alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
UAS Dukung Prabowo, Denny JA: Sangat Terlambat dan Tak Berpengaruh
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb180e9af7e93769e71d41e/uas-dukung-prabowo-denny-ja-sangat-terlambat-dan-tak-berpengaruh

UAS Dukung Prabowo, Denny JA: Sangat Terlambat dan Tak Berpengaruh

VIVA – Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai dukungan Ustaz Abdul Somad (UAS) kepada Prabowo Subianto sangat telat dan tidak akan mempengaruhi elektabilitas calon presiden nomor urut 02 itu. Apalagi, Pemilu Presiden 2019 kurang dari sepekan.

Menurut Denny, pengaruh ulama terhadap individu untuk kehidupan beragama di Indonesia sangatlah besar. Tapi pengaruh ulama untuk mengarahkan pilihan politik individu dalam pemilu, baik untuk memilih partai ataupun memilih capres, sangatlah kecil.

Hal itu bisa dipahami dari dinamika perilaku pemilih di Indonesia. Dari beberapa pemilu yang terjadi di Indonesia, pemilih muslim di Indonesia sekitar 85-87 persen. Sejak pemilu demokratis tahun 1999, partai-partai yang berafiliasi Islam dan dekat dengan ulama seperti PKB, PPP, PKS, PAN dan PBB, justru hanya mampu menghuni partai papan tengah.

"Partai mana yang menjadi papan atas, partai juara? Itu partai yang acapkali disebut partai nasionalis, atau partai terbuka, PDIP, Golkar, Demokrat," tulis Denny dalam keterangan persnya, Jumat, 12 April 2019.

Di tahun 2019, PDIP kerap dituduh sebagai partai 'penista agama' atau 'membela PKI'. Tapi, kata Denny, di semua survei kredibel, menempatkan PDIP sebagai partai nomor satu bahkan jauh dibandingkan partai lain.

Kasus lain, di Pemilu Presiden 2014, capres yang diusung PDIP, Megawati Soekarnoputri berpasangan dengan ulama besar NU KH Hasyim Muzadi. Tapi pasangan ini dikalahkan telak dengan jarak lebih dari 20 persen oleh pasangan SBY-JK. Bahkan di pusat NU di Jawa Timur, pasangan Mega-Hasyim kalah.

"Itulah keunikan pemilih muslim di Indonesia. Mayoritas batin mereka tergores mendalam untuk urusan ritual dan girah keagamaan. Tapi untuk perilaku politik pemilu, mereka lebih independen, tidak terpengaruh banyak oleh ulama," urai Denny.

"Itu sebabnya saya menyatakan pengaruh dukungan Ustaz Somad kepada Prabowo jika hitungannya efek elektoral, ia too little, too late," katanya.

Dalam survei yang dirilis LSI Denny JA yang mengangkat lima ulama yang paling berpengaruh di Pilpres 2019 November 2018 lalu, didapati dengan melihat tiga variabel: tingkat pengenalan ulama, tingkat kesukaan, dan tingkat ketaatan (mendengar himbauan).

Lima ulama terpilih berdasarkan rangking: Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansyur, Aa Gym, dan Habieb Rizieq. "Publik yang mengikuti imbauan Ustaz Somad sebesar 30.2 persen. Itu yang tertinggi dibandingkan empat ulama lain," ujarnya.

Namun, kata Denny, dalam survei tersebut hanya berlaku untuk pengertian umum. Terutama untuk panduan hidup keagamaan. Bukan soal efek elektoral, karena efek elektoral mempunyai variabel yang lebih kompleks dan harus pula memperhitungkan banyak variabel lain.

"Misalnya, pemilih muslim yang sudah menentukan pilihan versus yang masih mengambang. Pemilih muslim yang secara emosional terikat dengan ormas tertentu (NU atau Muhammadiyah, atau FPI atau lainnya)," bebernya.

https://www.viva.co.id/berita/politi...ak-berpengaruh

emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Nyepiemoticon-Mewek
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Terlambat utk gelar survei lg? emoticon-Leh Uga
Biasa aja perasaan, gue jg taunya pengikut UAS ya emang condong ke 02. Cuma ramenya tuh pas UAS ketemu orang2 NU aja sih tempo hari (cmiiw) emoticon-Ngacir2
Diubah oleh yxgk
halahh, menghibur diri ente den emoticon-Cool
Panik ni yee si denny... Dua Ustad Kondang malah dukung wowow di detik2 pamungkas... emoticon-Leh Uga
LSI lembaga partisan?
bosen liat ulama kardus
Quote:


kondang? a h sama uas ga punya pengaruh di jateng jatim diy, penggemar mereka yg kumpul2 di monas itu
Balasan post localsecurity
ente gak tau karena gak pernah ngikutin 2 ustad kondang sekarang ini...wong Ustad ente Abu Janda emoticon-Ngakak yowes... liat aja 17 april nanti... emoticon-Leh Uga
Diubah oleh mpiembie
Quote:


17 april jgn ketiduran kasian uno uda modal banyak emoticon-Shakehand2
Gemar UAS boleh pilih pak de juga boleh.....ane hidup ganti2 presiden dari masa kemasa jg gini gini aja.....
Quote:


Dari awal 2018 kayak ya UAS pendukungnya wowo deh. Otomatis pengikutnya begitu juga. Ga kaget cuma agak ngerem gegara masalah TGB nyebrang aja dia, nyari momen lgi biar pas.
emoticon-2 Jempol
Quote:


karena disono doi suka di teror sama gerombolan orang yg suka maen tentara-tentaraan haha
Balasan post localsecurity
Jokowi tinggal 6 bulan jangan ampe sakit urus negara... nih BPJS ngantri lo sana... emoticon-Leh Uga
Diubah oleh mpiembie
Quote:


intinya ga punya pengaruh, jangan melebar kemana mana
Dari dulu ana emang sudah ga suka sama deny ja ini, bagi ana dia ini ga lebih dari tukang utak atik angka, ga mutu
Balasan post ndoromuda
Denny JA cuma menjalankan tugasnya menenangkan pihak yg lg panik ngoahahahahaa emoticon-Leh Uga
Quote:


emang siapa mau di banggain ? yang kumpul di KPK ?
yang Ustadnya abu janda ? emoticon-Wakaka

GBK kosong noh... kesono gih... KPK udah penuh sama koalisinya emoticon-Wakaka
nunggu saat pencoblosan aja bray emoticon-Recommended Seller
Quote:


kh anwar zahid dkk,
abu janda itu pelawak, kiai kampung gada yg ky abu janda.
sepi palalo peyang noh uda banyak yg uplod pret
Quote:


Kalo gak berpengaruh ngapain di hadang-hadang buat dakwah disana emoticon-Ngakak


Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di