alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sebelum Dukung Jokowi, Faisal Basri Gencar Kritik Ekonomi RI
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb17eaab41d3023b343abe2/sebelum-dukung-jokowi-faisal-basri-gencar-kritik-ekonomi-ri

Sebelum Dukung Jokowi, Faisal Basri Gencar Kritik Ekonomi RI

Sebelum Dukung Jokowi, Faisal Basri Gencar Kritik Ekonomi RI

TEMPO.CO, Jakarta - Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri resmi menyatakan dukungannya terhadap pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan wakilnya Ma'ruf Amin.

Melalui akun twitter @FaisalBasri, ia mencuit mendukung Jokowi karena kesadaran nurani. “Akal sehat dan kesadaran nurani yang akhirnya membimbing saya memilih Jokowi,” cuit Faisal melalui akun @FaisalBasri. Unggahan itu pun menuai reaksi dari para pengikutnya.

Sebelum resmi menyatakan dukungannya, Faisal Basri dikenal sebagai tokoh yang vokal mengkritik kebijakan ekonomi pemerintah. Pada akhir Maret lalu, Faisal Basri menyarankan pemerintah berfokus meningkatkan pendapatan di sektor jasa.

Dibanding ekspor dan produksi barang, jasa menjadi penyokong masa depan pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan. “Sektor penghasil barang seperti manufaktur, pertambangan, pertanian pertumbuhannya hanya 3 persenan. Sementara jasa 6 persenan. Jadi buat apa (membahas) ekspor?” kata Faisal Basri dalam diskusi bertajuk Ekonomi Dunia Melambat, Bagaimana Nasib Ekspor Kita di Hotel Millenium, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu sore, 27 Maret 2019.

Penyumbang devisa terbesar juga berasal dari sektor jasa. "Turis menyumbang US$ 14 miliar dan tenaga kerja menyumbang US$ 14 11 miliar,” ujarnya.

Faisal Basri juga menyoroti utang pemerintah. Namun bedanya, Faisal menyebut utang pemerintah Presiden Jokowi masih dalam batas aman kendati terjadi kenaikan dibandingkan presiden sebelumnya. "Memang utang pemerintah di era Presiden Joko Widodo meningkat relatif pesat. Selama kurun waktu 2014-2018 utang pemerintah pusat naik 69 persen, dari Rp 2.605 triliun menjadi Rp 4.416 triliun," kata Faisal dikutip dalam laman tersebut yang diunggah pada Ahad, 27 Januari 2019.

Ia mengingatkan surat utang pemeringah yang banyak dipegang investor asing yaitu 37,8 persen, mengakibatkan ekonomi Indonesia rentan terhadap gejolak eksternal.

Di bidang infrastruktur, Faisal Basri pembangunan jalan tol yang berbasis di daratan. Padahal, Indonesia merupakan negara maritim yang wilayahnya lebih banyak perairan. "Jadi harusnya, infrastruktur laut-lah yang jadi backbone (tulang punggung), jadi kalau bangun infraatruktur itu jangan meniru China atau Malaysia (berbasis darat)," katanya dalam diskusi di Restoran Batik Kuring, SCBD, Jakarta, Kamis, 28 Februari 2019.

Walhasil, kata Faisal, biaya logistik yang seharusnya turun jika ada infrastruktur laut, terpaksa bertahan di level yang cukup tinggi. Dari data yang dilansir Nikkei, Faisal menyebut biaya logistik Indonesia 25 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Sementara Vietnam dan Thailand hanya 20 persen dan 15 persen.

Terakhir, ia juga menyoroti tingginya impor gula. Mengutip dari data teranyar, Indonesia telah menjadi importir gula terbesar di dunia.


Berdasarkan data statistik, Indonesia menjadi juara impor gula pada periode 2017-2018 dengan besar impor 4,45 juta metrik ton. Angka itu diikuti oleh Cina di posisi kedua dengan 4,2 juta metrik ton dan Amerika Serikat dengan 3,11 juta metrik ton.

