alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
LSI: Gelombang Golput Bakal Mendera Elektabilitas Jokowi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb1f6665cf6c477063f691f/lsi-gelombang-golput-bakal-mendera-elektabilitas-jokowi

LSI: Gelombang Golput Bakal Mendera Elektabilitas Jokowi

logo
CNN Indonesia
Sabtu, 13/04/2019 01:15
Bagikan :
Jakarta, CNN Indonesia -- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai pemilih golput berpotensi mendera raihan suara Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Situasi ini justru menjadi pemicu peningkatan elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Bukan tidak mungkin ketika golput banyak terjadi. Dukungan Prabowo-Sandiaga bisa naik. Kami melihat memang tantangan ada di golput," kata Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa di Kantor LSI, Jakarta Timur, Jumat (12/4).

Ardian mengatakan gelombang golput pasti terjadi dalam Pemilihan Umum 2019. Gelombang Golput ini bisa memberikan efek negatif bagi elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.


"Kalau golput yang terjadi nanti mendera lebih banyak ke Jokowi," ujar Ardian.

Lihat juga: Survei Populi: Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandi di Jabar

Ardian mengatakan adanya potensi kejadian luar biasa juga akan mempengaruhi elektabilitas kedua paslon. Kejadian luar biasa ini akan berdampak pada citra kedua paslon. Misalnya, kata dia, terkait dengan pernah ada fenomena hoaks Ratna Sarumpaet yang berimplikasi kepada citra kubu Prabowo.

" Kalau tidak ada yang luar biasa tentu hasil survei kami akan tetap ajeg akan tetap seperti ini," kata Ardian.

Ardian juga menyinggung isu kasus tercoblosnya Jokowi di Malaysia berbeda dengan kasus dugaan penganiayaan Ratna Sarumpaet yang memengaruhi elektabilitas Prabowo Subianto. Dalam kasus pencoblosan surat suara Jokowi di Malaysia, Ardian mengatakan tidak ada bukti bahwa Jokowi terlibat. Oleh karena itu, ia mengatakan kasus surat suara ini tidak mempengaruhi elektabilitas Jokowi.


Pada kasus Ratna Sarumpaet, kata Ardian, Prabowo langsung melakukan konferensi pers, belum lagi mengingat Ratna merupakan anggota tim Badan Pemenangan Nasional (BPN). "Prabowo langsung bikin konpers yang ia mengutuk dan sebagainya padahal itu belum tentu kebenarannya," ujar Ardian.

Menurut Ardian langkah yang diambil Prabowo ini merugikan elektabilitas dalam Pilpres 2019. Masyarakat banyak yang menyesalkan langkah yang diambil Prabowo tanpa melakukan pengecekan ulang. "Masyarakat menyesalkan keputusan yang selalu cepat dari Prabowo," kata Ardian.

Meski menyinggung kasus di Malaysia tak mempengaruhi elektabilitas Jokowi, namun faktanya survei elektabilitas yang dirilis LSI merupakan survei dalam rentang waktu 4-9 April. Peristiwa tercoblosnya Jokowi di Malaysia, baru terjadi pada Kamis (11/4).


Sebelumnya, hasil survei LSI menunjukkan Jokowi-Ma'ruf unggul dua digit ketimbang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Hasil survei menunjukkan Jokowi-Maruf unggul dalam rentang 55,9 persen sampai 65,8 persen. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan dalam rentang 34,2 persen sampai 44,1 persen.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...bilitas-jokowi
profile-picture
bhumbhazta memberi reputasi
Diubah oleh secretboyxx
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
KataNya ga perCaya survei dari lembagaemoticon-Ngakak
BLACK HOLE

LSI: Gelombang Golput Bakal Mendera Elektabilitas Jokowi


emoticon-Imlek
Balasan post albetbengal
Ane hanya menyoroti betapa pedenya LSI ini gan.... Akhirnya jiper juga bikin pernyataan begini.
profile-picture
bhumbhazta memberi reputasi
Diubah oleh secretboyxx
jangan golput bray
wkwkwkwk kayaknya banyak yg bakal golput . banyak orang berpendidikan muak dengan politik saat ini . hoax kok dua duanya . saling lempar isu , sejelek jeleknya beye sama bu mega ngak pernah kayak sekarang .
emoticon-Leh Uga

LSI: Gelombang Golput Bakal Mendera Elektabilitas Jokowi
Diubah oleh kaum.milenial
LSI mulai putar haluan emoticon-Hammer2
Balasan post ART7
Prediksi agan gimana?
profile-picture
bhumbhazta memberi reputasi
kalo sampai sekarang ane belum dapat surat undangan nyoblos, itu termasuk kecurangan pemilu apa bukan sich ????
Quote:


dilakukan oleh org org dekat nya
sama aja lah
kalo gak ketauan, pasti jokowi merestui
karena ketauan aja makanya marah
Quote:


Super sekali NASA... emoticon-Big Grin
Quote:


main dua kaki gan kalo Owi menang tipis mereka juga malu soalnya prediksinya menang telak emoticon-Salaman
golput tapi cuma nyinyir ke 01? golput kawe. lagi tadi jelas2 golongan baju putih, golput juga singkatannya, pilih 01.
mulai takut sepi job emoticon-Shakehand2
Kya dah ancang2 aja nih tkg survey keliling emoticon-Ngakak

Survey emg penting buat tau opini masyarakat tp lebih penting lagi realita, dimana paslon #02 kampanye masyarakat heboh, antusias, mereka ikhlas bahkan ngeluarin dana sendiri untuk transportasi, konsumsi dan donasi..

Salam #01 gigit jari..

emoticon-Leh Uga
Quote:


kecurangan itu












Kecurangan ndasmuemoticon-Ngakak
Balasan post db84x3
s7 gan emoticon-2 Jempol
Yakin golput lbh byk? Malah sebaliknya org ngeri kalo wowo naek. Liat tgl 17 bray


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di