alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Arti usap dagu Jokowi sampai Tusuk Prabowo Sandi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb23b25337f9338c77c6e6d/arti-usap-dagu-jokowi-sampai-tusuk-prabowo-sandi

Arti usap dagu Jokowi sampai Tusuk Prabowo Sandi

Arti usap dagu Jokowi sampai Tusuk Prabowo Sandi
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) mengikuti debat kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Debat kelima tersebut mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A./pras.


Debat kelima sekaligus terakhir dari rangkaian jelang pemilihan presiden 2019 akhirnya terlaksana di Jakarta, Sabtu.

Kali ini semua calon pemimpin datang dalam formasi lengkap, yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Pakar bahasa tubuh Monica Kumalasari pada ANTARA, Sabtu (13/4), menjabarkan beberapa catatan soal bahasa tubuh para calon presiden maupun wakil presiden di panggung debat.

Dari segi gestur manipulatif, baik Prabowo maupun Joko Widodo sama-sama melakukannya. Prabowo terlihat melepas kacamata dan membersihkannya, sementara Joko Widodo memegang-megang siku dalam waktu lama.

Prabowo dan gaya komando

Prabowo masih konsisten dengan gestur kepemimpinan komando, lewat gerakan tangan mengarah ke depan saat berbicara, serta pilihan kata yang keluar dari mulutnya.

Contohnya, kata "berkuasa" saat menyebutkan masa kepemimpinan Joko Widodo yang sudah mencapai usia 4,5 tahun.

Tidak melulu serius, ada momen ketika Prabowo-Sandi berjoget dan memijat bahu. Ini adalah salah satu cara Prabowo untuk mengatasi emosi yang meledak-ledak di panggung.

"Padahal ini event kenegaraan di mana seharusnya gestur seperti itu tidak keluar," kata dia.

Ekspresi Jokowi

Pakar yang meraih lisensi dari Paul Ekman itu mengatakan Joko Widodo terlihat tidak sabar saat mendengar pernyataan Prabowo mengenai ekonomi yang salah arah.

"Kelihatan kakinya bergetar, pahanya bergoyang-goyang, ada ekspresi bibir dilipat ke dalam, itu emosi marah," kata dia.

Ekspresi tidak sabar juga bisa diterjemahkan lewat gerakan mengusap-usap dagu, seakan gemas pada lawan yang tidak memberi jawaban memuaskan dari pertanyaan yang dia lontarkan.

Jokowi pun dinilai mulai berani untuk menyinggung bila ada pertanyaan yang belum direspons dengan baik, atau mengatakan jawaban lawan tidak "nyambung" dengan pertanyaan.

Sikap serupa juga ditampilkan Ma'ruf Amin yang bicara soal "satu persen elite" yang menguasai kekayaan negara. Prabowo langsung mengakui dirinya memang bagian dari satu persen itu.

"Sandi dari nonverbal terlihat mengangguk, bahwa dia bagian dari satu persen itu juga."

Prabowo tanggapi eSport

Ketika Jokowi bertanya soal eSport, Prabowo langsung melemparkan kesempatan pada Sandiaga yang tampak belum siap untuk menjawab. Terdengar sayup-sayup Sandiaga bertanya pada Prabowo dalam bahasa Inggris apakah calon wakil presiden pada kubu tersebut yang harus menjawabnya.

"Harusnya Prabowo jangan langsung kasih Sandiaga, mulai dulu (beri jawaban), lalu dilengkapi oleh Sandiaga," ujar Monica.

Usai menjawab pertanyaan soal eSport Mobile Legend, yang ujungnya membahas soal pangan, Prabowo-Sandiaga saling tos.

"Seakan pertanyaan itu harus dimenangkan, kalau berhasil jawab mereka tos, kayak orang lagi ulangan lalu bisa jawab, responsnya seperti itu."

Ma'ruf Amin dan diksi baru

Pada debat sebelumnya, Ma'ruf yang paling senior di antara kandidat lain bicara soal "10 Years Challenge", istilah yang pernah ramai di media sosial, identik dengan generasi melek internet.

Kali ini dia mengeluarkan istilah baru: DEWI dan DEDI. DEWI adalah desa wisata dan, sementara DEDI adalah desa digital.

TPS: Tusuk Prabowo Sandi

Ia menilai pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mengesankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden adalah sebuah amanah, lewat kalimat "kita wajib bersyukur" dan kalimat Ma'ruf yang menyatakan "Apabila kami diberikan kepercayaan dan amanat memimpin bangsa ini.."

Sementara Sandiaga Uno secara berulang-ulang menyebutkan akronim "TPS" sebagai Tusuk Prabowo Sandi ini sebagai penutup berbagai janji politik yang akan direalisasikan bila mereka terpilih sebagai Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024.

Kata-kata ini memberi kesan bahwa Prabowo-Sandi adalah jawaban sakti atas semua masalah.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019

sumber antaranews.com : Arti usap dagu Jokowi sampai Tusuk Prabowo Sandi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Soalnya Wowo udah gak mungkin usap-usap biji, kan? emoticon-Turut Berduka

jeritan orang kalah debat ya gini...

padahal abis di sikat sandi..

kowi panik berulang2 bilang beda ekonomi mikro dan makro...tidak bisa langsung jadi..butuh waktu..butuh waktu...