Faisal Basri menduga adanya praktek rente di balik melonjaknya impor gula Indonesia tersebut. Di samping itu, ia melihat ada perbedaan harga yang cukup signifikan antara harga gula mentah dunia dengan harga gula di pasaran.

https://bisnis.tempo.co/read/1195324...tik-ekonomi-ri

Faisal Basri adalah ekonom yg sangat gw hormati dr dulu krn kejujurannya. Kritik2nya ke rezim Jokowi bukan asal cuap, tp berbobot. Beda bgt dg si rajawali kepret yg keliatan bgt otak busuknya.

Akhirnya akal sehat dan nurani yg bersih menuntunnya memilih Jokowi dg segala kekurangannya.

Allahu akbar!
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ya tetep kritis aja lah pak..
Kampret mana bisa bedain kritik sama hoax, yg penting Asal Bapak Senang dan uang makan lancar emoticon-Ngakak
Diubah oleh yxgk
Orang waras gk bakalan milih 02, orang yg punya akal sehat dr pas kasus ratna pasti udah sadar sebusuk apa koalisi sana
kita tanyaken akal sehatnya prof segala bidang yg merafat ke demokrat emoticon-Leh Uga afakah masih sehat emoticon-Ngakak
Diubah oleh ferina.
mngkin akun nya dihack 😎 emoticon-Cool
bahaya pilih wowo. mentrinya sangar sangar
Biar diangkat jadi menteri ya pak..

emoticon-Leh Uga
akal sehat beneran emoticon-Big Grin kritik pujian apa adanya bukan kaya kampret akal akalan semua salah jokowi puja puji wowo
semakin mendekati hari h pasti akan terlihat siapa ke siapa,tinggal tunggu yang lainnya kemana nanti.

makin seru yah.
Faisal Basri salah satu dr sedikit tokoh yg kritik²nya utk pemerintah berbobot dan bisa bikin tambah pinter yg menyimak. Gak asal nyinyir murahan macam zonk.
Sama seperti saya pak

Ga suka jokowi tapi akhirnya harus terpaksa tetap pilih jokowi.

Andaiiiii musuhnya bukan wowo .... Ah sudahlah.
ini bukanya kemaren getol kritik tol nya jokowi..
kemaren ini bukan 5 th yg lalu ya..tp beberapa bulan yg lalu..emoticon-Big Grin
Faisal Basri ini rival lama Pak Jokowi ketika pilgub DKI

kritik boleh, tapi akal dan hati nurani akhirnya berbicara

akal dan hati nurani yang sehat gak mungkin milih Prabowo
Faisal basri sebenernya ga gitu suka sama kinerja jokowi

Tapi ya lawannya prabowo begitu.... ya better jokowi emoticon-Frown

Balasan post snipertarget
Quote:


Jauh lebih baik ketimbang Rocky Gerung ahli kitab suci fiksi, Ratna Sarumpaet, Fadli Zon, Fahri Hamzah dan cecunguk2 lain pendukungnya Prabowo.
iya dong, beliau kan profesional... mau di pihak manapun, kalo ada yang perlu dikritik ya di kritik, jadi bukan fanatisme atau hanya berdasarkan like dan dislike... Makanya ane lebih suka profesional dibanding orang partai yang isi jabatan2...
Ane dulu sebenernya nyoblos gambar dia waktu nyagub, apalagi dia non partai alias independen... Harusnya tren itu diterusin Ahok, eh gajadi
emoticon-Hammer2
Diubah oleh capcayster
milih 2 itu ibarat minum racun
Quote:


Raport Joko dkk 6,5an lah overall. Ada aspek dan bidang yg jelek bgt, ada aspek yg bagus juga.

Tapiii, Kubu Bowo dkk lebih ngeri orang2nya. Secara kasat mata aja udah ketahuan kinerjanya bakal lebih buruk dr Joko dkk sekarang
Balasan post green.martian
dan kritiknya sering merubah kebijaksanaan pemerintah... sama seperti si YM emoticon-Big Grin
Balasan post kakidal27
Lebih ngeri lagi kubu bowo ada yang suka bawa bawa bendera hitam tambah ngeri brey...
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di