alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kalau Ada Capres Anti Asing, INDEF: Nggak Usah Dipilih
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb1941ec9518b533d7a2192/kalau-ada-capres-anti-asing-indef-nggak-usah-dipilih

Kalau Ada Capres Anti Asing, INDEF: Nggak Usah Dipilih

Kalau Ada Capres Anti Asing, INDEF: Nggak Usah Dipilih

Jakarta - Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Fadhil Hassan beranggapan bahwa jika ada capres dan cawapres yang tidak pro keberadaan asing dalam perekonomian nasional lebih baik untuk tidak diperhitungkan.

Menurut Fadhil, pembangunan ekonomi Indonesia masih banyak yang perlu dikembangkan. Sumber dana yang berasal dari APBN pun terbilang terbatas, sehingga membutuhkan suntikan modal dari asing berupa investasi.

"Kita masih memerlukan investasi asing. Kalau ada capres yang anti asing itu bisa aseng atau bule itu nggak usah di-reckon (hitung) lah," kata Fadhil saat acara acara Pemanasan Debat Kelima di ITS Tower, Jakarta, Kamis (11/4/2019).


"Karena ekonomi kita dari sisi financialnya masih memerlukan. LDR kita masih 95%, rasio kredit ke PDB itu 47 persen atau di bawah 50 persen. Kita perlu asing dalam artian investasi," tambah dia.

Sementara ekonom senior INDEF lainnya, Nawir mengatakan, pengelolaan ekonomi Indonesia menjadi hal yang sangat krusial untuk dipikirkan secara matang-matang.

Menurut Nawir, pertumbuhan ekonomi haus akan modal asing untuk menggerakkannya lebih tinggi lagi. Saat ini, ekonomi Indonesia tumbuh di level 5%.

"Untuk dorong pertumbuhan 1% perlu modal sekian besar. Oleh Karena itu tidak ada pilihan selain modal asing masuk," ujar dia.

https://m.detik.com/finance/berita-e...250.1555130974


Index Investor Tunjukkan Kepuasan Terhadap Kinerja Ekonomi RI
Michelle Natalia
Kamis, 11 April 2019 - 17:23 WIB

JAKARTA - Investor di pasar finansial memberikan penilaian yang baik terhadap kinerja ekonomi pada triwulan pertama 2019. Hal ini tercermin dari indeks kepercayaan investor terhadap pemerintah yang naik signifikan dari 156,2 pada triwulan sebelumnya menjadi 172,1.

Angka tersebut merupakan hasil survei terhadap 255 investor institusi di pasar finansial yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC). Lima komponen pembentuk indeks tersebut adalah pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja, suasana aman dan tenteram, stabilitas harga barang dan jasa, penyediaan infrastuktur, serta kepastian hukum dan keadilan.


"Penilaian positif investor terharap kinerja pemerintah tercermin pada indikator ekonomi makro seperti laju inflasi, suku bunga, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika," ujar Wahyu Prasetyawan selaku Panel Ahli Katadata Insight Center (KIC) di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Tercatat sebanyak 62% investor memandang pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini membaik pada triwulan pertama 2019. Selain itu laju inflasi dinilai oleh 48% investor melaju sedang dan 42% investor lain menganggap laju inflasi saat ini cukup rendah.

Dari sisi suku bunga, separuh investor sepakat suku bunga Indonesia saat ini berada dalam kondisi sedang. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika saat ini dinilai sesuai dengan fundamentalnya oleh 45% investor. Angka ini 12% lebih besar dari angka sebelumnya.


Panel ahli KIC Damhuri Nasution menjelaskan, optimisme terhadap ekonomi makro ini juga tidak terlepas dari persepsi investor terhadap stabilitas politik Indonesia. Sekitar 1 bulan menjelang Pemilu 2019, sebagian besar investor menilai kondisi politik dalam negeri masih stabil dan kondisi politik dinilai akan semakin kondusif dalam 3 bulan mendatang (setelah pemilu) dibandingkan saat ini.

"Berdasarkan survey, investor lebih concern terhadap politik dalam negeri dibandingkan dengan ekonomi global, namun didorong dengan persepsi mereka bahwa politik saat ini dan prediksi nya nanti akan tetap dalam situasi stabil berdasarkan kondisi fundamental ekonomi negeri," sambung Damhuri.
(akr)

https://ekbis.sindonews.com/read/139...-ri-1554978084

Kalau Ada Capres Anti Asing, INDEF: Nggak Usah Dipilih
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nyimak saja sy gan
ga mungkin anti asing.. lha kita kerjasama selama ini antarnegara itu namanya apa ??? Dubes kita di sana sama dubes mereka di sini ngapain ??? main gundu ??? emoticon-Ngakak

Kl percaya omongan salah satu capres anti asing hanya orang GOBLOK emoticon-Ngakak
Diubah oleh ferina.
Ini negara demokrasi, mau pilih Pak Prabowo silahkan,
mau gak pilih Pak Jokowi juga silahkan.
Wowo itu anti asing krn dulu dia di bully pas sekolah diluar sptnya...ya gimana org gak seneng ama dia, suka gebrak2 meja. Di Indonesia pun org juga males sama org suka gebrak meja.
Kalo capres keturunan Aseng?
padahal saya suka amoy emoticon-Malu (S)


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di