efisiensi pembangunan infrastruktur yang memang dirasa perlu tanpa harus mematikan perekonomian disebuah kota. Di perbanyak infrastruktur Kereta lintas kota dan lintas pulau, Transportasi laut dan Pelabuhan Peti Kemas serta infrastruktur transportasi Udara, untuk infrastruktur darat bisa memperbaiki jalan rusak yang sudah ada dan mempercantik jalan yang masih berupa tanah untuk diaspal seperti trans papua itu tidak mengapa. Tapi untuk jalan tol rasanya belum dirasa perlu kecuali jalur khusus kereta barang itu yang perlu.

Semoga bila pemerintah saat ini terpilih kembali infrastruktur yang menyentuh untuk masyarakat menengah ke bawah di luar pulau Jawa bisa di bangun untuk meningkatkan APBD daerah tersebut.

Infrastruktur Kebablasan

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 

emoticon-nyantai

c4punk@2019
referensi tulisan

Gambar google

GIF



Diubah oleh c4punk1950...
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 22
Wah iya contohnya tol Cipularang
Membuat rute Cianjur-Puncak sepi
Bandung sesak turis domestik
Macet, boros energi, polusi
emoticon-Blue Guy Bata (L)
naik kereta dorong aja bang....
Infrastruktur Kebablasan
asli gan...
ane perlu perubahan. ksrna selama 5 tahun ini ga ada berubahnya daerah ane. maklum, daerah pinggiran indonesia yg cuma dikit nyumbang pajak...
Naik naik... kepuncak gunung... tinggi tinggi sekali...

Infrastruktur Kebablasan

emoticon-Goyang
Sekedar mengingatkan gan ipung... masa tenang bray....dilarang kampanye emoticon-Malu

emoticon-Salaman
Bener2 perlu evaluasi gan, kata Bank Dunia aja infrastruktur indonesia masuk kategori buruk , padahal tu ga main2, uang triliunan , lahan jutaan , pengguna banyak, efek ekonomi, sosial lingkungan, pasti berdampak

Moga segera dibenahi hal hal ga bener iin ini
Presiden ngada" dan ngelantur, segala vendor game disebut yg padahal g ada korelasinya ama kebutuhan pokok nasional yg lagi begini...kalaupun ditanya ama kalangan menengah ke bawah juga apa pentingnya game dibanding kebutuhan pokok.....

Sekelas debat calon presiden bahas beginian, semacem misal kalau sidang skripsi judul laporan gak sesuai apa yg elu paparkan, dan penguji udah ngasih nilai GAGAL dan ada mata pembimbing disitu, gimana perasaan lu...(Mamam dagh lu)

Ini gua juga udah nanya sama temen gua yg gamer dan para penghuni warnet kalau mereka gak perlu bahas game di angkat karena dasar kepentingan politik, mereka cuma jadikan hiburan semata, kalau mau buat rencana nyata yg menjadikan game bisa buat produk sendiri dan dipakai di lokal atau luar

#GakSukaNgadaNgada
Diubah oleh orang.pe.ak
Quote:


Kota pantura pun kini terkena imbasnya emoticon-Big Grin

Quote:


Anjayyy..

Quote:


Berubah jadi apa nih satria wajan hitam emoticon-Big Grin

Quote:


emoticon-Ngakak

Quote:


Hanya sekedar oret-oret ga mutu emoticon-nulisah

Quote:


Aminnn...

Quote:


Mungkin rakyat suka ngegame di bandingkan mangan... emoticon-Big Grin
Quote:


Kalo bisa jd KBH boleh gan. Walo ga ada monster, paling ngga motornya cocok sama jalan tol sini. emoticon-Leh Uga
Rawan bablas udh otda
Eh ntar malah minta merdeka
emoticon-Lempar Bata
Quote:


Cuma orat oret ga mutu... emoticon-nulisah tidak memaksakan milih A atau B emoticon-Big Grin

Quote:


Waduhhh... emoticon-Berduka (S)
yang kismin makin kismin emoticon-Sorry
Quote:


nang pasar tuku lombok sek....

Infrastruktur Kebablasan
Quote:


Wong edan datang emoticon-Big Grin
bener juga sih, lebih tepatnya kurang tepat dan efektif dalam penggunaan dana., emoticon-Big Grin
Diubah oleh adizarunited7
Quote:


Betulll sekali
Hmmm ane komen sesuai yg ane lihat deh

Kalau di daerah ane , bali

Selama pemerintahan jokowi ini sudah akan mulai d bangun bandara baru d wilayah bali utara dan akses jalan tol yg menghubungkan bali utara dan selatan

Kalau bagi ane ini sudah tepat guna
Bandara dan jalan tol sbagai langkah awal untuk menyelesaikan masalah ketimpangan ekonomi bali utara vs selatan
Quote:


nah kan, ternyata ada sisi baiknya juga, yg terpenting hasilnya nyata terlepas dari efektif atau tidaknya atau ada tujuan pribadi., emoticon-Big Grin
hmmmmmmm....
kalau gag gitu bisa tekor
Halaman 1 dari 22


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di