2 periode?? NO...

emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow
Arti usap dagu Jokowi sampai Tusuk Prabowo Sandi
Balasan post jonfaisal
HIPMI Bantah Sandiaga Uno Tentang UMKM, “Sandi Gak Ngerti UMKM”

Direktur Penggalangan Pemilih Muda TKN Jokowi-Ma’ruf, Bahlil Lahadalia membantah tudingan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno yang menyebut pemerintahan Jokowi tak berpihak pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bahlil yang notabene merupakan “junior” Sandi dan kini menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini, menjelaskan hal tersebut dengan menyebutkan lima program Jokowi yang berpihak pada UMKM.

“Gini, Bang Sandi itu kan enggak pernah jadi pengusaha UMKM. Usahanya bukan UMKM. Jangan tanya UMKM kepada Bang Sandi,” ujar Bahlil menyindir seniornya itu Kamis (28/2/2019).

“Kalau dibilang tidak berpihak pada UMKM, saya kasih contoh. Satu, bunga UMKM pada tahun 2014 itu masih 22%,” tambah Bahlil selepas menghadiri acara di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.

Bahlil menuturkan saat krisis moneter 1998, UMKM-lah yang menyelamatkan bangsa Indonesia dari keterpurukan. Tapi, pemerintahan ketika itu masih mematok bunga tinggi pada Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk UMKM.

“Ketika Pak Jokowi terpilih, dia memangkas bunga UMKM dari 22% menjadi 7%. Apakah itu tidak berpihak?” jelas Bahlil.

Kedua, Bahlil menjelaskan dalam rangka mendorong anak muda yang selesai kuliah menjadi pengusaha, Jokowi membuat kredit tanpa agunan yang dulunya hanya Rp5 juta menjadi Rp25 juta.

Selanjutnya, Bahlil menyebut Jokowi juga berjasa, dengan menurunkan Pajak Penghasilan (PPh) Final yang semula dibebankan sebesar dari 1%, dikurangi menjadi 0,5% saja untuk UMKM.

“Berikutnya, empat, Pak Jokowi membuat, memudahkan aturan-aturan perizinan bagi UMKM. Apakah ini Bang Sandi tidak membaca keberpihakan tersebut atau seperti apa yang dia maksudkan?” tanya Bahlil.

Bahlil mengingatkan bahwa dengan beberapa program tersebut, jumlah pengusaha Indonesia berhasil meningkat. Dari 1,55% pengusaha pada 2014, menjadi 1,6% pada 2015, berlanjut 1,65% pada 2016, dan menjadi sekitar 3,1% pada akhir 2017.

“Itu artinya apa? Pak Jokowi tahu betul tentang membuat strategi dalam rangka menciptakan pengusaha-pengusaha baru yang hampir semuanya sebagian besar itu ada pada UMKM,” tambah Bahlil.

Terakhir, ketika masih aktif sebagai Ketum Hipmi, Bahlil pun menceritakan pengalamannya bekerja sama dengan pemerintah untuk meningkatkan jumlah pengusaha muda.

“Saya tahu betul bagaimana Pak Jokowi memasukkan sistem bekerja sama dengan organisasi dan asosiasi untuk masuk ke kampus, dalam rangka mengubah mindset, pola pikir anak muda dari karyawan menjadi entrepreneur,” ungkap Bahlil.

“Bang Sandi waktu Ketum Hipmi belum menjalankan program itu, saya yang menjalankan,” tutup Bahlil (red)

sumber tunas bangsa: HIPMI Bantah Sandiaga Uno Tentang UMKM, “Sandi Gak Ngerti UMKM”
Quote:


Gw tau lanjutannya nih.

Ceritain gak yaaaaa.....

emoticon-Cool
yah pokoknya ada yang blunder fatal lagi dan lagi seperti biasa.....emoticon-Big Grin
Gak kelas mah yg satu bener2 mikirin secara makro buat negara..
Yg satunya malah mikirin mobile legend.. ecek2 sekali kualitas otaknya..
Balasan post Momokdud
engga juga sih kalo kita bikin game yg kmd dipasarkan ke luar negeri, malah bisa jadi sumber devisa negara, untuk pembiayaan subsidi dsb.
Quote:


mia khilafah plus mother plus si botak.....wkwkkww
Quote:


Yg botak itu pa rahmat bukan bray emoticon-Leh Uga
Quote:


Quote:


Quote:


awalnya bu nurjanah di antar pak rahmat ke rumah ibu miya, mereka ngobrolin harga2 yang naik, saat pak rahmat ke WC, ibu miya nanya2 ekonomi didepan kamar mandi sama pak rahmat, abis itu nanya lagi sembunyi2 di bawah meja, sampai ibu nurjanah pergoki

akhirnya mereka ber 3 diskusi bareng deh emoticon-Ngakak
Quote:


Sneaky bener bray emoticon-Matabelo


emoticon-Ngakak
Quote:


Tidak lama datang suami ibu miya gerebek mereka ber3
Terjadi diskusi panjang emoticon-Leh Uga
02 spesialis blunder emoticon-Smilie

tinggal cebokin deh emoticon-Smilie
debat kayak ngasih kuliah masalah ekonomi makro ke pedagang nasi uduk......emoticon-Cool
Balasan post vinsky
ga ada ah adegan itu, apa video gw yg kurang panjang durasinya ye ? punya gw 720p 32 menit

lu nambah2 adegan kah ? emoticon-Ngakak
Balasan post tpenoel
Extend bray.... Akhir cerita ada siluet mereka di grebek oleh suami ibu miya emoticon-Leh Uga

Bisa jadi chapter baru bray emoticon-Leh Uga
......
Diubah oleh charles.raja
kalo cipokan buat meredam emosi kan gak lucu emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di