alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Sabar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kebaikanmu Malah Dibalas Kejahatan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb200126df23178755aa1f2/sabar-lakukan-5-hal-ini-saat-kebaikanmu-malah-dibalas-kejahatan

Sabar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kebaikanmu Malah Dibalas Kejahatan

Sabar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kebaikanmu Malah Dibalas Kejahatan

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan peribahasa 'air susu dibalas air tuba' bukan? Ya, maksud dari peribahasa ini adalah kebaikan yang sudah dilakukan malah dibalas dengan kejahatan. Kamu pernah mengalaminya? Kalau pernah, tak jarang ketika dihadapkan pada hal ini, kita tidak tahu hal apa yang harus dilakukan.

Umumnya, ketika seseorang mengalami apa yang dimaksud oleh peribahasa ini, maka rasa marah, benci, kecewa dan perasaan negatif lainnya seakan berkumpul menjadi satu. Kalau begitu apa yang harus dilakukan? Tenang saja, berikut ada 5 tips yang bisa kamu coba untuk mengatasinya. Yuk kita simak!


1. Berusaha untuk tetap tenang dan jaga emosi
Sabar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kebaikanmu Malah Dibalas Kejahatan
Pertama-tama, sadarlah dan coba untuk tetap tenang terlebih dahulu. Ingat, emosi negatif yang tak terkontrol sangat mungkin membuat orang bertindak buruk diluar kebiasaannya. Jangan sampai kamu bertindak bodoh dan ujung-ujungnya merugikan diri sendiri dan orang lain.

Ya, gak gampang memang untuk mengatasinya, mungkin saja kamu merasa ingin segera membalas perbuatan orang yang kamu anggap tidak tahu diuntung tersebut. Tapi, ketahuilah bahwa membalas perbuatan jahat dengan kejahatan lainnya bukanlah hal yang benar dan hanya akan bikin masalah baru yang tak terselesaikan. Jadi, hal paling utama yang semestinya kamu ingat adalah tetap menjaga emosi dan berpikir jernih.


2. Jangan sesali kebaikan yang sudah kamu lakukan untuknya
Sabar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kebaikanmu Malah Dibalas Kejahatan
Mungkin, hal paling pertama yang kamu pikirkan saat kebaikanmu dibalas dengan kejahatan adalah kamu benar-benar menyesali dan merasa bodoh sekali karena sudah berbuat baik pada orang yang salah. Tapi, ketahuilah bahwa kebaikan tetaplah kebaikan meski dibalas dengan kejahatan.

Yakinlah, kamu yang menabur benih kebaikan akan mendapat buah kebaikan pula nantinya, meski di depan mata kamu sekarang sedang menghadapi orang yang tega padamu. Jangan biarkan dirimu menanggung penyesalan yang tak seharusnya kamu sesali. Jadikan kejadian buruk tersebut sebagai pelajaran hidup yang harus kamu lewati agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


3. Jangan ragu untuk curhat kepada orang yang tepat
Sabar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kebaikanmu Malah Dibalas Kejahatan
Kemungkinan besar, emosi dan perasaan tak menyenangkan tersebut bikin dada terasa sesak dan pastinya gak nyaman. Kalau sudah begitu nih, sebaiknya kamu curhat dengan seseorang yang tepat dan bisa kamu percayai.

Karena, pada dasarnya emosi negatif tersebut perlu disalurkan dan salah satu cara yang tepat adalah dengan mencurahkan apa yang kamu rasakan pada orang yang tepat. Tepat disini artinya adalah orang yang selain bisa kamu percaya juga orang yang bisa membantumu ke arah yang lebih baik terkait hal yang kamu alami dan bukan sebaliknya.


4. Cari tahu dengan bijak, apa yang menyebabkan ia sampai tega melakukannya padamu
Sabar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kebaikanmu Malah Dibalas Kejahatan
Hal penting selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencari tahu apa yang sebenarnya motif dan penyebab sampai ia melakukan hal yang tidak baik tersebut. Hal ini penting mengingat bahwa setiap orang biasanya bertindak dengan dilatarbelakangi hal-hal atau faktor kuat yang bisa memicunya. Misalnya, apakah sebelumnya kamu memang pernah menyakiti perasaannya entah kamu sadari atau tidak, dan sebagainya.

Tapi, ingatlah bahwa kamu harus tetap tenang dan jangan terbawa emosi sehingga kamu tidak sampai mencari tahu dengan cara yang tidak baik dan pantas. Jadi, dengan mencari tahu apa penyebab dan akar permasalahannya maka kamu bisa memahami apa yang sebenarnya terjadi dan bertindak berdasarkan pikiran yang jernih. Dan, semoga setelah memahaminya kamu bisa menyelesaikan masalah ini dengan cara yang sebijak mungkin.


5. Coba belajar untuk ikhlas dan lapang dada, walaupun sangat berat dan sulit
Sabar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kebaikanmu Malah Dibalas Kejahatan
Sebenarnya, cara agar kamu tidak menanggung perasaan negatif akibat orang yang menyakitimu adalah dengan belajar untuk mengikhlaskannya. Tentu saja, tidak mudah sama sekali untuk melakukannya dan perlu waktu untuk melakukannya. Bersikap ikhlas dan lapang dada dimaksudkan agar kamu bisa perlahan-lahan melepaskan emosi dan dendam terhadap orang tersebut. Tapi, pada akhirnya semua keputusan kembali lagi padamu sebagai pribadi yang merasakannya.

Jadi, semoga tips-tips di atas bisa membantumu saat kamu mengalami situasi dan kondisi yang sesuai dengan peribahasa 'air susu dibalas air tuba' ini.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Sabar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kebaikanmu Malah Dibalas Kejahatan Sadari Segera! 5 Tanda Kamu Sedang Mengalami "Toxic Positivity"

- Sabar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kebaikanmu Malah Dibalas Kejahatan 5 Hal yang Sebaiknya Tak Kamu Pedulikan Jika Ingin Maju dalam Hidup

- Sabar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kebaikanmu Malah Dibalas Kejahatan 5 Hal Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Menyembuhkan Patah Hati

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di